olahraga kesehatan mental

Olahraga, Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Mental


Minggu ini Twitter MinCheck dipenuhi sama tagar #VindesSport. Pasalnya, duo presenter kondang ini menyelenggarakan ajang olahraga yang bernama Tepok Bulu. Ajang olahraga ini juga turut dimeriahkan oleh penyanyi Raisa dan aktris Anya Geraldine. Namun, pemain utama dalam ajang ini adalah Vincent Rompies melawan Valentino Jebret. MinCheck jadi kepikiran, kapan ya terakhir kali MinCheck berolahraga? Kayaknya udah lama banget, deh. Padahal, olahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan mental.

Apakah kamu salah satu orang yang malas berolahraga seperti MinCheck? Kalau iya, kamu perlu segera mengubah kebiasaan tersebut! Pasalnya, berolahraga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga.

Dilansir dari Alodokter, berolahraga secara rutin membuat tubuh lebih bugar dan kesehatan mental pun tetap terjaga. Selain itu, olahraga menjadi salah satu pilihan paling praktis dan gak mengeluarkan biaya yang mahal untuk tetap sehat. Wihh.. mantap banget, kan?

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental, apa saja?
Manfaat olahraga untuk kesehatan mental, apa saja? (Foto Pixabay via Pexels)

Meski manfaat olahraga bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi, MinCheck ingin berbagi apa saja sih manfaat berolahraga untuk kesehatan mental? Yuk simak ulasan MinCheck berikut ini.

1. Olahraga Meredakan Kecemasan

Apakah kamu sering merasa cemas? Kalau iya, mungkin kamu bisa mencoba dengan berolahraga. Dilansir dari Halodoc, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membantu mengurangi kecemasan. Gangguan kecemasan biasanya ditandai dengan rasa cemas dan gugup berlebihan.

Namun kalau kecemasanmu sudah mengganggu aktivitasmu sehari-hari, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional, ya!

Baca juga: Anxiety Disorders: Kenali Macam dan Gejalanya

2. Memperbaiki Suasana Hati

Kalau kamu sedang berada dalam suasana hati yang kurang baik, kamu bisa mencoba berolahraga. Dilansir dari Webmd, olaharaga membantumu menjernihkan pikiran dan menenangkan diri. Olahraga juga bisa membantu tidurmu menjadi lebih nyenyak.

3. Olahraga Membantu Meredakan Stres

Masih dilansir dari Webmd, olahraga membantumu dalam mengelola stres. Olahraga membantu tubuh untuk melepaskan endorfin. Zat kimia yang satu ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan memberikan energi positif bagi tubuh.

Kalau kamu sedang merasa ada di fase yang namanya stres atau burnout, coba deh sempatkan waktu untuk berolahraga.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Baik untuk Kesehatan Mental!

Manfaat lain dari olahraga untuk kesehatan mental adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dilansir dari Advent Health, aktivitas fisik seperti olahraga dapat membangun kekuatan dan keterampilan, lho!

Setelah membahas manfaat olahraga bagi kesehatan mental, kira-kira olahraga apa saja ya yang cocok untuk dilakukan? Sebetulnya semua olahraga bisa kamu coba lho! Di sini MinCheck akan merangkum daftar olahraga yang baik bagi kesehatan mentalmu. Yuk simak baik-baik!

Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Mental

Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan mental.
Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan mental. (Foto Elina Fairytale via Pexels)

Dilansir dari Halodoc, berikut ini jenis olahraga yang baik untuk kesehatan mental:

1. Yoga

Gerakan-gerakan yoga yang cenderung santai membantumu untuk lebih tenang dan rileks. Oleh karena itu, olahraga yang satu ini cocok banget dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Lakukan yoga secara rutin, maka emosi dan kesehatan mentalmu menjadi lebih terpelihara. Bagi kamu yang ingin mencoba yoga, kamu bisa coba lakukan gerakan-gerakan sederhana. Bisa ditiru lewat Youtube juga lho!

2. Lari

Olahraga santai seperti lari juga bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu. Gak perlu mengeluarkan dana yang besar, kamu bisa lari keliling lapang, taman, atau dimana pun yang kamu suka dan kamu merasa aman serta nyaman. Namun.. bukan lari dari kenyataan, ya.

3. Renang

Kalau kamu termasuk orang yang sibuk, cobalah luangkan waktu ketika weekend untuk berenang. Pasalnya, olahraga yang satu ini juga baik untuk kesehatan mentalmu. Berenang membuat pikiran menjadi lebih fokus dan mengalihkan pikiran. Kalau kamu sedang banyak pikiran, kayaknya renang bukan pilihan yang buruk!

4. Jalan Santai

Jangan salah lho, jalan santai termasuk salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan mentalmu lho! Jalan santai sekitar 30 menit sambil menghirup udara segara bisa membantu menyegarkan pikiran.

5. Zumba

Kamu senang menari diiringi lantunan musik? Wih.. olahraga yang satu ini bisa banget kamu coba! Selain mengeluarkan keringat, zumba bisa membantu menjaga kesehatan mental. Gerakan yang diringi dengan lantunan musik dapat meningkatkan hormon endorfin yang membuat bahagia. Mantap banget, kan?

Baca juga: Workout From Home bareng DoCheck dengan To-do List Ini!

Nah, itulah manfaat olahraga bagi kesehatan mental dan rekomendasi dari MinCheck mengenai jenis olahraga apa saja yang bisa kamu coba. Kamu bisa masukkan list olahraga yang mau kamu coba di aplikasi to-do list simpel bernama DoCheck. Kamu tinggal bikin goals olahraga yang mau dilakukan dan kamu pun dapat memantau progressnya juga. Wihhh mantap banget tuh. Aplikasi DoCheck sebagai aplikasi social to-do list bisa kamu download di Play Store dan App Store secara gratis. Cusss download!


Scroll to Top