Mesin ketik dengan kertas bertuliskan Goals

Goals Recommendation: Bisa Bantu Capai Life Goals!


Life goals – Pasti ada masa di mana kamu mencari jati diri dalam hidup. “Aku mau jadi apa ya nanti?”, “Aku mau seperti apa ya nanti?”, “Kira-kira kalau aku seperti ini, aku bakal gimana, ya?”, dan pertanyaan-pertanyaan lain terkait diri sendiri pasti selalu muncul di kepala pada saat kamu mencari jati diri.

Hal tersebut wajar. Kebingungan semacam itu pasti tidak hanya dialami oleh kamu saja. Menentukan tujuan hidup dan langkah ke depan memang tidak pernah mudah.

Manusia sebagai mahluk sosial, pasti berinteraksi dengan orang lain. Dalam interaksi sosial, ada yang dinamakan dengan identifikasi dan imitasi. Identifikasi adalah proses pengadopsian atau pengambilan perilaku, nilai, keyakinan, dan sikap orang lain yang kamu amati. Berbeda dengan imitasi, identifikasi melibatkan sejumlah perilaku, sedangkan imitasi hanya meniru satu perilaku saja.

Identifikasi dan imitasi tidak hanya sebatas berlaku pada saat meniru perilaku orang di sekitarmu seperti ayah, ibu, teman, dan lain sebagainya. Tetapi juga berlaku untuk figur yang kamu lihat di media, bahkan karakter fiksi sekalipun. Jadi gak heran kan kenapa orang yang sering nonton bola kemudian punya life goals menjadi pemain bola. Atau, orang yang sering baca novel punya life goals menjadi penulis.

Tapi, kamu suka bingung gak, sih? Ketika sudah tahu life goals atau tujuan hidup, tapi malah gak tahu gimana cara mewujudkannya. Nah, kalau kamu termasuk salah satu orang yang seperti itu, fitur rekomendasi goals dari DoCheck bakal ngebantu kamu banget, loh!

Baca Juga: Goals List Membuatmu Mencapai Tujuan

Fitur Goals Recommendation

Tentu, kamu bisa membuat goals sendiri di aplikasi DoCheck. Namun, lewat fitur rekomendasi goals, kamu tidak perlu repot-repot membuatnya. Terlebih, jika kamu sendiri tidak tahu apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya, kamu punya goal ingin mempunyai album sendiri, tapi kamu tidak tahu apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah album. Nah, di sinilah fitur rekomendasi goals akan sangat membantumu karena task-nya sudah dibuat. Jadi, kamu tinggal copy saja goal-nya, nanti otomatis akan masuk ke dalam daftar goals kamu.

Dengan begitu, kamu tidak akan bingung lagi mengenai step-step dalam membuat album. Rekomendasi goals ini masih bisa kamu edit ketika sudah di-copy. Jadi, kamu masih bisa banget buat menyesuaikan task-nya jika dirasa masih ada yang terlewat atau tidak perlu menurutmu.

Di halaman beranda aplikasi DoCheck, jika kamu scroll ke bawah, kamu akan menemukan rekomendasi goals-nya. Berbagai macam goals bisa kamu temukan. Dari mulai rekam album, belajar gitar, hingga menulis artikel. Rekomendasi goals ini akan selalu ditambahkan secara berkala oleh DoCheck.

Rekomendasi goals rekam album, belajar gitar, dan menulis artikel
Rekomendasi goals rekam album, belajar gitar, dan menulis artikel.

Untuk menyalin goals recommendation tersebut, kamu bisa ikuti cara berikut ini:

1. Cari Bagian Rekomendasi

Bagian rekomendasi goals
Bagian rekomendasi.

Di halaman beranda aplikasi DoCheck, scroll ke bawah hingga kamu menemukan bagian rekomendasi. Lalu, klik “Lihat Lainnya”.

2. Pilih Goals

pilih goals
Daftar goals recommendation.

Kamu akan melihat beberapa goals rekomendasi. Pilih salah satu sesuai dengan keinginanmu, kemudian klik goal tersebut.

3. Salin (Copy) Goals

salin (copy) goals
Goals recommendation belajar gitar dan pemberitahuan bahwa goal telah berhasil disalin.

Salin goal dengan klik icon kertas dengan tanda panah mengarah ke bawah, di pojok kanan bawah. Akan ada pemberitahuan jika goal sudah berhasil disalin.

4. Edit Goals

edit goals
Goals recommendation yang sudah berhasil disalin.

Jika kamu mau menyesuaikan goal-nya, kamu bisa mengeditnya dengan cara klik icon titik tiga di pojok kanan atas.

5. Pilih Edit goals

Menu unutk menyunting
Menyunting goals recommendation.

Muncullah beberapa menu. Pilih “Edit Goals” untuk menyesuaikan goal yang telah kamu salin tadi.

Goals Recommendation dari Figur Inspiratif

Kamu punya idola atau seorang tokoh yang kamu jadikan sebagai role model? Kamu perlu tahu jika fitur rekomendasi goals juga menyediakan goals dari figur-figur inspiratif, loh! Dengan begini, kamu bisa mengikuti cara yang dilakukan figur tersebut untuk mencapai sebuah goals.

Baca Juga: Figur Paling Inspiratif Selama 2021 Versi DoCheck

Misalnya, goal “Berkembang dan Berjejaring ala Decky Sastra”. Task-task di dalamnya langsung diberikan oleh Decky Sastra sendiri. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin jika task-task ini efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Rekomendasi to do list dari Decky Sastra
Rekomendasi goals dari Decky Sastra.

Selain Decky Sastra, ada beberapa figur lain yang to-do list-nya bisa kamu temukan di aplikasi DoCheck. Beberapa figur tersebut adalah Vina Muliana, Farhan Jijima, Ghania Harsono, sampai Indra Sugiarto.

Fitur rekomendasi goals ini akan sangat membantu bagi siapapun. Terlebih untuk kamu yang mempunyai goals namun bingung bagaimana cara untuk mewujudkannya. Goals rekomendasi juga masih bisa kamu edit, jadi akan memudahkanmu untuk menyesuaikannya.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store dan App Store, sekarang. Gratis!


Scroll to Top