7 Hal Mendasar yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

7 Hal Mendasar yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri


Kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang. Hasil survei Wise, sebuah perusahaan teknologi global terkemuka menunjukan bahwa 75% pelajar Indonesia menginginkan kuliah di luar negeri. Mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan memperluas kesempatan kerja merupakan sebagian kecil dari manfaat kuliah di luar negeri. Yang jelas, pengalaman berkuliah disana mampu membawa seseorang pada perspektif baru yang lebih luas dan unik.

Dengan kuliah di luar negeri, seseorang akan dihadapkan dengan budaya baru. Budaya itu didapatkan dari negara tempatnya berkuliah atau dari mahasiswa internasional yang lain. Menurut penulis, Annie Murphy Paul, interaksi dan lingkungan seperti itu mampu membuat seseorang menjadi lebih fleksibel dan kreatif.

Baca Juga: Mengenal PPI, Organisasi Mahasiswa Indonesia Di Luar Negeri

Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Meski demikian, tidak banyak yang mampu mewujudkan keinginan itu. Faktornya pun beragam, mulai dari masalah finansial, kurangnya kemampuan, minim dukungan, sampai persiapan yang masih kurang. Nah, untuk kamu yang mau kuliah di luar negeri, mending catat dulu hal-hal ini agar kamu semakin siap!

1. Menjawab Pertanyaan “Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri”?

Sebelum memutuskan kuliah di luar negeri, pikirkan terlebih dahulu alasan kenapa kamu harus kuliah disana. Soalnya, motivasi yang kuat bisa membentuk fondasi yang kokoh. Tinggal di negara lain dengan budaya dan cara belajar yang cenderung berbeda mengharuskan kamu untuk kuat agar tidak tumbang di tengah jalan! Jadi, coba uraikan dulu sebenarnya apa alasan dan tujuan yang mendorong kamu untuk kuliah di negara lain. 

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah Di Luar Negeri? Ikuti Tips Ini!

2. Gali Informasi secara Mendalam

Riset adalah hal krusial yang harus kamu lakukan sedini mungkin. Cari tahu semua hal tentang kuliah di luar negeri dari mulai yang berkaitan dengan perkuliahan sampai kebutuhan hidup. Beberapa hal yang bisa kamu gali informasinya adalah kualitas kampus yang kamu inginkan, informasi jurusan, lokasi kampus, transportasi, kontak penting, biaya hidup, hingga budaya. Banyak banget ‘kan PR-nya? Makanya, cicil seawal mungkin biar tidak kaget ya guys.

3. Belajar Bahasa adalah Keharusan!

belajar bahasa asing
unsplash/@wocintechchat

Ini sih pasti sudah pada tahu ya. Tapi jangan sampai kamu merasa bahasa yang pas-pasan cukup untuk modal kamu kesana. Bukannya tidak bisa, tapi sebisa mungkin asah dahulu kemampuan bahasa kamu agar sampai sana bisa mengurangi kesulitan. Caranya, ikuti kursus atau biasakan berinteraksi menggunakan bahasa yang digunakan di negara tujuan kamu. Mungkin kamu bisa mencari teman secara online buat pemanasan.

Baca Juga: Terbuai dengan Kelebihan Kuliah di Luar Negeri? Kamu Juga Harus Tahu Tantangannya!

4. Menjalin Koneksi dan Mengenal Budaya Negara yang Dituju

Berkaitan dengan poin sebelumnya, ada baiknya kamu menjalin koneksi dengan orang-orang yang membuatmu semakin mantap kuliah di luar. Misalnya, menjalin pertemanan dengan orang dari negara tujuan kamu agar bisa mengenal budayanya. Kamu juga bisa mencari kenalan mahasiswa yang sedang atau pernah berkuliah disana. Dengan begitu, kamu bisa mendapat “kisi-kisi” dan saran agar bisa bertahan di negeri asing.

5. Mempersiapkan Biaya dan Rencana Keuangan

Jujur saja, rencana keuangan bukan sebuah persiapan yang sering dilupakan. Namun, tidak sedikit juga yang menjadi urung setelah melihat sejumlah biaya yang harus disiapkan untuk hidup dan kuliah di luar negeri. Jika kemudian hal itu menjadi kendala, masih ada kok berbagai cara untuk memenuhi poin ini.

Cara yang bisa kamu pilih adalah dengan berburu beasiswa, mencari beasiswa parsial, program student loan, atau berkonsultasi dengan ahli untuk mencari alternatif lainnya. Di luar negeri, kamu bisa bekerja paruh waktu karena banyak tempat yang menyediakan bayaran yang layak dan bisa meringankan  biaya hidup kamu. Tapi, pastikan aktivitasmu tidak mengganggu studi yang menjadi tujuan utama kamu ya!

6. Jangan Lupa Siapkan Dokumen Pendukung

dokumen pendukung
unsplash/@2hmedia

Meski penting, persiapan di poin ini rentan menghambat jika ternyata dokumen yang seharusnya dipersiapkan tidak semuanya terpenuhi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh waktu persiapan yang mepet sehingga dokumen-dokumen tidak terkumpul tepat waktu. Dengan demikian, ada baiknya kamu buat daftar dokumen yang perlu disiapkan seawal mungkin dan segera tuntaskan urusan berkas ini.

Baca Juga: Siap Kuliah di Luar Negeri? Pastikan Dulu Dokumen Ini!

7. Wajib Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan kebutuhan wajib untuk para pelajar internasional. Bahkan beberapa negara  seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia mewajibkan para mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan. Kamu bisa memilih asuransi kesehatan yang direkomendasikan oleh universitas atau asuransi sendiri.

Baca Juga: Tips Zhafira Aqyla buat Bertahan Hidup saat Jadi Mahasiswa di Jepang

Nah, demikian hal-hal yang wajib kamu lakukan untuk persiapan kuliah di luar negeri. Bagaimana, sudah siap melakukan tahapannya dari yang pertama? Untuk informasi pengembangan diri dan produktivitas lainnya, ikut terus DoCheck karena akan ada banyak informasi lain yang mendukung persiapan kuliah luar negeri. Kamu juga bisa menyusun to-do list dalam aplikasi DoCheck agar persiapanmu semakin matang.


Scroll to Top