tips-membuat-cv-terlihat-outstanding-auto-dilirik-hrd

Tips Membuat CV Terlihat Outstanding, Auto Dilirik HRD!


Apakah kamu tahu? HRD melihat CV kamu hanya dengan waktu 10 detik saja loh! Karena saat ini, kebanyakan perusahaan telah menerapkan sistem ATS untuk menyeleksi pelamar mana yang layak lolos ke tahap selanjutnya. Ngomong-ngomong, ATS  itu apa sih? Buat kamu yang belum tau, ATS (Applicant Tracking System) adalah jenis aplikasi yang digunakan oleh HR atau perekrut di sebuah perusahaan. 

Baca juga CV ATS Friendly, Selangkah Lebih Dekat Menarik Perhatian HRD!

Nah, biar CV yang kamu buat dapat dikemas secara profesional dan menarik, ada 7 tips yang bisa kamu lakukan. Selain itu, tips ini juga dapat memberikan peluang yang besar untuk dipanggil interview, simak tipsnya di bawah ini:

1. Gunakan Kata Kunci yang Sesuai dengan Kriteria Pekerjaan

Tips pertama yang mesti kamu lakukan adalah kaitkan isi CV dengan kata kunci yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Misalnya, kamu ingin melamar sebagai content writer di suatu perusahaan, yang disebutkan kriterianya yaitu; harus memahami SEO, detail oriented, dan analytical skills. Kamu bisa memasukkan kata kunci tersebut pada bagian deskripsi profil kamu.

Hal ini bermaksud untuk lebih meyakinkan HRD bahwa kamu berkompeten untuk mendapatkan posisi pekerjaan tersebut. Selain dapat dimasukkan ke dalam CV, kata kunci tersebut juga dapat kamu cantumkan di akun LinkedIn kamu loh! Tapi ada satu syarat untuk tips ini, jangan sampai menuliskan informasi yang tidak valid mengenai  kompetensi diri kamu ya!

2. Hindari Memakai Elemen, Manfaatkan Bullet Point

Agar CV kamu terlihat profesional, sebaiknya hindari menggunakan elemen-elemen seperti grafik, ikon desain, dan sebagainya. Kamu dapat menggunakan bullet point untuk menjelaskan deskripsi singkat mengenai isi CV kamu terkecuali untuk deskripsi profil. Selain itu, hindari penulisan berbentuk paragraf apalagi paragraf yang terlalu panjang, karena hal itu akan menyulitkan HRD untuk memahaminya.

3. Pakai Gaya Bahasa yang Menarik Namun Tetap Formal

Pakailah gaya bahasa yang menarik namun tetap terkesan formal jika dibaca. Pilihlah kata-kata yang dapat meyakinkan HRD akan kompetensi dan pengalaman yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki pengalaman menjadi customer service suatu bank, kamu dapat menuliskan dengan cara; melayani dan membantu mengatasi kendala pada lebih dari 15 nasabah setiap harinya.

4. Gunakan Font yang Bisa Dibaca dengan Jelas

Selanjutnya, pastikan font yang kamu pakai dalam CV kamu dapat dibaca dengan jelas dan profesional. Ada beberapa rekomendasi font yang umumnya digunakan seperti Calibri, Roboto, Times New Roman, dan Arial.

5. Cantumkan Kontak Pribadi yang Masih Aktif

Pastikan juga untuk selalu mencantumkan kontak pribadi seperti email dan nomor handphone yang masih aktif. Karena hal ini sangat penting untuk HRD dalam menghubungi kandidat yang lolos ke tahap berikutnya. Selain itu, penting juga untuk mencantumkan alamat email dengan nama profesional.

6. Meminimalisir Kesalahan Informasi

Selanjutnya, sangat penting untuk kamu perhatikan adalah jangan sampai terdapat kesalahan informasi di dalam CV. Hindari kesalahan penulisan seperti typo, memasukkan informasi yang tidak penting seperti riwayat pendidikan dari TK hingga kuliah, dan sebagainya. Pastikan juga bahwa seluruh informasi yang kamu tuliskan memang berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan.

7. Perbanyak Referensi dari Orang Lain

Jika kamu masih bingung untuk membuat CV dengan baik dan menarik atau kamu masih ragu dengan apa yang telah kamu tuliskan. Hal yang bisa kamu lakukan adalah, memperbanyak referensi dari orang lain. Hal ini tentunya akan sangat membantu kamu dalam membuat konsep CV yang outstanding. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai platform online yang menyediakan template CV yang ATS friendly.

Itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk meng-upgrade CV kamu biar lebih outstanding dan dapat memikat perhatian HRD. Harapannya beberapa tips diatas dapat membantu kamu untuk meraih pekerjaan yang kamu inginkan. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Biar CV kamu dilirik HRD, yuk temukan To-Do List untuk membuat CV di aplikasi DoCheck dan segera download melalui playstore di sini.


Scroll to Top