6 Langkah Jitu untuk Persiapkan Kariermu


Apakah kamu familiar dengan lagu Susan dan Rina Eris yang berjudul “Susan punya cita-cita”? Salah satu bait lirik tersebut berbunyi, “Susan..Susan…Susan… Besok gede mau jadi apa?” Nah, sekarang pertanyaan ini tidak hanya berlaku pada Susan saja, tapi juga pada dirimu sendiri. Sudahkah kamu memiliki bayangan tentang karier di masa depan? Kalau belum, itu berarti sekaranglah saatnya kamu memikirkan persiapan karier!

Dikutip dari Career Masterclass, Schmerborn, Hunt, dan Osborn berpendapat bahwa persiapan karier merupakan “proses pencocokan sistematis antara tujuan karier dan kemampuan pribadi untuk mencapai pemenuhan diri.” Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal-asalan dalam membuat rencana masa depanmu. Akibat yang akan terjadi jika tidak ada perencanaan karier adalah kamu akan merasa bingung, stres, atau berhasil mendapat kerja, tapi tidak sesuai dengan potensimu. Wah, sayang banget ya! Jadi, yuk perhatikan 6 langkah persiapan karier di bawah ini agar terhindar dari penyesalan tersebut!

1. Cari Tahu Minat dan Bakat

Ketahui minat dan bakatmu agar persiapan karier menjadi sempurna
Ketahui minat dan bakatmu agar persiapan karier menjadi sempurna (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Masalah paling umum yang terjadi saat membuat persiapan karier adalah kamu belum tahu minat dan bakatmu. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar kamu tidak bingung menentukan bidang karier yang ingin kamu tekuni. Contohnya, kamu memiliki minat dalam dunia digital marketing dan kamu memiliki bakat dalam menulis. Maka, karier yang cocok untukmu bisa jadi sebagai copywriter atau content writer.

Lantas, bagaimana cara mengetahui minat dan bakat? Menurut Aku Pintar, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk menemukan jawabannya. Yuk, simak baik-baik!

  • Ketahui apa yang menarik untukmu.
  • Sesuatu yang rasanya mudah dikerjakan.
  • Prestasi terbaik.
  • Bertanya pada sahabat, orang tua, wali kelas, atau guru BK.
  • Terus mencoba hal baru.

2. Yuk, Riset Bidang Pekerjaan yang Kamu Minati!

Lakukan riset mendalam untuk persiapan karier yang matang
Lakukan riset mendalam untuk persiapan karier yang matang (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Setelah kamu mengetahui minat dan bakatmu, langkah selanjutnya adalah melakukan riset bidang pekerjaan dan perusahaan yang sesuai dengan minatmu. Menurut Glints dengan melakukan pencarian lebih dalam tentang perusahaan yang kamu minati, kamu bisa memastikan kecocokan budaya kantor dengan dirimu, skill yang dibutuhkan, dan beban kerja nanti. Jadi, kamu tidak akan salah dalam memilih tempat kerja dan profesi. Bagaimana cara melakukan risetnya? Yuk, perhatikan tipsnya di bawah ini!

  • Cobalah cari di Google tentang berita atau website resmi perusahaan.
  • Bertanya kepada teman atau keluarga.
  • Intip media sosial perusahaan.
  • Mencoba produk dari perusahaan terkait.

3. Ayo, Perbanyak Koneksi!

Perbanyak koneksi untuk menambah peluang kerja
Perbanyak koneksi untuk menambah peluang kerja (Foto oleh Hai Nguyen/ Pexels)

Tahukah kamu kalau peluang karier bisa kamu dapatkan melalui teman atau senior kampusmu? Mereka dapat memberikan surat rekomendasi untukmu ketika kamu melamar ke perusahaan tempat temanmu bekerja. Jadi, perusahaan pun bisa mempertimbangkan lebih dalam tentang lamaranmu. Mantap sekali, bukan? Oleh karena itu, jaga dan perbanyaklah koneksi yang kamu punya. Karena ada banyak sekali manfaatnya untuk persiapan karier di masa depan.

Dilansir dari Ekrut, ada 9 manfaat koneksi untuk perkembangan karier dan relasi di masa depan. Ayo, cari tahu bersama di sini!

