Tips lolos TPS dan TKA UTBK

Tips Lolos TPS dan TKA UTBK 2022, Cobain Yuk!


TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kemampuan Akademik) adalah bagian dari UTBK yang akan kamu hadapi sebentar lagi. Kedua tes ini akan menguji kemampuanmu untuk menghadapi perkuliahan nanti. Jika kamu kurang maksimal dalam menyelesaikan soal tersebut, maka poin yang akan kamu dapat bisa berkurang. Duh, jangan sampai ya!

Oleh karena itu, agar kamu bisa lolos TPS dan TKA UTBK 2022 dengan baik, kamu wajib tahu dulu materi apa saja yang akan diujikan dan tips menghadapinya. Jadi, kamu bisa menyusun strategi yang baik sebelum hari ujian datang. Karena persiapan yang matang akan membawamu kesuksesan. Tunggu apalagi? Yuk, ketahui bersama perbedaan, materi TPS dan TKA, serta tipsnya berikut ini!

Perbedaan TPS dan TKA UTBK 2022

Ketahui potensi terdalammu dengan TPS dan akademik melalui TKA
Ketahui potensi terdalammu dengan TPS dan akademik melalui TKA (Foto oleh Anastasiya Gepp / Pexels)

Tahukah kamu bahwa TPS dan TKA adalah dua ujian berbeda yang saling melengkapi? Jadi, TPS adalah sebuah ujian yang menguji kemampuan kognitif, logika, dan pemahaman umum. Sedangkan TKA adalah tes yang mengukur pemahaman kamu tentang materi pelajaran di sekolah. Melalui kedua tes ini, calon perguruan tinggi dapat melihat potensi diri kamu melalui TPS dan tingkat pemahaman akademikmu dari hasil TKA.

Menurut Prof. Intan Ahmad, Ph.D., Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, apabila ada seorang siswa yang penguasaan materi sekolahnya tidak terlalu bagus, tapi memiliki potensi kognitif yang cukup untuk lanjut ke jenjang perguruan tinggi. Mereka bisa mendapat kesempatan untuk masuk ke kampus yang ia inginkan. Jadi, semua anak memiliki kesempatan yang sama karena mereka dinilai tidak hanya dari satu kemampuan saja. Wah, mantap sekali ya!

Yuk, Cek Materi Ujian TPS dan TKA!

Matematika adalah salah satu ilmu yang diujikan di TPS dan TKA UTBK
Matematika adalah salah satu ilmu yang diujikan di TPS dan TKA UTBK (Foto oleh Andrea Piacquadio / Pexels)

Untuk TPS semua calon mahasiswa baik yang memilih Saintek, Soshum, atau campuran akan mendapat ujian yang sama. Namun, untuk TKA dibagi dua berdasarkan kelompok jurusan yang kamu pilih. Dilansir dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) di bawah ini adalah rincian materi ujiannya:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS): Penalaran Umum (PU), Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), Pengetahuan Kuantitatif (PK), serta Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU). Untuk Pengetahuan Kuantitatif akan berisi tentang Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek: Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia.
  • TKA Soshum: Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Baca juga: Serba-Serbi UTBK 2022, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Tips Lolos TPS dan TKA UTBK 2022

Catat! Tips lolos TPS dan TKA UTBK 2022
Catat! Tips lolos TPS dan TKA UTBK 2022 berikut ini (Foto oleh Tirachard Kumtanom / Pexels)

Jika kamu masih merasa belum yakin dengan persiapan yang sudah kamu lakukan saat ini, kamu bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini agar peluang kamu lolos TPS dan TKA dengan hasil memuaskan meningkat. Yuk, cek bersama tipsnya di sini!

1. Practice Makes Perfect!

Tidak ada cara terbaik untuk lolos TPS dan TKA UTBK selain rajin berlatih. Mengapa demikian? Sebab ketika kamu giat mengerjakan soal ujian tersebut, otakmu akan mengingatnya dan membuatmu menjadi semakin cepat mengerjakannya. Terlebih lagi, kepercayaan diri kamu akan meningkat karena kamu sudah terbiasa mengerjakan soal dan tahu cara menyelesaikannya.

Kenapa kepercayaan diri dan kecepatan menjawab pertanyaan sangat penting untuk UTBK? Karena waktu yang kamu miliki sangat terbatas, sedangkan jumlah soal yang harus kamu jawab ada banyak. Jadi, sangat baik untuk kamu rutin berlatih agar ketika ujian kamu bisa menyelesaikan dengan cepat, tepat, dan yakin.

2. Buatlah Kelompok Belajar Bersama Teman!

Jika kamu sering kali kehilangan semangat untuk belajar, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk belajar bersama. Tidak hanya itu, ada banyak juga manfaat dari belajar kelompok loh! Dikutip dari suara.com ada tujuh manfaat yang bisa kamu rasakan dari belajar bersama teman. Yuk, simak apa saja manfaatnya di bawah ini!

  • Membantu meningkatkan pemahaman;
  • Mendapat lebih banyak ide;
  • Membangun kepercayaan diri;
  • Melatih kemampuan komunikasi;
  • Meningkatkan kemampuan mendengar;
  • Menambah keterampilan belajar.

3. Atur Study Plan-mu!

Materi yang harus kamu kuasai untuk lolos TPS dan TKA UTBK ada banyak. Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam membagi waktumu agar bisa mempelajari semua materi ujian. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat daftar mata pelajaran dimulai dari yang paling sulit ke yang mudah, lalu tentukan berapa lama kamu mempelajari setiap mata pelajaran tersebut. Misalnya untuk Matematika kamu ingin belajar selama 2 jam. Nah, selama durasi tersebut kamu harus fokus pada pelajaran itu. Tidak boleh membuka hp atau mengerjakan hal lain selain latihan soal Matematika.

Kemudian, sekarang membuat rencana belajar pun semakin gampang karena ada aplikasi DoCheck! Kamu bisa membuat to-do list dengan cepat di hpmu dan menambahkan referensi link soal pada catatanmu. Selain itu, jika kamu lupa dengan batas waktu belajar yang kamu buat untuk setiap mata pelajaran, DoCheck dapat bantu mengingatkanmu dengan fitur notifikasi. Jadi, study plan-mu dapat terencana dengan baik dan sempurna!

4. Jangan Lupa Istirahat yang Cukup!

Kamu sudah belajar dengan keras sepanjang hari. Maka, tubuh dan otakmu berhak mendapat istirahat yang cukup. Mengapa itu penting? Karena ketika kamu datang ke tempat ujian dalam kondisi fisik dan otak yang lelah, kamu tidak akan bisa berkonsentrasi penuh dan mudah mengantuk. Akibatnya, segala usaha yang kamu lakukan bisa jadi sia-sia karena kamu tidak fokus. Oleh sebab itu, usahakan hindari belajar hingga larut malam. Kamu harus tidur selama minimal 8 hingga 10 jam/hari.

Itu dia perbedaan, materi, dan tips lolos TPS dan TKA UTBK 2022. Semoga informasi ini dapat membantumu menjadi semakin siap menghadapi UTBK yang tinggal menghitung hari. Jika kamu membutuhkan rekomendasi aktivitas produktif dan tips agar bisa mencapai tujuanmu, kamu bisa dapatkan to-do list tersebut hanya di DoCheck. Yuk, download sekarang GRATIS di Play Store dan App Store!

Baca juga: Menyusun Jadwal Belajar Dengan 5 Tips Sederhana Ini


Scroll to Top