time boxing untuk produktivitas

Time Boxing, Teknik Simpel untuk Meningkatkan Produktivitas


Time Boxing adalah teknik manajemen waktu yang sangat simpel untuk meningkatkan produktivitas. Melalui time boxing, kamu dapat melatih disiplin waktu dan mengatur aktivitas menjadi lebih terstruktur. Dilansir dari Skill Academy, time boxing bisa dijadikan tools untuk memanajemen waktu dan produktivitas.

Time Boxing membantumu untuk mengatur aktivitas sesuai durasi waktu tertentu dan berhenti mengerjakannya apabila waktu sudah habis. Sebagai contoh, kamu sudah merencanakan untuk menulis satu artikel selama satu jam, lalu kamu bisa tahu apakah tujuan kamu berhasil untuk merampungkan artikel dalam waktu satu jam?

Time Boxing untuk Produktivitas

Time boxing untuk maksimalkan produktivitasmu!
Time boxing untuk maksimalkan produktivitasmu! (Foto Vlada Karpovich via Pexels)

Beberapa benefit yang dapat kamu rasakan apabila menerapkan time boxing adalah meningkatkan produktivitas, selain itu apalagi? Simak ulasan dari MinCheck berikut ini, ya!

Bye bye, Wasting Time!

Time boxing membantu kamu untuk meminimalisir ‘buang-buang waktu’ karena kamu sudah punya jadwal yang jelas. Kamu jadi tahu list pekerjaan yang harus kamu selesaikan selanjutnya. Jadi, bisa meningkatkan produktivitasmu, deh! Kamu harus tahu bedanya produktif dan sibuk. Produktif berarti dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan terstruktur. Berbeda dengan produktif, sibuk memiliki banyak list pekerjaan namun tidak ada yang selesai.

Time Boxing untuk Meningkatkan Fokus

Apakah kamu salah satu orang yang susah untuk fokus? Nah, time boxing bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Dengan adanya time boxing, kamu bisa tahu urgensi dari pekerjaan yang akan kamu kerjakan.

Sebagai contoh, hari Senin kamu punya plan untuk menulis 2 artikel. Dimulai dari jam 08:00 WIB kamu menulis artikel. Kamu bisa fokus pada jam tersebut untuk menulis artikel. Next, jam 10:00 WIB kamu berencana istirahat sebentar untuk main game. Lanjut, jam 11:00 WIB kamu menulis artikel kembali. Dengan begitu, kamu akan fokus dan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.

Menghindari Perfeksionis yang Berlebihan

Mungkin kamu ingin pekerjaanmu sempurna. Namun, perfeksionis yang berlebihan juga gak bagus untuk produktivitasmu. Kamu akan terus-terusan berada di satu pekerjaan, jadinya gak selesai-selesai. Lalu, bagaimana caranya untuk mengukur seberapa bagus kualitas pekerjaanmu? Kamu bisa lakukan evaluasi dengan catatan setelah pekerjaanmu selesai, atau meminta feedback dari orang lain.

Cara Membuat Time Boxing

Kalau kamu tertarik untuk membuat time boxing, kamu bisa memulai dengan buat list yang akan dikerjakan. Coba deh, kamu list apa saja yang akan kamu kerjakan dalam satu hari. Kamu bisa pakai aplikasi to-do list biar list kamu tetap aman. Bikin to-do list nggak perlu lagi pakai pulpen dan kertas. Aplikasi DoCheck bisa kamu gunakan untuk merinci list kerjaan dan bisa kamu atur deadlinenya.

DoCheck sebagai aplikasi pengembangan diri dan produktivitas bantu kamu untuk membuat time boxing-mu lebih simpel. No ribet ribet club. Aplikasi DoCheck bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store. DoCheck bisa digunakan oleh pelajar SMA, mahasiswa, pekerja, dan masih banyak lagi. To-do list-mu aman bersama DoCheck!

Baca juga: Portofolio Kerja: Definisi dan Fungsinya


Scroll to Top