Beasiswa Kuliah yang Bisa Kamu Coba DoCheck

Daftar Beasiswa Kuliah Menarik yang Bisa Kamu Coba


Kuliah di luar negeri maupun dalam negeri bukan sesuatu yang murah, tetapi jangan khawatir, ada enam daftar beasiswa kuliah yang bisa dicoba. Banyak sekali jenis beasiswa yang dapat kamu temukan di internet atau pusat informasi universitas. Kalau kamu tertarik mengikuti beasiswa, ada tahapan-tahapan yang perlu diikuti.

Mendapatkan beasiswa tidak hanya berupa bantuan finansial saja sebagai benefit-nya. Manfaat lain juga tidak kalah menggugah untuk kamu pengincar beasiswa. Penasaran apa saja daftar beasiswa dan manfaat yang bisa didapatkan? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Manfaat Mendapatkan Beasiswa

Beasiswa ada dua jenis, beasiswa parsial dan beasiswa penuh. Beasiswa parsial hanya mencakup biaya studi. Sedangkan beasiswa penuh mencakup biaya hidup dan akomodasi. Beasiswa juga biasanya ada yang full selama masa kuliah, ada juga yang hanya persemester. Mengutip artikel UNICAF dan Ruang Guru, ada 3 manfaat yang bisa diperoleh untuk kamu yang mendapatkan beasiswa.

Aspek Pengembangan Diri

Beasiswa tidak diberikan begitu saja, tentunya ada proses seleksi untuk mendapatkannya. Biasanya penerima beasiswa akan mengikuti program-program yang diadakan dari lembaga pemberi beasiswa. Kegiatan tersebut dapat menambah networking dan melatih pengembangan diri. Kamu bisa bertemu sesama penerima beasiswa dan mendapatkan mentor sehingga jaringanmu luas.

Mendapatkan beasiswa sendiri merupakan sebuah pencapaian yang tidak semua orang bisa dapatkan. Salah satu persyaratan beasiswa biasanya mempertahankan nilai selama periode beasiswanya. Hal itu dapat memacu semangatmu untuk belajar dan unggul dalam nilai di perkuliahan.

Finansial

Dari segi finansial, manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah tidak usah pusing memikirkan biaya untuk kuliah. Kamu bisa fokus belajar saja dan berprestasi. Selain itu, ada juga jenis beasiswa yang memberi uang saku dan biaya akomodasi. Jika demikian, penerima beasiswa akan terbantu dari segi finansial.

Karier ke Depan

Memiliki jaringan yang luas dan jejak sebagai penerima beasiswa akan berdampak baik lho ke dalam kariermu. Kamu bisa jadi menonjol jika memasukkan riwayat penerimaan beasiswa di resume-mu. Recruiter akan menilai bahwa penerima beasiswa telah melalui seleksi sulit dan membuktikan kualitas dirinya.

Baca Juga: Ingin Kuliah Gratis? Yuk, Coba 5 Tips dapat Beasiswa Ini!

6 Daftar Lembaga Beasiswa Kuliah (Luar dan Dalam Negeri)

Daftar Beasiswa Kuliah DoCheck
Image by StockSnap from Pixabay

Ada banyak sekali lembaga dan unversitas yang menyelenggarakan beasiswa. Kamu bisa mencari informasi pendaftaran beasiswa melalui dosen, universitas, dan internet. Berikut ini ada enam daftar lembaga beasiswa untuk kuliah baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Fullbright

Beasiswa Fullbright diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan S2, PhD, atau mengambil riset lanjutan di universitas di Amerika Serikat. Kamu yang belum pernah memiliki pengalaman untuk pergi ke Amerika Serikat atau menerima beasiswa Fullbright, bisa mendaftar. Program studi yang ditawarkan beragam, dari ilmu sosial sampai STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics), kecuali untuk kedokteran klinis.

