siap-kuliah-di-luar-negeri?-pastikan-dulu-dokumen-ini!

Siap Kuliah di Luar Negeri? Pastikan Dulu Dokumen Ini!


Buat kamu yang telah diterima untuk kuliah di luar negeri, selamat ya! Menempuh studi di luar negeri memang menjadi impian bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, selain dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan diri, banyak pengalaman baru yang akan kamu dapatkan ketika menempuh studi di luar negeri. Tentunya, banyak sekali hal yang mesti dipersiapkan sebelum berangkat studi di luar negeri. 

Persiapan seperti memilih jurusan kuliah, biaya hidup selama disana, belajar bahasa Inggris & bahasa negara yang dituju, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang penting untuk kamu persiapkan sebelum kuliah di luar negeri adalah menyiapkan dokumen-dokumen. Banyak dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan sebagai prasyarat sebelum kamu menempuh studi di luar negeri. Maka dari itu, dalam menyiapkan dokumen-dokumen ini tidak boleh dipandang sebelah mata, perlu ketelitian agar memenuhi kebutuhan dan kelengkapan dokumen.

Jadi, buat kamu yang masih bingung bahkan belum tahu, dokumen-dokumen apa aja sih yang biasanya dibutuhkan sebelum pergi menempuh studi di luar negeri. Nah, berikut DoCheck rangkum to-do list nya:

1. Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai

Pertama dan yang paling penting adalah menyiapkan ijazah terakhir dan transkrip nilai akademik. Kedua ini merupakan dokumen inti ketika kamu mendaftar kuliah di luar negeri. Jangan lupa juga untuk melegalisir kedua dokumen ini lalu menerjemahkannya ke bahasa Inggris, dengan meminta bantuan pihak kampus sebelumnya atau jasa penerjemah tersumpah ya!

2. Sertifikat Hasil Tes TOEFL atau IELTS

Dokumen selanjutnya adalah sertifikat kemampuan bahasa Inggris kamu yang didapatkan dari hasil tes seperti TOEFL atau IELTS. Mayoritas perguruan tinggi di seluruh dunia mewajibkan calon mahasiswa asing untuk memiliki hasil tes TOEFL atau IELTS. Tujuannya adalah sebagai bukti mengenai seberapa lancar dan fasih diri kamu dalam berbahasa Inggris.

3. Lembar/Surat Motivasi

Lembar atau surat motivasi ini merupakan salah satu dokumen prasyarat yang biasanya dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri. Dokumen ini umumnya ditujukan kepada calon mahasiswa yang menerima beasiswa, namun tidak sedikit juga perguruan tinggi yang mewajibkan membuat surat motivasi bagi seluruh calon mahasiswanya. Surat motivasi berisikan esai atau narasi mengenai diri kamu yang menjelaskan tentang minat, keterampilan, dan prestasi yang dibuat secara terstruktur.

4. Letter of Acceptance

LoA atau Letter of Acceptance merupakan dokumen pernyataan yang akan kamu dapatkan dari perguruan tinggi yang kamu daftar ketika telah diterima sebagai mahasiswa di kampus tersebut. Dokumen ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai bukti legal untuk mendukung permohonan beasiswa.

5. Akta Kelahiran

Selanjutnya, dokumen yang tidak boleh dilewatkan adalah akta kelahiran. Namun, jangan lupa juga untuk menerjemahkannya terlebih dulu ke bahasa Inggris, kamu bisa meminta menerjemahkannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) daerahmu. Akta kelahiran dapat berfungsi sebagai bukti bahwa kamu merupakan individu yang diakui negara dan sah secara hukum kewarganegaraan.

6. Paspor dan Visa Pelajar

Lalu, ada dua dokumen yang sangat penting kamu miliki ketika hendak kuliah di luar negeri yaitu paspor yang masih aktif dan visa pelajar. Paspor menjadi syarat utama ketika pergi ke luar negeri, selain membawa paspor asli, ada baiknya kamu juga membawa fotokopi halaman pertama paspor kamu ya! 

Selain itu ada visa pelajar, untuk membuatnya kamu wajib mendapatkan LoA terlebih dahulu. Lalu, selama proses membuatnya, kamu juga harus melunasi beberapa biaya administrasi  yang diminta, jangan lupa juga untuk menyimpan bukti pembayarannya sebagai antisipasi.

7. Dokumen Pendukung Lainnya

Tidak sampai situ saja! Ada beberapa dokumen lain yang mungkin kamu perlukan sebelum berangkat kuliah di luar negeri, dokumen-dokumen tersebut diantaranya:

  • Rekam Medis & Surat Keterangan Sehat
  • Surat Rekomendasi
  • CV (khusus beasiswa)
  • Asuransi Jiwa
  • Sertifikat Hasil Tes Lainnya (tes bahasa selain bahasa Inggris, tes psikotes, dan sebagainya).

Baca juga: 7 Hal Mendasar yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah Di Luar Negeri

Demikian beberapa dokumen penting yang mesti kamu siapkan ketika hendak melanjutkan studi atau kuliah di luar negeri. Pastikan, seluruh dokumen yang kamu persiapkan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris ya! Good luck!

Jangan lupa, buat kamu yang berencana kuliah di luar negeri khususnya ke Jepang dan ingin memperdalamnya lebih lanjut, kamu bisa ikutan #BeAPOPStar Webinar bareng Zhafira Aqyla dengan tema “Survival Tips for Studying in Japan” live di Zoom pada Kamis, 25 November 2021. Untuk link pendaftarannya stay tune terus di Instagram DoCheck ya!

Ada kabar baik lagi nih, kamu juga bisa banget ikutan Live Discussion bareng Zaky Azharul Fahmi dan Faishal Wahiduddin yang ngomongin soal serba-serbi kuliah di luar negeri. So, jangan lupa untuk gabung pada Kamis besok, 18 November 2021 pukul 19.15 WIB, live hanya di Instagram DoCheck.

Biar persiapan dokumen kuliah kamu makin asik, yuk buat to-do list di aplikasi DoCheck! Download gratis sekarang, di sini.


Scroll to Top