Ingin kuliah gratis? Yuk, coba 5 tips mendapat beasiswa ini!

Ingin Kuliah Gratis? Yuk, Coba 5 Tips Dapat Beasiswa Ini!


Biaya kuliah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Bahkan, beberapa anak Indonesia tidak bisa melanjutkan pendidikannya karena kendala biaya. Namun, kamu jangan khawatir! Karena sekarang ada banyak instansi yang memberikan beasiswa untuk membantumu kuliah di perguruan tinggi impianmu. Jadi, kamu bisa kuliah dengan gratis. Contohnya saja LPDP, beasiswa Djarum, dan beasiswa dari kampus itu sendiri. Memangnya selain kuliah tanpa biaya, apa saja keuntungan mendapat beasiswa? Lalu apa tips dapat beasiswa?

Kamu akan mendapat jaringan yang luas, menambah riwayat prestasi akademik, mendapat undangan untuk memberi motivasi pada para calon pemegang beasiswa selanjutnya, dan peluang mendapatkan pekerjaan impian pun semakin besar. Wah, menarik sekali bukan? Apakah kamu jadi tertarik untuk mendapat tips beasiswa? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Tips Dapat Beasiswa Kuliah

1. Lakukan Riset Untuk Mendapat Beasiswa Impian

Yuk, rajin gali informasi tentang program beasiswa!
Yuk, rajin gali informasi tentang program beasiswa! (Foto oleh Buro Millennial/ Pexels)

Tahukah kamu bahwa beasiswa ada beragam jenisnya? Ya, bantuan biaya pendidikan ini dibedakan berdasarkan penyelenggara dan bentuk pembiayaan. Kemudian, biasanya ada persyaratan khusus untuk beberapa beasiswa. Contohnya adalah beasiswa penghargaan yang hanya diberikan kepada siswa berprestasi atau mahasiswa jurusan tertentu. Oleh karena itu, kamu wajib melakukan riset mendalam tentang program beasiswa yang ingin kamu dapatkan.

Bagaimana cara menggali informasinya? Kamu bisa bergabung dengan komunitas pemburu beasiswa atau melalui akun-akun di media sosial yang berfokus pada pendidikan. Di sana kamu bisa bertanya dan mendapat informasi terbaru tentang pembukaan program bantuan pendidikan ini. Setelah kamu mendapat informasinya, jangan lupa untuk membuat daftar yang rapi dan lengkap! Jadi, kamu akan mudah untuk mengecek dan menyeleksi beasiswa yang tidak cocok denganmu.

Baca Juga: Daftar Beasiswa Kuliah Menarik yang Bisa Kamu Coba

2. Konsultasikan dengan Guru dan Orang Tua

Jangan ragu untuk konsultasi dengan guru atau orang tuamu!
Jangan ragu untuk konsultasi dengan guru atau orang tuamu! (Foto oleh Kampus Production/ Pexels)

Kamu pasti pernah mendengar nasihat, “malu bertanya sesat di jalan”. Nah, kalimat ini memang benar adanya terutama dalam memutuskan beasiswa mana yang akan diambil. Jika kamu tidak bertanya kepada guru atau orang tuamu, kamu akan kesulitan untuk memilih beasiswa yang tepat dan kemungkinan untuk tidak teliti dalam memahami persyaratan beasiswa ini akan semakin besar. Oleh karena itu, kamu membutuhkan orang lain yang lebih berpengalaman dan bijak untuk membantumu.

3. Pilih Beasiswa yang Cocok denganmu!

Pilihlah beasiswa yang pas denganmu!
Pilihlah beasiswa yang pas denganmu! (Foto oleh Steve Johnson/ Pexels)

Setelah membuat daftar program beasiswa dan berkonsultasi dengan guru atau orang tuamu, saatnya memilih beasiswa yang pas denganmu. Bagaimana cara memilihnya? Berikut daftar yang harus kamu perhatikan ketika memilih beasiswa:

  • Periksa persyaratan beasiswa: Ada beberapa beasiswa yang memintamu untuk melakukan pengabdian atau bekerja di perusahaan penyelenggara. Jika kamu tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut, kamu bisa dikenai denda loh! Karena itulah, perhatikan persyaratan ini.
  • Sesuaikan dengan universitas dan jurusanmu: Terkadang beasiswa yang diberikan hanya berlaku untuk universitas dan jurusan tertentu. Jadi, kamu harus sesuaikan dengan universitas dan jurusan yang kamu pilih atau tekuni sekarang.
  • Cek cakupan biaya yang ditanggung: Tidak semua beasiswa akan membiayai seluruh biaya pendidikanmu. Ada juga yang hanya memberikan bantuan untuk beberapa semester. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa cakupan biaya yang ditanggung cukup untuk kuliahmu nanti.

Baca juga: DoCheck Guide: Untuk Pelajar dan Mahasiswa

4. Persiapkan Berkas Persyaratan dengan Matang!

Persiapkan berkas dengan matang agar mendapat beasiswa impian!
Persiapkan berkas dengan matang agar mendapat beasiswa impian! (Foto oleh Kindel Media/ Pexels)

Tips dapat beasiswa selanjutnya adalah kamu harus siapkan berkas persyaratannya dengan matang! Memangnya apa saja yang harus dipersiapkan? Menurut Pahamify, ada 8 hal yang harus kamu siapkan untuk mendaftar beasiswa S1. Yuk, perhatikan daftar berkasnya di bawah ini!