  • Mendapat dukungan karier melalui referral atau surat rekomendasi.
  • Melakukan kolaborasi antar perusahaan.
  • Mendapat pekerjaan baru.
  • Peluang kenaikan jabatan semakin besar.
  • Teman untuk bertukar ide.
  • Membantu orang lain.
  • Membuat peranmu lebih terlihat oleh orang lain.
  • Memengaruhi perkembangan karier yang positif.
  • Rasa percaya diri semakin meningkat

Baca juga: Sukses Wawancara Magang dengan 5 Tips Ini!

4. Yuk, Ikut Magang dan Volunteer Untuk Persiapan Karier!

Yuk, ikut program magang dan volunteer sebagai persiapan karier ke depan!
Yuk, ikut program magang dan volunteer sebagai persiapan karier ke depan! (Foto oleh cottonbro/ Pexels)

Apabila kamu ingin merasakan dunia kerja, kamu bisa mengikuti program magang atau volunteer. Menurut MySkill, di sini kamu bisa melatih kepemimpinan, tanggung jawab, bekerjasama, dan mendapat wawasan mendalam tentang bidang yang ingin kamu tekuni. Terlebih lagi, di beberapa perusahaan setelah masa magangmu berakhir, mereka akan menawarkanmu untuk menjadi karyawan tetap jika performa kerjamu bagus. Wah, kesempatan yang bagus nih! Oleh karena itu, kamu sangat disarankan untuk aktif di LinkedIn atau mengikuti akun media sosial yang suka memberi informasi tentang program magang dan volunteer. Jadi, kamu tidak akan ketinggalan peluang ini.

5. Jangan Lupa Ikut Pelatihan Agar Skill Meningkat!

Tingkatkan terus kemampuanmu dengan mengikuti pelatihan
Tingkatkan terus kemampuanmu dengan mengikuti pelatihan (Foto oleh Christina Morillo/ Pexels)

Proses belajar tidak berhenti di bangku sekolah atau kuliah. Namun, kamu tetap harus meningkatkan skill-mu agar persiapan karier semakin sempurna. Saat ini ada banyak sekali loh pelatihan yang diselenggarakan oleh berbagai perusahaan. Mulai dari melatih kemampuan Microsoft Office hingga yang terkini seperti UI (User Interface) atau UX (User Experience). Kenapa sih penting untuk meningkatkan skill?

Alasan pertama karena pengetahuan dan teknologi tidak pernah berhenti berkembang. Jadi, kamu harus terus up to date dengan perkembangan saat ini baik itu informasi maupun keterampilan. Kemudian, menurut Glints, skill yang kamu miliki bisa menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Oleh sebab itu, terus semangat mengembangkan diri ya!

6. Tambah Bahasa Asing Untuk Persiapan Karier Global

Belajar bahasa Inggris untuk persiapan karier global
Belajar bahasa Inggris untuk persiapan karier global (Foto oleh Nothing Ahead/ Pexels)

Di zaman globalisasi ini, kemampuan berbahasa asing menjadi pertimbangan di dunia kerja. Contohnya saja iklan lowongan kerja yang kamu lihat di LinkedIn atau media lainnya seringkali menggunakan bahasa Inggris. Walaupun sebenarnya mereka adalah perusahaan Indonesia. Memang apa saja sih manfaat lancar berbahasa Inggris di dunia kerja? Dilansir dari English First, ada 6 manfaat yang akan kamu dapatkan loh!

  • Kesempatan kerja lebih besar.
  • Peluang mengembangkan karier ke tingkat global semakin besar.
  • Menambah koneksi.
  • Akses terhadap berbagai informasi.
  • Memudahkan dalam perjalanan bisnis.
  • Meningkatkan kesadaran akan budaya luar.

Itu dia enam langkah persiapan diri yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Karena jika kamu menundanya, orang lain bisa jadi mengambil posisimu loh! Yuk, semangat merencanakan masa depan yang indah agar tidak menyesal di kemudian hari!

Selain itu, ada juga aplikasi yang bisa membantu persiapan kariermu agar tersusun rapi. Ingin tahu apa itu? Ya, namanya adalah DoCheck. Kamu bisa membuat to-do list aktivitas yang ingin kamu lakukan untuk pengembangan dirimu, lalu ada fitur pengingat, dan rekomendasi goals sesuai dengan minatmu. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa dapat inspirasi kegiatan dari para influencer terkenal, lho! Mantap banget, ‘kan? Yuk, download DoCheck sekarang di Play Store dan App Store GRATIS!


Scroll to Top