apa itu roadmap

Apa itu Roadmap: Pengertian dan Cara Membuatnya


Roadmap – Saat di sekolah ataupun lingkungan kerja, kamu pasti tidak asing dengan sebutan organisasi, bukan? Setiap organisasi pasti punya program kerjanya masing-masing dan sebelum program kerja itu terlaksana perlu adanya rapat panitia, pengajuan proposal, dan prosedur-prosedur lainnya sehingga akhirnya program kerja itu dapat terlaksana.

Seperti program kerja, mimpi juga seperti itu. Perlu adanya perencanaan yang matang untuk mewujudkan mimpi. Sayang banget kalau impian yang sudah kamu bangun sampai saat ini hanya tersimpan di angan saja tanpa disertai usaha yang nyata. Untuk mulai menggapai mimpimu, hal pertama yang kamu butuhkan adalah roadma

Pernahkan kamu mendengar arti roadmap? Untuk lebih jelasnya yuk, simak penjelasan dibawah ini

Apa Itu Roadmap?

pengertian roadmap
Foto ArtHouse Studio / Pexels

Dilansir dari hashmicro, secara umum, roadmap adalah peta atau panduan yang digunakan sebagai petunjuk dalam mengarahkan jalan yang sengaja dibuat dengan cara yang lebih rinci maupun sistematis terkait pelaksanaan suatu program kegiatan dalam kurun waktu tertentu.

Roadmap sendiri berisi tujuan yang ingin kamu capai disertai dengan langkah-langkah untuk mencapai hal tersebut dan dibuat sedetail mungkin. Maka dari itu, roadmap dapat membantu kamu untuk mencapai mimpimu.

Contoh roadmap adalah, kamu punya mimpi untuk masuk universitas A, untuk mencapai hal tersebut kamu perlu mendapatkan nilai di atas nilai minimum. Bagaimana caranya? Yaitu, dengan rajin belajar.

Lalu, bagaimana cara untuk rajin belajar? Misal dengan berkumpul dengan teman-teman yang ambis. Bagaimana cara berkumpul dengan teman yang ambis? Misal dengan mencoba berbaur dulu dengan mereka.

Sampai sini, apa kamu sudah paham bagaimana roadmap bekerja? Kalau begitu, mari mulai membuat roadmap!

Cara Membuat Roadmap

1. Tentukan Goals yang Ingin Kamu Capai

Goals atau tujuan adalah hal yang sangat penting dalam mewujudkan mimpi. Mimpi akan terwujud jika ada tujuan dan tindakan yang nyata. Tujuan membuat mimpi menjadi pasti dan membuat tindakanmu tetap terarah. Tujuan tidak bisa dibuat seenaknya saja, kamu bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Timebound) sebagai panduan untuk menentukan tujuan.

Baca Juga: Goals List Membuatmu Mencapai Tujuan

2. Tentukan Langkah-langkah untuk Mencapai Tujuan Tersebut

Setelah kamu membuat poin-poin besar tujuanmu, rincikanlah hal-hal apa saja yang dapat membantumu untuk mencapai hal itu. Tahap ini adalah inti dari roadmap, perlu adanya riset yang mendalam untuk membuatnya.

Tanyakan pada dirimu sendiri pertanyaan-pertanyaan, seperti:

“Apakah cara ini bisa membawaku kepada tujuanku?”

“Apakah aku bisa melakukan itu?”

“Apa dampak positif dan negatifnya untuk diriku?”

“Adakah alternatif lain jika ternyata aku tidak bisa melakukannya?”

dan lain sebagainya.

Semakin tepat kamu merencanakan langkah, semakin besar juga peluangmu untuk bisa mencapai tujuan itu.

Membuat Roadmap dengan DoCheck

Sebenarnya roadmap dapat dibuat hanya dengan mengandalkan kertas dan pulpen saja, tapi akan lebih menarik jika membuatnya dengan menggunakan aplikasi DoCheck. Dengan memanfaatkan fitur Goals dan Task dalam aplikasi DoCheck, kamu dapat membuat sebuah roadmap sederhana. Yuk, ikuti langkah membuatnya sebagai berikut.

1. Buka DoCheck dan Buatlah Goal Baru

Langkah 1 Buka DoCheck dan Buatlah Goal Baru

Langkah pertama untuk membuat roadmap dalam aplikasi DoCheck adalah dengan membuat goal baru. Caranya adalah dengan klik lingkaran hitam di bagian tengah bawah layar. Buatlah goal sesuai jumlah tujuan yang sudah kamu buat sebelumnya.

2. Tambahkan Judul dan Deskripsi

Langkah 2 Tambahkan Judul dan Deskripsi

Langkah selanjutnya adalah memberi nama goal-mu dengan tujuan yang sudah kamu buat sebelumnya. Kemudian, kamu juga bisa mengisi deskripsinya.

3. Tambahkan Task

Langkah 3.1 Tambahkan Task

Setelah selesai memberi judul dan deskripsi, tambahkan task dengan cara klik tulisan “Tambahkan Task” di bagian bawah layar. 

Langkah 3.2 Isi Task

Isi task dengan langkah-langkah untuk mencapai tujuanmu, serta tambahkan tenggat waktu. Hal ini diperlukan agar kamu tidak berleha-leha dengan tujuanmu. Kamu bisa juga memberikan catatan untuk memperjelas task.

Setelah selesai membuat task, klik tombol “Simpan”. Tambahkan task lainnya dengan mengulangi hal yang sama.

4. Roadmap Kamu Selesai!

Langkah 4.1 Roadmap Kamu Selesai!

Langkah terakhir adalah klik tanda centang yang berada di pojok kanan atas layar dan roadmap kamu sudah jadi. 

Langkah 4.2 Lihat Lainnya

Kamu bisa melihat goalgoal yang telah kamu buat dengan klik “Lihat Lainnya” di Beranda.

Baca juga : 6 Langkah Jitu untuk Persiapkan Kariermu

Roadmap Sudah Selesai, Setelah Itu Apa?

Roadmap sudah selesai, sekarang saatnya take action. Tahap ini adalah tahap penentuan apakah kamu bisa mewujudkan mimpimu atau tidak. Untuk memulainya memang sulit, tapi percayalah, sekali kamu sudah memulai maka setelahnya akan lebih mudah.

Kuncinya ada pada konsistensi. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Mulai 1% setiap harinya, maka dalam 100 hari akan menjadi 100% selama kamu tetap konsisten.

Hilangkan keraguanmu dengan membuat kesuksesan-kesuksesan kecil, dengan begitu kamu akan lebih yakin dan percaya diri untuk membuat mimpimu menjadi nyata. Roadmap adalah panduan praktis untuk mencapai sesuatu yang disusun secara rinci dan sistematis sehingga memudahkan seseorang dalam pelaksanaannya. Dalam pembuatannya pun diperlukan kehati-hatian serta riset yang mendalam agar langkah yang diambil tepat sasaran. Kamu dapat membuat roadmap yang mudah dengan menggunakan aplikasi DoCheck. Selamat mencoba!


Scroll to Top