Esther Natalia To-do List Waktu DoCheck

Esther Natalia dan Peran To-do List dalam Hidupnya


Di tengah kegiatan Esther Natalia yang padat, to-do list ternyata berperan sekali dalam membantu aktivitasnya agar tetap produktif. Untuk kamu seorang pelajar, mahasiswa, ataupun pekerja, bisa juga mengikuti jejaknya untuk membuat to-do list. Ada tips to-do list dan mengatur waktu dari Esther Natalia yang bisa diterapkan untuk menunjang produktivitasmu. Mungkin kamu yang follow Esther Natalia, sudah tau dia siapa, tapi, baiknya kenalan lagi siapa sih sosok content creator yang sering muncul di FYP (For Your Page) TikTok-mu ini.

Siapakah Esther Natalia?

Akun Instagram Esther Natalia

Esther Natalia Dominiq Lubis atau Esther Natalia adalah seorang content creator yang aktif di Instagram dan TikTok. Dengan mottonya yang berbunyi “Use your voice for the voiceless“, Esther nggak hanya membuat konten tetapi juga membentuk platform untuk anak muda agar lebih produktif bernama Produktifkuy. Saat ini, ia berumur 21 tahun dan merupakan seorang mahasiswi semester 6 Fakultas Hukum di Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga: Pentingnya To-Do-List Untuk Manajemen Waktu

Konten di sosial medianya sangat beragam. Mulai dari kesehariannya, tips produktif, opini pribadi, dan konten inspiratif. Buat kamu para pelajar yang tertarik belajar di Fakultas Hukum atau penasaran sama Universitas Gadjah Mada, bisa follow dan cek sosial medianya ya.

Dilihat dari LinkedIn-nya, Banyak sekali pengalaman yang dimiliki oleh Esther, mulai dari sebagai Founder & CEO Produktifkuy, pernah menjadi Social Media Officer di Indosat Ooredoo, Manager TikTok Talent di Akademis.id, dan lainnya. Wah, keren banget ya! Kamu mau punya banyak pengalaman sepertinya? Bisa dicoba dari sekarang mengasah skills di bidang yang kamu tuju dan coba terjun ke dunia tersebut.

To-do List, Time-management, dan Produktivitas Esther Natalia

Be a POP Star Webinar by DoCheck ID

Saat Be a POP Star Webinar: “How To-do List Can Save Us During The Pandemic”, Esther menjelaskan mengenai to-do list dan manajemen waktu. Menurutnya, time-management, to-do list, dan produktif, itu adalah 3 hal yang saling berkaitan. Ada juga istilah MIT (Most Important To-do/Task) atau hal-hal yang penting untuk dilakukan hari itu. Untuk dapat melakukan MIT dan kegiatan lainnya dengan baik, diperlukan manajemen waktu yang teratur.

Baca Juga: MIT: Apa dan Bagaimana Cara Menentukannya

Esther menjelaskan bahwa to-do list sangat dibutuhkan dalam hidupnya karena tidak semua kegiatan bisa diingat. Untuk bisa mengelola waktu dengan baik, kamu juga perlu dibantu oleh tools yang ada, seperti aplikasi to-do list, sticky notes, atau daily journal. Smartphone sekarang sudah canggih-canggih ya, jadi bisa dimanfaatkan untuk hal yang baik biar nggak hanya dipakai scrolling timeline aja.

Ada beberapa alasan mengapa perlu membuat to-do List. Yang pertama, dengan to-do list, waktu dan hasil dari kegiatan atau tugasmu akan terukur. Selain itu, rincian kegiatan akan lebih tertata jelas dan rapi. Dengan begitu, waktu dalam satu hari dapat dipakai dengan sempurna. Dampak lainnya adalah keputusan yang kamu menjadi lebih produktif, bisa juga coba journaling agar lebih rajin dan salah satu cara koping yang baik.

