Menulis to-do list setiap harinya bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas serta mengurangi stress. Hal ini dikarenakan dengan menulis to-do list kita bisa memecah task besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa kita kerjakan tanpa harus merasakan tekanan yang besar.
Akan tetapi, banyak orang yang merasa menulis to-do list membuang waktu mereka. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika kita memulai mengerjakan suatu hal dengan membuat to-do list terlebih dahulu.
Apa saja manfaatnya? Yuk simak manfaat menulis to-do list berikut ini.
Manfaat Membuat To-do List
Adapun manfaat membuat to-do list sehari-hari yaitu:
1. Super Menghemat Waktu
Menyisihkan waktu untuk membuat to-do list tidak akan membuat waktumu terbuang. Ini sama saja dengan menginvestasikan waktu agar kegiatan berikutnya bisa berjalan lebih efisien. Dengan membuat daftar pekerjaan di awal, kamu tidak perlu lagi menghabiskan beberapa menit itu (atau bahkan jam) untuk berpikir akan mengerjakan apa lagi ya setelah ini? Adanya to-do list juga akan membuat agenda terpampang nyata sehingga kamu bisa lebih mengontrol pembagian waktu untuk mengerjakan satu dan lain hal.
Jika ingin menghemat waktu untuk membuat to-do list, kamu perlu tau tips dan trik cara membuat to-do list . Agar kamu makin banyak waktu untuk mengerjakan tugasmu dan tidak merasa bersalah ketika menyelesaikan tugas tidak tepat waktu.
Baca Juga: To-do List: Membuat Daftar Kegiatan untuk Manajemen Waktu
2. Membuat To-do List Berdampak Positif untuk Pikiran
Manfaat membuat to-do list yang kedua adalah menjadikan pikiran lebih positif. Menuliskan pekerjaan dengan rinci bisa membantu mengurangi beban yang menumpuk di kepala. Ini karena kita mem-breakdown pekerjaan yang kompleks sehingga terlihat sederhana. Dengan ini juga kamu menjadi tahu pekerjaan mana yang merupakan prioritas. Bayangkan jika kamu memiliki tugas yang banyak, seperti tidak ada habisnya. Rasanya kacau! Padahal, kamu sudah berhasil mengerjakan hal lain sebelumnya.
Kemudian akan berbeda apabila pekerjaanmu dimasukan ke dalam to-do list. Perasaan lega dari keberhasilan mengerjakan satu per satu tugas akan membuatmu lebih nyaman. Selain itu, motivasi bisa meningkat karena kamu menjadi lebih percaya diri mampu menyelesaikan tugas yang lain.
Baca Juga: Teori Pickle Jar: Manajemen Waktu dengan Stoples Acar
3. Meningkatkan produktivitas
Ketika kamu membuat to-do list, kamu bisa membuat prioritas pekerjaan di kantor maupun di rumah dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu, dan bisa menyesuaikan diri pekerjaan mana yang perlu kamu tunda di list yang sudah kamu buat. Hal ini, bisa membantumu mengerjakan tugas selesai lebih cepat karena waktu pengerjaan dan petunjuk yang sudah jelas.
4. Meningkatkan Daya Ingat
Kegiatan menulis to-do list dapat membantu kamu untuk meningkatkan daya ingat. Kok bisa? karena kamu dilatih untuk mengingat pekerjaan apa saja yang perlu kamu kerjakan dalam jangka waktu yang pendek.
Kegiatan ini akan terus menerus kamu lakukan kalau kamu rutin melakukannya. Sehingga kamu menjadi mindful dengan apa yang kamu kerjakan dan yang akan kamu kerjakan kemudian harinya.
Baca Juga: Manajemen Waktu agar Tetap Produktif Ala Farhan Jijima
5. Merapikan Pola Hidup
Manfaat to-do list yang terakhir adalah membuat pola hidup menjadi lebih tertata. Bangun pagi, berolahraga, sarapan, dan lain-lain hingga waktunya tidur bisa dituliskan dalam daftar kegiatan. Kita mungkin lebih mengenal ini dengan sebutan jadwal harian. Jika rencana untuk membangun pola hidup yang lebih baik sejalan dengan motivasinya yang besar, maka sebuah to-do list bisa menjadi media yang tepat untuk digunakan.
Kebiasaan baru tidak mudah dilakukan. Untuk itu, kita perlu sebuah alat sebagai pengingat sekaligus rekam jejak keberhasilan dan perkembanganmu sendiri. Demikian sejumlah manfaat dari kebiasaan membuat to-do list harian. Bagi kamu yang ingin produktif, menuliskan to-do list dan menyusun prioritas adalah hal mendasar. Selebihnya, kamu bisa merasakan sendiri manfaatnya yang lain apabila sudah terbiasa.
Kamu bisa membuat to-do list dengan menggunakan aplikasi Docheck secara gratis di App store atau Playstore. Selain dengan menguraikan daftar pekerjaan di Docheck, kamu juga bisa mengikuti komunitas yang mampu menunjang produktivitas. Melalui DoCheck, kamu bisa mendapatkan info dan tips menarik lainnya untuk membantumu mengembangkan diri.
Baca Juga: Metode ABC: Cara Mengelola Waktu dengan 3 Tingkat Prioritas