Rencana Liburan DoCheck

Rencana Liburan Belum Jelas? DoCheck Siap Membantu!


Libur lebaran tiba dengan durasi yang cukup lama, saatnya membuat rencana liburan untuk kamu yang ingin refreshing dengan traveling. Pemerintah memberi keputusan cuti bersama dari tanggal 29 Mei 2022 sampai 6 April 2022. Kenyang banget tuh ya untuk istirahat dan jalan-jalan. Manfaatkan sebaik-baiknya agar kamu dapat menikmati anugerah berupa hari libur itu. Jarang-jarang ya kan libur selama itu.

Terdapat dua tipe orang ketika hendak liburan, ada yang spontan saja tanpa persiapan dan ada yang harus membuat rencana. Agar lebih terarah dan jelas, lebih baik dibuat rencana liburan sih. Membuat rencana liburan akan memberi kamu gambaran lebih awal tentang persiapan dan kegiatan yang ingin dilakukan. Sehingga kamu pun bisa memesan tiket atau reservasi hotel lebih dulu, hasilnya? Bisa saja menemukan harga yang lebih murah.

Manfaat Liburan

Dilansir dari Very Well Mind, seorang psikolog bernama Marie-Helene Pelletier kerap menemui pasiennya jarang berlibur. Dengan tidak adanya liburan dan tidak terpisahnya antara kehidupan rumah dan kantor, meningkatkan perasaan kecemasan dan depresi. Pelletier berujar bahwa isitrahat itu penting untuk kesehatan diri, kalau ingin bekerja dengan lebih baik, berarti perbaiki pola diri juga. Dengan memerhatikan kesehatan diri dan beristirahat, otakmu dapat bekerja optimal dan mendukung produktivitas pekerjaanmu.

Sebuah jurnal Nature di tahun 2020 membahas bahwa orang yang melihat pemandangan berganti-ganti setiap harinya cenderung lebih bahagia. Seorang asisten profesor di bidang psikologi medis berkata, kegiatan yang menyenangkan seperti bepergian dapat meningkatkan mood dan kepuasan terhadap hidup. Dengan liburan, orang akan lebih bersantai dan beristirahat sejenak dari rutinitas yang menjemukan.

5 Tips Membuat Rencana Liburan

Liburan akan menyita waktu, energi, dan biaya, dalam perjalanannya. Ada banyak hal yang harus disiapkan dan diperhatikan, belum lagi akan ada kemungkinan hadirnya kesulitan dan masalah. Kalau kamu ingin terhindari dari kelupaan, menghemat biaya dan energi, serta memperkirakan agar liburan berjalan dengan baik, membuat rencana liburan adalah salah satu solusi. Berikut ini ada 5 tips dalam membuat rencana liburan:

Tentukan Destinasi Liburan

Kamu dapat menyesuaikan pilihan destinasi berdasarkan cuaca. Ketahui waktu yang tepat untuk setiap tempat yang ingin dikunjungi. Selain itu, biaya juga harus menjadi bahan pertimbangan. Tidak lupa mengenai keselamatan dan kemudahan akses dalam mengunjungi tempat tersebut.

Estimasikan Durasi Perjalanan

Perkirakan waktu perjalanan dari penyesuaian kendaraan berangkat dan pulang, lama menginap, dan lama berkunjung ke suatu tempat wisata. Atur waktumu sebaik mungkin. Terutama jika kamu pekerja, yang memiliki waktu libur terbatas, penting sekali untuk mengalokasikan waktu liburan dengan baik.

Pesan Tiket dan Siapkan Akomodasi

Tiket transportasi untuk bepergian harganya bervariasi, tergantung jenis, waktu, dan kelasnya. Kalau kamu sempat memesan dari jauh-jauh hari, lebih baik begitu, karena cenderung lebih murah. Sekarang sudah banyak aplikasi atau website untuk membantu membeli tiket dan menyiapkan akomodasi yang dibutuhkan.

Rencanakan Kegiatan Apa yang Akan Dilakukan

Terdengar menarik dan menantang untuk pergi traveling secara spontan. Tetapi ada beberapa situasi yang tidak memungkinkan jika kamu serba dadakan menyiapkannya. Tentukan kegiatan selama liburan berdasarkan minatmu, waktu, dan biaya yang dibutuhkan. Selalu luangkan waktu istirahat di setiap harinya agar tidak di-gas terus soal liburannya.

Cari di website pencarian mengenai destinasi wisata dan kegiatan yang bisa dilakukan di sana untuk riset lebih dalam. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya bermain ya, termasuk juga makan dan minum, jajan-jajan, dan menjelajahi daerah tersebut. Dengan begitu, rencana lebaranmu dapat lebih lengkap dan opsi aktivitas yang kamu punya jadi lebih banyak.

Kemas Barang Bawaan dengan Baik

Sebelum bepergian, tentunya kamu harus memikirkan kemungkinan menginap dan bawa barang-barang penting yang diperlukan. Namun, bukan berarti dapat membawa segala hal yang dianggap penting ya. Pilihlah barang yang dibawa sesuai kegunaan dan kebutuhannya. Sebelum mengunjungi daerah wisata, hendaknya mencari tau dulu mengenai budaya di sekitar agar tidak salah bersikap.

Siapkan Rencanamu dengan DoCheck

Kamu ingin menyiapkan rencana liburan lebih terstruktur dan tanpa ribet? Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini ya di aplikasi DoCheck. Fitur-fitur di DoCheck berguna sekali untuk mendukung pembuatan rencana liburanmu.

Fitur To-do List dan Task

Kamu dapat membuat rencana liburanmu dengan membuat to-do list, di DoCheck kamu dapat membuatnya dengan mudah. Klik tanda + di tengah tampilan utama. Setelah itu akan muncul Goal Baru yang dibuat. Isi judul dan deskripsinya sesuai dengan rencana liburanmu, setelah itu Tambahkan Task. Kamu dapat mengisi nama Task, waktu yang diminta, dan catatan lainnya. Lalu, bisa langsung tekan simpan saja.

Fitur Task Rencana Liburan
Tahapan pembuatan Task.

Invite to Group

Kalau rencana liburanmu ternyata melibatkan teman atau keluarga untuk berangkat bersama, tenang saja, DoCheck memiliki fiturnya juga. Namanya Invite to Group, jadi setelah kamu membuat Goal dan Task. Kamu dapat mengklik tanpa + hijau dengan tulisan Tambahkan Anggota.

Invite to Group Rencana Liburan
Goal dan Task yang sudah jadi.

Setelah itu, kamu bisa ketik nama temanmu. Pastikan temanmu sudah memiliki akun DoCheck juga ya. Jika sudah ketemu, langsung tambahkan saja dan otomatis menjadi peserta grup dari Goal yang sudah dibuat.

Invite a Friend Rencana Liburan
Cara Invite to Group

Gambar di bawah ini adalah contoh to-do list yang sudah dibuat dengan mengaplikasikan fitur Task dan Invite to Group.

Hasil Akhir Rencana Liburan DoCheck
Tampilan akhir hasil to-do list, Task, dan invite to group

Mudah kan cara membuat to-do list di DoCheck? Rencana liburanmu bisa lebih terstruktur dengan pakai aplikasi ini. Selamat berlibur! Segera download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store.


Scroll to Top