Saintek atau Soshum, pilih yang mana?

Saintek atau Soshum, Pilih yang Mana?


“Saintek atau Soshum, pilih yang mana ya?” pertanyaan ini pasti sering muncul di pikiranmu ketika mau memilih jurusan kuliah nanti. Hal ini memang tidak bisa dianggap sepele karena jawaban yang kamu pilih akan menentukan masa depanmu. Memang kalau salah pilih peminatan akan bagaimana? Jika kamu asal-asalan dalam memilih, maka kamu akan mendapat beberapa kerugian, loh!

Dilansir dari IDN Times, akibat dari salah memilih jurusan adalah kamu akan sulit berprestasi, merasa mudah jenuh dengan kuliah, sulit menyelesaikan studi hingga tuntas, kurangnya rasa percaya diri, dan jadi tidak produktif. Oleh karena itu, DoCheck ingin membantu kamu untuk mengetahui perbedaan Saintek dan Soshum, materi ujian UTBK, dan cara pakai DoCheck untuk bantu kamu belajar Saintek atau Soshum. Yuk, simak baik-baik di bawah ini!

1. Saintek atau Soshum: Perbedaan dan Contoh Program Studi

Ingin jadi ahli biologi atau ilmu sosial?
Ingin jadi ahli biologi atau ilmu sosial? (Foto oleh Yaroslav Shuraev / Pexels)

Tahukah kamu apa kepanjangan dari Saintek dan Soshum? Jadi, Saintek adalah singkatan dari Sains dan Teknologi. Sedangkan Soshum adalah Sosial dan Humaniora. Kemudian, menurut Campus Pedia, Saintek adalah ilmu pasti yang mempelajari bagaimana proses dan cara kerja alam untuk membantu kehidupan manusia. Sebaliknya, Soshum merupakan ilmu dinamis yang membahas tentang hubungan antar manusia dan lingkungannya. Terus, bagaimana dengan program studi kuliahnya?

Jika kamu tertarik belajar tentang Sains dan teknologi, kamu bisa pilih jurusan berikut ini:

  • Teknik Kimia
  • Kedokteran
  • Biologi
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
  • Ilmu Gizi
  • Teknik Pangan

Namun, kalau kamu lebih tertarik mempelajari hubungan sosial antar manusia, program studi di bawah ini bisa jadi pilihan:

  • Bisnis
  • Psikologi
  • Manajemen
  • Bahasa
  • Ekonomi
  • Akuntansi
  • Hukum

2. Materi UTBK Saintek dan Soshum

Materi ujian UTBK Saintek dan Soshum
Materi ujian UTBK Saintek dan Soshum

Setelah kamu memilih jurusan kuliah impianmu, hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah materi ujian UTBK. Karena hasil tes ini akan menjadi penentu apakah kamu dapat diterima di jurusan dan kampus yang kamu pilih atau tidak? Wah, jadi deg-degan ya! Untuk Saintek dan Soshum akan mendapat ujian yang berbeda. Berikut ini adalah mata pelajaran yang akan diujikan untuk masing-masing kelompok.

Kelompok Saintek akan menghadapi ujian selama 90 menit dengan jumlah pertanyaan dari masing-masing mata pelajaran berikut sebanyak 20:

  • Matematika Saintek
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Begitu juga dengan kelompok Soshum. Kamu akan mendapat waktu pengerjaan soal selama 90 menit untuk menjawab 20 soal dari setiap mata pelajaran di bawah ini:

  • Matematika Soshum
  • Sejarah
  • Geografi
  • Sosiologi
  • Ekonomi

Namun, apabila sampai sekarang kamu masih bingung memilih antara Saintek atau Soshum, kamu tidak perlu khawatir. Karena pada ujian UTBK terdapat juga kelompok campuran (Saintek dan Soshum). Jika kamu memilih kelompok ini, maka ketika ujian kamu harus menjawab semua soal dari mata pelajaran Saintek dan Soshum. Oleh karena itu, kamu harus berusaha lebih besar dibandingkan dengan yang memilih satu kelompok ujian saja.

