Tips Membuat Konten "Emosional" ala Levina Purnamadewi

Tips Membuat Konten “Emosional” ala Levina Purnamadewi


Saat ini profesi content creator sangat banyak peminatnya. Mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa pun mencoba membuat konten yang menarik perhatian audiens. Karena jumlah pembuat konten semakin banyak, akhirnya timbul persaingan untuk menjadi nomor satu. Salah satu kreator konten yang berhasil mencuri hati publik dengan konten “emosional” adalah Levina Purnamadewi.

Saat di undang di webinar “Be A POP Star” DoCheck, ia mengatakan bahwa cara untuk memenangkan hati masyarakat adalah dengan membangun koneksi emosional melalui konten tersebut. Wah, seperti apa nih caranya? Sebelum membahas lebih jauh, lebih baik kamu kenalan dulu yuk dengan Co-founder Menjadi Manusia, Levina Purnamadewi!

Levina Purnamadewi: Sosok Hebat Di Balik “Menjadi Manusia”

Levina Purnamadewi
Levina Purnamadewi, sosok dibalik konten “emosional” Menjadi Manusia

Siapa bilang menjadi seorang wanita tidak bisa menjadi pemimpin? Levina Purnamadewi adalah salah satu contoh wanita Indonesia yang berhasil membangun platform berbagi cerita “Menjadi Manusia” dan seorang social media specialist yang handal. Keren banget, ya! Oleh karena itu, tidak heran dia dapat menemukan cara untuk menarik perhatian orang-orang dengan konten viral miliknya.

Bahkan, setiap konten yang ia buat bersama timnya di Instagram “Menjadi Manusia” selalu mendapat ribuan likes dari orang-orang. Bagaimana bisa? Jika kamu perhatikan, semua kontennya memang sangat keren baik secara visual maupun kandungannya. Semua orang yang melihat bisa merasa terhubung dengan tulisan, video, dan gambarnya.

Selain jago dalam bidang media sosial, ternyata Levina juga mampu berbahasa Belanda, loh! Ia adalah lulusan dari Universitas Indonesia dengan program studi bahasa Belanda. Hebat banget, bukan? Cocok jadi panutan content creator Indonesia!

Be a POP Star Webinar: “Bikin Koneksi Emosional dengan Konten Digital”

Be a POP Star Webinar bersama Levina Purnamadewi

Nah, pada tanggal 14 April 2022, DoCheck berkesempatan untuk mengetahui cara membangun koneksi emosional melalui konten bersama Levina Purnamadewi. Selama sesi webinar “Be A POP Star” tersebut, Levina berbagi banyak hal tentang dunia perkontenan. Mulai dari macam emosi manusia hingga langkah – langkah membuat konten kece dengan pendekatan emosional.

Contohnya adalah menurut Levina, perasaan manusia itu ada berbagai macam. Mulai dari senang, sedih, marah, takut, kaget, dan risih. Oleh karena itu, sebagai pembuat konten kamu harus tahu bagaimana membuat konten yang sesuai dengan masing-masing emosi manusia. Jadi, orang-orang akan tertarik dengan karyamu.

Kemudian, ia pun menceritakan bahwa tiga tahapan yang penting baginya sebelum membuat konten adalah mengenal target audiens, mempelajari kebiasaan digital mereka, dan menentukan tujuan membuat konten. Tanpa tiga unsur ini, kamu akan sulit membuat konten “emosional” yang baik. Gimana menarik bukan? Jika kamu penasaran seperti apa langkah-langkahnya, yuk simak to-do list di bawah ini!

To-do List Buat Konten “Emosional” ala Levina

To-do list membuat konten emosional dari Levina di DoCheck
To-do list membangun koneksi emosional oleh Levina di DoCheck

Mengapa sih sangat penting untuk menghubungkan emosi dengan konten? Berdasarkan pengalaman Levina, konten yang memiliki ikatan emosional akan mudah diingat, lebih banyak dibagikan ke orang lain, mampu mempengaruhi pilihan seseorang, dan membuat audiens memiliki koneksi tersendiri dengan produk. Lantas, bagaimana cara menerapkannya?

  1. Cari Tujuanmu Membuat Konten: Sebelum kamu membuat konten, kamu harus tahu apa pesan yang ingin kamu sampaikan kepada audiensmu. Misalnya konten “Menjadi Manusia” memiliki tujuan untuk membantu orang-orang dengan masalah hidupnya. Oleh karena itu, strategi yang mereka lakukan adalah menggunakan storytelling.
  2. Tentukan Target Audiens: Kamu harus memiliki gambaran taget audiens yang ingin kamu raih. Karena jika kamu paham betul audiensmu, kamu bisa membuat konten kece yang cocok dengan mereka serta memiliki nilai lebih daripada kreator konten lainnya.
  3. Kenali Kebiasaan Mereka dalam Dunia Digital: Menurut Levina, dengan menganalisis kebiasaan target audiens kamu bisa mengetahui jenis konten yang mereka sukai. Jadi, kamu tidak akan salah membuat konten.
  4. Mulai Membuat Konten dan Coba: Apabila ketiga hal di atas telah kamu kumpulkan datanya, mulailah membuat konten! Karena jika kamu tidak pernah mencoba membuatnya, kamu tidak akan tahu apakah orang-orang menyukainya atau tidak? Jadi, yuk buat konten!
  5. Ambil Pelajaran dari Setiap Konten yang Dibuat: Di dalam hidup ini, ada saatnya naik dan turun. Begitu juga dengan dunia digital. Terkadang kontenmu mendapat respon positif, tapi ada juga masanya hasilnya kurang baik. Oleh sebab itu, ambillah pelajaran dari setiap konten yang kamu buat. Jadi, kamu tidak akan mengulang kesalahan yang sama.

Itu dia tips membuat konten “emosional” ala Levina Purnamadewi. Jika kamu tidak mau kelupaan dengan to-do list ini, kamu bisa download DoCheck di PlayStore dan AppStore GRATIS! Jadi, kamu akan terus bertumbuh dan menjadi content creator handal seperti Levina Purnamadewi!

Baca juga: Esther Natalia dan Peran To-do List dalam Hidupnya


Scroll to Top