Anxiety dan Cara Mencegahnya Melalui Meditasi

Apa Itu Anxiety dan Cara Mengatasinya melalui Meditasi


Kamu mungkin sudah familiar dengan apa itu anxiety. Sebetulnya, anxiety merupakan hal yang wajar dialami oleh manusia. Anxiety adalah perasaan cemas yang biasa terjadi apabila seseorang menghadapi situasi yang menegangkan. Misalnya menghadiri interview, datang di hari pertama sekolah, atau tampil di depan umum.

Jika kamu merasa sedikit cemas, jangan langsung berpikir itu berbahaya ya. Catat dulu deh bahwa rasa cemas biasa dan anxiety disorder itu sendiri juga berbeda. Apabila kegelisahanmu masih terkendali dan hilang seiring faktor pemicunya berkurang, maka itu masih normal. Sedangkan anxiety disorder adalah kecemasan yang terus mengganggu bahkan saat faktor pemicunya sudah tidak ada.

Namun, jika demikian pun sebaiknya kamu tidak perlu khawatir. Langkah yang bisa kamu perbuat adalah langsung membicarakan hal ini dengan ahli. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tindakan yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengurangi gejala anxiety yang dirasakan. Setidaknya, kenali terlebih dahulu gejala apa yang mungkin terjadi dan apa penyebabnya.

Baca Juga: Overthinking: Apa dan Penyebabnya

Gejala Anxiety dan Penyebabnya

Gejala gangguan anxiety sangat bermacam-macam, tergantung pada jenisnya. Diantaranya gejala gangguan kecemasan umum yaitu tubuh lebih cepat merasa lelah, perasaan gelisah, pikiran kosong dan sulit berkonsentrasi. Selain itu perasaan menjadi sensitif, mudah marah, kram otot, perasaan sulit dikendalikan, dan mengalami gangguan tidur.

Berikutnya beberapa faktor yang bisa membuat seseorang mengalami gangguan anxiety diantaranya pengalaman traumatis, efek samping obat tertentu, dan beban hidup. Nah, buat kamu yang merasa beban hidupnya terasa begitu berat, kini banyak alternatif untuk menyikapi hal itu. Salah satunya akan kami bahas sekarang!

Baca Juga: Anxiety Disorders: Kenali Macam dan Gejalanya

Meditasi Mencegah Anxiety

Anxiety dan Cara Mengatasinya Melalui Meditasi
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Di masa sekarang, orang mulai memperhatikan isu kesehatan mental. Hal itu dikarenakan sudah banyak yang ngeh kok hidup gini-gini amat?”. Dari sana kesehatan jiwa dan raga mulai diperhatikan. Tidak ada salahnya dong kita berlomba-lomba mencapai hidup tentram, salah satunya dengan membenahi diri dari dalam.

Meditasi merupakan salah satu praktik yang mengajarkan manusia untuk lebih mengenal diri sendiri. Mendengarkan, memperhatikan, dan mengerti kebutuhan serta persoalan yang tengah berkecamuk di dalam pikiran. Semakin kita mengenali permasalahan itu, maka ia akan lebih mudah untuk dikendalikan.

Lah, memang hubungannya apa?

Begini, gangguan apa itu anxiety diakibatkan oleh pikiran yang kelewat mendominasi dan akhirnya mengganggu. Sedangkan meditasi dilakukan untuk mengontrol pikiran sehingga tidak mudah didominasi oleh hal-hal yang berisiko mengganggu. Bagaimana, sudah terbayang ‘kan relasi keduanya datang dari mana?

Baca Juga: Olahraga, Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Mental

Latihan Meditasi untuk Mengatasi Anxiety

meditasi untuk mengatasi apa itu anxiety
unsplash/@bchild311

Latihan-latihan di bawah ini berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan dalam keadaan sadar sepenuhnya. Berasal dari praktik mindfulness, semua prosesnya harus dirasakan dan dinikmati sepenuh hati. Hal yang harus kamu perhatikan adalah latihan ini dilakukan tanpa nyambi-nyambi hal lain loh ya.

Bermeditasi memang tidak mudah untuk dilakukan. Perlu dilakukan pembiasaan dan latihan yang bertahap. Berikut ini latihan yang bisa kamu lakukan untuk memulai meditasi sebagai sebuah kebiasaan baru.

  1. Mindful Breathing. Seperti namanya, ini merupakan proses yang melibatkan pernapasan. Tindakan yang perlu kamu lakukan adalah menarik dan membuang napas secara perlahan. Lakukan kapan dan dimana saja secara fokus atau tidak sambil melakukan kegiatan lain
  2. Mindful Walking. Next, latihan ini juga dilakukan dalam keadaan fokus dan sepenuhnya sadar dan mendalam. Caranya adalah berjalan dengan perlahan, tidak terburu-buru dan perhatikan setiap langkah yang kamu ambil. Proses ini diyakini akan membuat pikiran menjadi lebih tenang.
  3. Mindful Speaking and Listening. Nah, kali ini bisa kamu praktikan ketika bersama orang lain. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menatap mata lawan bicaramu dan perhatikan mereka dengan seksama. Kemudian dengarkan perkataan mereka baik-baik dan pertahankan konsentrasi agar tidak cepat terdistraksi. Sedangkan untuk berbicara, pastikan kamu mengatur napas dengan baik. Selain itu, perhatikan setiap kata yang akan kamu ucapkan. Pikiran yang tenang akan membawamu pada isi pembicaraan yang berkualitas. Ya, artinya kamu tidak bisa nyablak ketika sedang mempraktikan latihan ini.

Praktik Mindfulness

Pada dasarnya, konsep latihan meditasi dengan menerapkan mindfulness adalah fokus pada setiap kegiatan yang kamu lakukan. Tidak hanya bernapas, berjalan, dan berbicara, kamu juga bisa mengaplikasikan hal ini untuk aktivitas lain. Misalnya ketika makan, coba deh nikmati makananmu dengan tidak sambil menonton. Esensi mindfulness akan sulit untuk kamu yang masih makan tempe rasa bulgogi gara-gara makan sambil nonton mukbang.

Demikian langkah yang bisa kamu coba untuk memulai hidup dengan lebih tenang tanpa apa itu anxiety.. Meditasi akan membantumu mengurangi anxiety attack yang bisa terjadi kapan dan dimana saja. Apabila gejala sudah mulai mengganggu, segera konsultasikan kepada ahli. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas DoCheck untuk memenuhi informasi terkait kesehatan mental lainnya. Tetap semangat dan semoga sehat selalu!

Baca Juga: Insecure: Perasaan Cemas yang Dialami Generasi Muda


Referensi: How To Reshape Your Brain and Improve Your Life in Just 5 Minutes a Day


Scroll to Top