Tips Membuat To-do List

Ada kiat-kiat yang bisa kamu lakukan agar to-do list-mu menjadi efektif sebagai penunjang produktivitas. Sering kali, sudah lelah-lelah membuat rincian kegiatan, eh nggak ada yang dilakukan. Atau mungkin bisa jadi alokasi waktunya kurang akurat. Untuk mengatasi kendala tersebut, agar to-do list-mu dapat terpakai dengan baik, bisa ikut tips berikut ini:

  1. Break It Up: Membagi sesuatu yang besar menjadi kecil.
  2. Prioritize Ruthlessly: Buatlah prioritas apa yang harus dilakukan.
  3. Plan Ahead: Merencanakan keseharian dari hari sebelumnya.
  4. Be Realistic: Harus realistis dengan pastikan energi dan waktunya sesuai apa saja tugas yang bisa dilakukan
Esther Natalia To-do List DoCheck
Kamu bisa menemukannya di aplikasi DoCheck
Esther Natalia To-do List DoCheck
Untuk menyalin to-do listnya bisa klik yang di tanda panah merah

Tapi.. biasanya ada banyak gangguan pas mau produktif, itu gimana ya?” Okay, distraksi setiap hari itu pasti ada, tetapi kamu harus ingat tujuanmu agar bisa melewati gangguan itu. Kalau kamu kurang termotivasi dengan tujuan mungkin bisa mengambil orang lain sebagai motivasi seperti Esther. Eits, bukan untuk jadi bahan insecure ya tapi justru bahan bakar semangat. Ketika melakukan kegiatan yang produktif pun harus percaya bahwa hard work paid off biar lebih semangat.

Tips Mengatur Waktu Ala Esther Natalia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, to-do list berkaitan dengan cara mengatur waktu. Seorang Esther Natalia yang kegiatannya banyak memiliki tips tersendiri untuk mengatur waktunya lho. Ada yang namanya Work Productivity Tracker, bisa dicatat harian, mingguan, dan bulanan. Perencanaan itu sangat penting terutama kalau kegiatan yang perlu dilakukan bermacam-macam dan padat.

Baca Juga: 5 Metode Mengatur Waktu yang Efektif dan Populer

1. Tentukan Goals dengan Benar

Ketika membuat goals suatu kegiatan, kamu tidak bisa asal-asalan. Akurasi dari goals tersebut itu harus jelas. Buatlah goals secara spesifik, dari waktu, tujuan, bagaimana cara mencapainya, dan rincian lainnya.

2. Prioritaskan dengan Bijak

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam satu hari. Kamu harus bijak dalam menentukan prioritas mana yang perlu dilakukan biar nggak salah arah. Kadang ada yang suka terbalik prioritasnya dan itu tidak baik untuk produktivitas. Misalnya kamu ingin mengatur waktu antara kuliah dan organisasi. Ternyata kamu lebih condong ke organisasi dan kuliahnya terbengkalai, nah itu adalah contoh yang buruk ya, seharusnya kuliah yang diprioritaskan.

3. Buatlah Batasan Waktu

Dalam satu hari itu ada 24 jam, tetapi tidak bisa semua kegiatan/tugas kamu kerjakan dalam sehari. Berarti, kamu harus mengatur waktu dengan baik dan memahami batasannya. Jangan berlebihan sampai mengganggu waktu istirahatmu dan jangan kekurangan dari target waktu yang telah dibuat.

4. Luangkan Waktu Istirahat

Sesibuk apapun kamu, sebanyak apapun kegiatan yang perlu dilakukan, jangan melupakan istirahat. Kamu harus menjaga kesehatan dan salah satunya dengan cara istirahat yang cukup. Pentingnya mengatur waktu dengan baik, bukan hanya pekerjaan saja yang terlaksana, tetapi waktu istirahat juga harus seimbang.

5. Atur Dirimu Sendiri

Dalam mengatur waktu, segala kontrol ada di dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu perlu memiliki self-control yang baik. Hindari bermalas-malasan dan prokrastinasi untuk mengatur waktu dengan baik.

Baca Juga: Arti Self-healing dan Cara Terbaik Melakukannya

6. Hilangkan Sesuatu yang Tidak Penting

Sama halnya seperti prioritas, kamu juga perlu menghilangkan sesuatu yang tidak penting. Sesuatu ini dapat berupa orang, kegiatan, tugas, dan lainnya. Ada metode yang namanya Do, Delegate, and Done. Kamu harus mengatur mana saja yang bisa kamu kerjakan sendiri dan mana yang bisa kamu bagi dengan orang lain.

7. Plan Ahead

Tips yang terakhir adalah rencanakan kegiatanmu sejak hari sebelumnya atau mungkin minggu sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih akurat mengatur kegiatan apa saja di waktu yang ingin ditentukan. Untuk menghindari adanya tabrakan jadwal dan agar lebih teratur ketika hari-H tiba.

Semoga kamu jadi terinspirasi untuk meningkatkan produktivitas dengan to-do list juga ya. Untuk membantumu merencanakan kegiatan, segera download aplikasi DoCheck secara gratis di Google Play Store atau App Store.


Scroll to Top