  • Formulir pendaftaran beasiswa;
  • Surat keterangan dari sekolah bahwa kamu terdaftar dan berstatus pelajar aktif dan sedang tidak menerima beasiswa dari lembaga manapun;
  • CV (Curriculum Vitae);
  • Foto berwarna 3 x 4;
  • Fotokopi KTP atau Kartu Pelajar;
  • Fotokopi Kartu Keluarga;
  • Transkrip nilai atau rapor dari semester 1 sampai akhir.

5. Latihan Tes Seleksi Agar Lolos Mendapat Beasiswa!

Latihan interview agar lolos mendapat beasiswa
Latihan interview agar lolos mendapat beasiswa (Foto oleh Christina Morillo/ Pexels)

Pada umumnya, ketika kamu mendaftar untuk mendapat beasiswa, kamu harus menghadapi beberapa tes seleksi. Misalnya adalah wawancara, bahasa Inggris, psikotes, dan kemampuan akademik. Oleh karena itu, kamu harus rajin latihan soal mulai dari sekarang agar bisa lolos mendapat beasiswa yang diinginkan. Kamu bisa mengikuti les bahasa Inggris, meminta tolong teman atau guru untuk persiapan wawancara, dan mengerjakan latihan soal dari buku-buku psikotes dan tes kemampuan akademik. Tadi adalah lima tips dapat beasiswa yang bisa kamu lakukan.

DoCheck Guide: Scholarship Hunters

Sekarang kamu sudah tahu to-do list yang harus kamu lakukan untuk mendapat beasiswa impian. Cukup mudah, bukan? Nah, agar kamu tidak lupa dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa pakai DoCheck untuk membantumu mengatur kegiatan. Yuk, intip caranya berikut ini!

1. Tambahkan Goals yang Ingin dicapai

Tentukan goals-mu
Klik lingkaran hitam di tengah untuk menambahkan Goals
Ingat, beri nama dan keterangan pada goal!
Ingat, beri nama dan keterangan pada Goal-mu!

Sebelum kamu membuat to-do list, kamu harus membuat dulu goals-nya. Karena tanpa goals, aktifitasmu tidak akan terarah dengan baik. Lantas, bagaimana caranya? Di DoCheck kamu bisa tambahkan tujuanmu dengan klik lingkaran hitam di tengah. Kemudian, jangan lupa untuk memberi nama dan keterangan pada goal yang kamu buat ya!

2. Jangan Lupa Tambahkan Task!

Klik "Tambahkan Task" untuk menambah to-do list
Klik “Tambahkan Task” untuk menambah to-do list
Tuliskan apa yang akan kamu lakukan di Task
Tuliskan apa yang akan kamu lakukan di Task

Setelah selesai membuat goal, saatnya menambahkan langkah – langkah mendapat beasiswa tersebut di “Task”. Kamu tinggal klik “Tambahkan Task” dan nanti akan muncul kolom yang harus kamu isi. Contohnya seperti judul, tanggal, pengingat, orang yang ingin kamu undang, dan link referensi. Gunanya menambahkan link apa? Jadi, kamu tidak perlu repot membuka Google lagi. Asik bukan?

3. Akhirnya, To-do List Sudah Jadi!

Akhirnya, to-do list sudah jadi
Tampilan to-do list yang kamu buat
Klik titik tiga di pojok kanan untuk menambah task atau pin goals
Klik titik tiga di pojok kanan untuk menambah task atau pin goals

Setelah kamu selesai menambahkan kegiatan pada kolom “Task“, akhirnya to-do list yang kamu buat sudah jadi! Jika kamu sudah selesai dengan salah satu aktivitas, kamu bisa klik task tersebut untuk menandainya. Lalu, jika terlupa dengan goal yang dibuat bagaimana? Tenang saja! Kamu bisa pin goal kamu agar muncul di halaman pertama beranda akunmu. Caranya adalah dengan klik titik tiga pojok kanan. Selain itu, kamu juga bisa “edit goals” untuk menambahkan atau mengganti to-do list-mu, loh! Jadi, kamu tidak perlu membuat daftar yang baru jika ada yang terlewat.

Demikian lima tips dapat beasiswa yang bisa kamu coba mulai dari sekarang. Jadi, ketika waktu pendaftaran sudah dibuka, semua berkas dan kemampuan yang akan diuji sudah siap dengan sempurna. Mantap jiwa!

Selain itu, agar persiapanmu semakin matang, yuk download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store! Dengan DoCheck kamu bisa buat to-do list yang harus kamu lakukan untuk mendapat beasiswa. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan link di daftar aktivitasmu sehingga kamu gak perlu cari-cari lagi di Google. Praktis bukan? Ayo, cobain sekarang!

Baca juga: To-do List: Membuat Daftar Kegiatan untuk Manajemen Waktu


Scroll to Top