Baca juga: Note-taking Materi Pelajaran Ala Salstudied

3. Cara Pakai DoCheck untuk Belajar Saintek atau Soshum

Sudah pilih jurusan Saintek atau Soshum, sekarang buat to-do list di DoCheck!
Sudah pilih jurusan Saintek atau Soshum, sekarang buat to-do list di DoCheck! (Foto oleh JESHOOTS.COM / Unsplash)

Sekarang kamu sudah tahu mata pelajaran apa saja yang akan diujikan saat UTBK nanti. Ada banyak sekali materi yang harus kamu pelajari dalam waktu singkat. Jika kamu tidak membuat perencanaan yang baik, maka kamu akan kewalahan atau bahkan ada materi yang tertinggal. Duh, jangan sampai kejadian, ya! Oleh sebab itu, DoCheck hadir untuk membantumu menyusun to-do list materi belajar. Caranya mudah banget, yuk perhatikan step-step-nya di bawah ini!

A. Buat Goals Belajarmu

Klik lingkaran hitam di bawah ini untuk menambah goals

Hal pertama yang kamu lakukan adalah men-download aplikasi DoCheck di PlayStore atau App Store di hpmu. Kemudian, daftarkan diri untuk merasakan manfaat DoCheck. Setelah berhasil mendaftar, kamu harus menambah goals pada akun DoCheck milikmu. Caranya adalah dengan klik lingkaran hitam di bawah seperti di gambar.

B. Tulislah Judul dan Deskripsi Goals-mu

Isi judul dan keterangan Goal baru
Isi judul dan keterangan Goal barumu!
Klik "Tambahkan Task", jika sudah selesai mengisi judul dan deskripsi
Klik “Tambahkan Task“, jika sudah selesai mengisi judul dan deskripsi

Langkah kedua adalah menulis judul dan deskripsi goal baru. Hal ini supaya kamu tidak lupa dengan tujuan yang ingin kamu capai ketika membuat to-do list ini. Kamu juga bisa menambahkan teman-temanmu untuk mengerjakan goal bersama dengan klik “Peserta grup”. Jadi, kamu semakin semangat belajar Saintek atau Soshum! Jika kamu sudah selesai menuliskan judul dan keterangan, kamu bisa klik tombol “Tambahkan Task” di bawah.

C. Menambahkan Task pada Goal

Tambahkan rencana belajar Saintek atau Soshum pada Task
Tambahkan rencana belajar Saintek atau Soshum pada Task!

Tahap ketiga adalah memasukkan rencana belajarmu ke dalam task. Kamu bisa isi judul mata pelajaran yang ingin kamu pelajari, lalu beri tenggat waktu belajarmu agar teratur. Kemudian, kamu juga bisa tambahkan link rekomendasi materi belajar di task-mu. Jadi, kamu tidak perlu cari-cari dari awal lagi di Google. Setelah itu, beri keterangan bab apa yang akan kamu pelajari di deskripsi. Jika kamu sudah selesai, kamu bisa klik simpan!

D. Goal Belajar Saintek Sudah Siap!

Goal belajar sudah selesai
Goal belajarmu sudah selesai!
Klik titik tiga di atas untuk melihat opsi lainnya
Klik titik tiga di atas untuk melihat opsi lainnya

Akhirnya, goal belajarmu sudah siap! Jika kamu sudah selesai mengerjakan to-do list pada “Task” yang kamu buat, kamu bisa klik kotak warna hijau untuk menandainya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lagi aktivitas pada “Task” dengan klik titik tiga di bagian atas sebelah kanan. Apabila kamu khawatir lupa dengan rencana belajarmu ini, kamu bisa pilih “Pin Goals” supaya bisa muncul di bagian depan beranda DoCheck-mu!

Demikian pembahasan tentang Saintek dan Soshum. Sekarang kamu jadi tahu perbedaan antara keduanya dan yang paling penting jangan lupa untuk merencanakan dengan baik jadwal belajarmu di DoCheck! Yuk, download segera aplikasinya GRATIS di PlayStore dan App Store!


Scroll to Top