Manfaat yang ditawarkan oleh beasiswa Fullbright:

  1. Visa
  2. Tiket pulang-pergi pesawat ekonomi
  3. Biaya kuliah dan biaya hidup selama di sana
  4. Asuransi kecelakaan dan kesehatan

Erasmus

Beasiswa Erasmus dikelola oleh European Commission yang merupakan bagian dari European Union. Orang di seluruh dunia memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa belajar dan mendapat pengalaman kerja di Eropa melalui beasiswa ini. Program beasiswa yang ditawarkan berupa pembelajaran untuk setiap individu, inovasi dan penerapannya, dukungan terhadap reformasi aturan, dan ada juga khusus untuk keolahragaan.

Program beasiswa Erasmus yang bisa kamu ikuti sebagai warga negara Indonesia adalah Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) untuk mengambil S2 dan Erasmus Mundus Action 2 Partnerships. Beasiswanya mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan akomodasi pulang-pergi. Jadwal setiap program berbeda-beda tetapi biasanya dibuka dari September hingga Desember setiap tahun.

Chevening

Beasiswa Chevening merupakan program beasiswa internasional dari pemerintahan Inggris. Program yang ditawarkan berupa beasiswa S2 selama satu tahun di United Kingdom. Manfaat yang bisa kamu dapat dari beasiswanya adalah biaya kuliah, uang saku bulanan, biaya kedatangan, akomodasi pulang-pergi, aplikasi visa, biaya menghadiri event Chevening. Persyaratan umum untuk kamu yang mau mendaftar beasiswanya adalah perhatikan course yang diambil, eligibilitas, rekomendasi, dan pengalaman kerja.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP dikelola oleh kementerian dan institusi bersangkutan untuk membiayai program beasiswa master (S2) dan doktoral (S3). Jenis beasiswa dari LPDP ada banyak, tetapi kali ini yang dibahas hanya dua jenis yang bisa diikuti secara umum. Pertama, beasiswa reguler untuk S2 dan S3 di perguruan tinggi dalam negeri ataupun luar negeri. Kedua, beasiswa PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia) untuk S2 dan S3 di perguruan tinggi luar negeri.

Proses seleksi beasiswa reguler meliputi seleksi administrasi, bakat skolastik, dan substansi. Beasiswa PTUD memiliki dua proses seleksi yaitu seleksi administrasi dan substansi. Keduanya memiliki benefits yang sama yaitu biaya pendidikan (pendaftaran, SPP, buku, penelitian, seminar, dan publikasi jurnal) dan biaya pendukung (transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, keadaan darurat, dan tunjangan keluarga khusus program doktoral).

Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat diperuntukkan bagi mahasiswa S1 di 34 perguruan tinggi negeri di Indonesia, termasuk UI, UGM, IPB, ITB, UPI, dan masih banyak lagi. Program yang ditawarkan tidak hanya berupa tunjangan saja tetapi ada juga sharing, networking, dan developing. Tunjangan yang didapatkan perbulan sebanyak Rp750.000 per bulan selama satu tahun. Khusus untuk jenis beasiswa unggul, ada tambahan tunjangan SPP/BOP sebesar Rp1.500.000 per semester selama 1 tahun akademik.

Unggulan Kemdikbud

Beasiswa Unggulan adalah beasiswa untuk jenjang sarjana, magister dan doktoral di dalam negeri. Yang berhak mengikuti pendaftarannya adalah calon mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi atau mahasiswa yang menjalankan maksimal di semester 2. Beasiswanya diutamakan untuk mahasiswa yang berprestasi baik akademik ataupun non-akademik dan PTN-nya berakreditasi B/Sangat Baik. Tunjangan yang bisa didapat adalah biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku.

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah Di Luar Negeri? Ikuti Tips Ini!

Nah, gimana? Tertarik untuk mengikuti beasiswanya? Banyak manfaat yang bisa didapat tetapi perjuangannya juga tidak mudah. Kamu perlu mempersiapkan banyak hal ketika mendaftar dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Untuk membantumu mendaftar beasiswa, kamu bisa pakai DoCheck sebagai aplikasi to-do list agar persiapan beasiswa kamu lebih lancar. Download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau App Store.


Scroll to Top