Produktif ala farhan jijima

Manajemen Waktu agar Tetap Produktif Ala Farhan Jijima


Siapa yang tak kenal Farhan Jijima? Laki-laki asal Tangerang Selatan ini adalah seorang mahasiswa inspiratif sekaligus content creator di Indonesia. Walaupun usianya masih cukup muda, tapi Farhan sudah mampu menjadi panutan banyak orang. Terbukti karena ia mampu membuat konten yang mengedukatif penonton, seperti konten belajar matematika. Yuk simak tips produktif ala Farhan Jijima.

Farhan yang juga gemar dengan pelajaran Fisika dan Matematika ini aktif membuat konten video di Youtube maupun Tiktok. Konten pada media sosialnya juga tidak jauh dari hitung-hitungan. Karena kecerdasannya, Farhan menjadi salah satu influencer muda yang banyak dikagumi saat ini.

Nah, pada webinar yang diselenggarakan DoCheck, berjudul “Sumpah, Pemuda Itu Berkembang“, Farhan Jijima berkesempatan menjadi pembicara pada webinar dengan topik pembahasan produktivitas. Selain Farhan, ada juga Indra Sugiarto sebagai pembicara webinar yang mengangkat topik tentang membangun citra dalam berkarier.

Webinar yang dihadiri ribuan peserta di Zoom ini, berhasil memotivasi anak muda dalam hal berkarier dan manajemen waktu. Farhan Jijima juga membagikan tips manajemen waktu ala dirinya saat mengerjakan banyak hal, namun tetap produktif. Berikut ini DoCheck merangkum untuk kamu tips produktif dalam belajar dan berkarya ala Farhan Jijima.

Baca Juga: Indra Sugiarto, Motivator Indonesia Ternama Panutan Anak Muda

Produktif Ala Farhan Jijima

Produktif ala farhan jijima
Webinar DoCheck dengan Farhan Jijima

Menurut Farhan, kata produktif mempunyai arti melakukan sesuatu secara efektif, menghilangkan beban pekerjaan, manajemen waktu yang baik, hingga menikmati hidup dengan terstruktur/punya tujuan. Kalau diibaratkan rumus, Farhan mengatakan kalau produktivitas adalah jumlah pekerjaan yang dihasilkan dibagi waktu yang dibutuhkan.

Misalnya, diibaratkan ada penulis A dan B menulis dengan tema yang sama. Lalu, penulis A bisa menulis 500 kata dalam waktu 2 jam dan penulis B bisa menulis 499 kata dengan waktu yang sama. Maka, jika menggunakan rumus tadi, tentu penulis A-lah yang lebih produktif dibandingkan penulis B.

Farhan juga memiliki 2 unsur terpenting dalam mengatur kegiatan produktifnya, yaitu kecepatan dan waktu. Berikut ini penjelasan mengenai kecepatan dan waktu sesuai dengan produktivitas Farhan Jijima.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Prestasi Cemerlang Farhan Jijima

Kecepatan

Kecepatan di sini maksudnya adalah progres pengerjaan suatu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Lalu, untuk menunjang produktivitas, kamu dituntut untuk bisa meningkatkan kecepatan ini. Nah, untuk meningkatkan kecepatan, maka diperlukan 3 hal yang tidak boleh terlewat, di antaranya:

  1. Menentukan tujuan dan arah. Saat kamu mengerjakan sesuatu, pasti akan ada alasan di baliknya. Alasannya bisa tentang manfaat dan apa saja yang akan dicapai. Misalnya, kamu akan membuat video Youtube dengan target 40.000 views dalam seminggu. Tentu ini bukan hal yang mudah, sehingga agar lebih terarah, kamu harus membagi pekerjaan itu menjadi lebih kecil (Work Breakdown Structure). Jika dibagi menjadi lebih kecil, akan ada bagian menulis script video, syuting video, dan terakhir tahap editing. Nah, kamu bisa membagi waktu, misalnya hari Jumat membuat 5 script video, hari Sabtu mulai membuat video, hari Minggu melakukan editing, dan hari Senin hingga Jumat, kamu akan punya stok video yang bisa diunggah setiap hari, begitupun seterusnya.
  2. Berani menolak ajakan atau berkata tidak. Hal ini akan memengaruhi kecepatan kamu mengerjakan pekerjaan. Saat kamu berani berkata tidak untuk ajakan orang lain atau yang bisa mengganggu produktivitas kamu, maka kamu sudah melakukan manajemen waktu yang baik. Menolak sesuatu tidak selalu buruk dan pahamilah bahwa setiap orang punya prioritasnya masing-masing.
  3. Berhenti menunda pekerjaan dengan time travel (alasan esok hari). Ini pasti sering terjadi pada setiap orang, biasanya disertai dengan alasan “gak mood” atau “besok aja deh”. Kebiasaan seperti ini akan memperlambat kecepatan kamu dalam produktif. Time travel di sini maksudnya, kamu bisa membayangkan kalau terus menunda-nunda esok hari, itu sama saja dengan hari ini. Singkatnya, pekerjaan itu tidak akan pernah selesai.

Waktu

manajemen waktu ala farhan jijima
unsplash/@loic

Menggunakan waktu untuk kegiatan yang lebih prioritas juga jadi poin penting agar tetap produktif. Untuk mempergunakan waktu agar efektif, ada 3 cara yang bisa kamu coba terapkan, di antaranya:

  1. Buat jadwal yang spesifik. Orang-orang terbiasa menggunakan satuan jam saat mengerjakan pekerjaan, namun jika diubah menjadi satuan menit, ini akan terlihat bahwa kamu punya banyak waktu untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Setelah menggunakan satuan menit, baru kamu buat jadwal yang spesifik, seperti nama kegiatan beserta durasi pengerjaannya.
  2. Fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu. Kalau kamu punya sesuatu yang mendesak secara bersamaan, melakukan multitasking mungkin akan menjadi jalan pintas untuk kamu. Namun, multitasking tidak selamanya baik, karena fokus kamu akan terbagi-bagi hingga semua tidak selesai, sehingga hasil dari pekerjaan juga kurang maksimal. Lebih baik mengerjakan satu persatu sampai selesai dan runtut. Walaupun tidak semua selesai, setidaknya ada pekerjaan yang akan selesai, dibandingkan multitasking.
  3. Hindari distraksi. Distraksi setiap orang pasti berbeda-beda, namun saat ini banyak yang sering terganggu dengan gadget. Untuk mengurangi distraksi ini, Farhan Jijima biasanya menggunakan gadgetnya untuk menghitung waktu saat belajar. Jadi, ia bisa melihat sudah berapa lama waktu yang dihabiskan untuk belajar.

Baca Juga: Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja Biar Nggak Gampang Stress

Nah, itu dia tips produktif dari Farhan Jijima yang bisa kamu coba terapkan untuk produktivitas kamu sehari-hari. Untuk mendukung kegiatan produktif, kamu juga perlu membuat to-do list, loh. Untuk membuat to-do list, kamu bisa banget pakai Aplikasi DoCheck. Selain mudah digunakan, Aplikasi ini juga bisa memberikan checklist saat kamu sudah selesai mengerjakan suatu tugas. Tunggu apa lagi? Yuk, segera download Aplikasinya di Play Store dan App Store.


Scroll to Top