mau-lancar-public-speaking?-pastikan-dulu-to-do-list-ini!

5 Tips Lancar Public Speaking dengan To-do List ala Kylatif


Kamu pasti tahu stand up comedy, kan? Bentuk komedi ini umumnya dibawakan oleh satu orang yang berbicara langsung kepada penontonya. Salah satu skill terpenting yang dibutuhkan untuk membawakan komedi semacam ini adalah public speaking. Baca sampai akhir untuk mengetahui 5 tips public speaking ala Kylatif.

Stand up comedy adalah bentuk komunikasi satu arah – sebuah bentuk komunikasi yang berlangsung satu pihak saja karena komunikannya bersifat pasif. Public speaking skills tidak hanya bermanfaat untuk bentuk komunikasi tersebut. Lebih daripada itu, kemampuan ini sangat diperlukan ketika kamu berbicara di depan banyak orang.

Walaupun kita sebagai manusia pasti berkomunikasi setiap hari, nyatanya berbicara di depan umum adalah hal yang lumayan sulit untuk dilakukan. Salah satu masalah yang sering kali muncul ketika berbicara di depan umum adalah nervous atau gugup.

Tips Public Speaking yang Baik

Nah, Rizky Fauzy Latif atau yang kerap dikenal sebagai Kylatif punya to-do list agar public speaking skills kamu lancar. Pada gelaran Be A POP Star Webinar yang dilaksanakan Kamis, 21 Oktober 2021, content creator yang kerap membahas public speaking ini membeberkan 5 hal yang bisa membuat public speaking skills kamu jadi lebih lancar! Apa saja ya kira-kira?

Baca Juga: Belajar Public Speaking dengan Cara Mendengarkan

1. Self Awareness

Segala sesuatu memang harus dimulai dari diri sendiri. Nah, dalam public speaking, hal ini juga berlaku. Menurut Kylatif, salah satu hal yang bisa menjadikan public speaking kamu lebih baik adalah self-awareness.

Proses mengenali diri sendiri ini melibatkan pemahamanmu atas potensi, kelebihan dan kekurangan, serta pola pikir dirimu sendiri. Orang dengan tingkat self-awareness lebih tinggi cenderung lebih baik dalam bekerja dan lebih efektif jika menjadi pemimpin. Tak heran jika kemudian self-awareness menjadi penting ketika akan berbicara di depan publik.

Tasha Eurich, penulis buku The Power of Self-Awareness in a Self-deluded World, menemukan bahwa 95% orang merasa dirinya self-aware, tapi hanya 10-15% yang benar-benar seperti itu. Nah, untuk meningkatkan self-awareness, kamu bisa memulainya dengan membaca buku karya Tasha Eurich tersebut.

2. Bank of Knowledge

Penting untuk menjadi kredibel pada saat berbicara di depan publik. Informasi yang kamu berikan harus bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, memiliki pengetahuan mengenai apa yang kamu bicarakan adalah sebuah keharusan.

Aristoteles menyebut kredibilitas ini sebagai ethos. Menurutnya, penyampaian pidato atau retorika oleh orang yang kredibel akan lebih persuasif. Nah, salah satu ciri orang kredibel adalah memiliki kemampuan atau keahlian di bidang yang dibicarakannya. Maka, memahami topik yang kamu bawakan ketika berbicara di depan umum adalah keharusan.

Banyak cara untuk memperoleh pengetahuan mengenai sebuah topik. Misalnya dengan membaca, menonton, dan berdiskusi dengan orang yang kompeten dibidangnya. Nah, Kylatif punya buku tentang public speaking yang berjudul Seni Bicara Teratur. Kamu bisa membaca buku ini jika ingin mendapatkan pengetahuan mengenai skill tersebut.

Baca Juga: Public Speaking, Tips Agar Tidak Nervous di Depan Umum

3. Learn the Techniques Speaking Skills

public speaking skills
unsplash/@reimond_21

Dua hal pertama yang bisa membuat public speaking kamu lebih baik tadi, belum berhubungan langsung dengan bagaimana cara berbicaranya itu sendiri. Nah, sekarang kamu harus mulai mencari dan mempelajari teknik-teknik berbicara di depan umum. Misalnya, bagaimana membuat audiens kondusif dan menjawab pertanyaan dengan jelas.

Dalam mempelajari sesuatu, kamu memang selalu bisa belajar sendiri. Termasuk mempelajari teknik praktis public speaking ini. Namun, akan lebih efektif lagi jika kamu belajar dengan didampingi orang yang lebih kompeten. Untuk itu, kamu bisa mengikuti komunitas, kursus, atau belajar langsung dari expert. Salah satu platform yang wajib kamu kunjungi pada saat mempelajari skill ini adalah Toastmasters.

4. Practice Makes Perfect

Kylatif menyebutkan bahwa kunci utama dari jago public speaking adalah 6L alias latihan, latihan, latihan, lagi-lagi latihan. Ambil kesempatan berbicara di depan umum untuk dapat dijadikan pengalaman. Jadikan kesempatan tersebut sebagai sarana latihan kamu. Practice makes perfect.

5. Support System

Support system penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri kamu. Bayangkan jika kamu terjebak dalam kondisi yang mengharuskanmu untuk berbicara di depan umum, namun kamu takut untuk melakukannya. Kalau kamu punya support system, mereka akan tetap mendukungmu. Oleh karena itu, support system ini sangat penting untuk meningkatkan kepercaayaan diri kamu.

Gimana nih sekarang? Kamu sudah tahu kan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan public speaking? Biar gak lupa, kamu bisa mendapatkan to-do list ini di aplikasi DoCheck dalam bentuk predefined goal.

Baca Juga: Goals Recommendation: Bisa Bantu Capai Life Goals!

To-do list memperlancar public speaking ala Kylatif
To-do list memperlancar public speaking ala Kylatif.

Kalau kamu ingin memiliki kemampuan public speaking seperti Kylatif, segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store dan App Store sekarang. Gratis!


Scroll to Top