belanja online

Tren Belanja Online Generasi Muda, Apa Saja Keuntungannya?


Saat ini belanja online sudah menjadi bagian dari generasi muda. Mungkin kamu gak asing dengan berbagai e-commerce yang memudahkan kamu berbelanja secara online. Ditambah dengan adanya pandemi, generasi muda beralih berbelanja offline ke online. Berdasarkan survey Katadata Insight Center dan Sirclo terhadap kurang lebih 5000 responden, 17,5% konsumen beralih ke platform belanja online daripada offline akibat pandemi Covid-19.

Dilansir dari Clodeo, online shopping atau belanja online adalah proses pembelian jasa atau barang antara seller dan buyer atau pembeli melalui suatu platform. Dalam proses ini, seller dan buyer tidak bertemu secara langsung. Belanja online memang menawarkan berbagai kemudahan bagi pembeli. Oleh karena itu, banyak banget online shop berlomba-lomba dalam memasarkan produk yang mereka jual.

Keuntungan Belanja Online

Keuntungan belanja online, apa saja sih?
Keuntungan belanja online, apa saja sih? (Foto RODNAE Productions via Pexels)

Setelah mengetahui apa itu belanja online, MinCheck akan berbagi keuntungan apa saja yang mungkin bisa kamu dapatkan dengan berbelanja online. Yuk simak artikelnya sampai selesai!

Hemat Waktu

Coba MinCheck tebak, pasti biasanya kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk berbelanja, kan? Jalan ke sana ke mari untuk mencari barang yang kamu incar. Namun dengan belanja online, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga. Kamu cukup mencari barang yang kamu butuhkan dan menunggu paket dikirim oleh pemilik toko melalui kurir. Selain itu, dilansir dari Jenius, kamu tidak perlu menenteng barang belanjaanmu. Kamu hanya perlu menunggu paket datang tiba ke rumah. Simpel banget, kan?

Kemudahan Pembayaran Belanja Online

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah kemudahan pembayaran. Kamu bisa membayar melalui bank transfer, m-banking, bahkan cod atau bayar di tempat. Selain itu, kini banyak aplikasi yang menyediakan fitur PayLater, yang memiliki arti beli sekarang bayar nanti. Fitur yang satu ini juga digandrungi oleh generasi muda karena kemudahannya. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam penggunaan fitur yang satu ini. Kamu harus tahu cara bijak dalam pemakaian PayLater. Kalau kamu gak bisa menahan diri dalam penggunaan PayLater, bisa-bisa keuanganmu jadi ambyar.

Bisa Filter Harga dari yang Termurah

Siapa sih yang nggak terbuai dengan harga yang murah? Melalui belanja online, kamu bisa memfilter harga dari yang termurah sampai tertinggi. Tentu saja hal ini jadi sesuatu yang menggiurkan. Selain itu, dilansir dari Nation Wide, internet menjadi tempat yang tepat untuk membandingkan produk sebelum melakukan pembelian. Kamu juga bisa membaca review mengenai produk yang kamu ingin beli melalui blog atau artikel terpercaya. Selain itu, berbelanja online memungkinkan kamu untuk membaca ulasan dari pembeli. Kamu tinggal bikin list yang akan kamu beli, deh!

Baca juga: 5 Keunggulan Membuat To-do List, Bentuk Nyata Hargai Waktu

Produk yang Dijual Lebih Beragam

Belanja online juga memudahkan kamu untuk mencari produk yang lebih beragam. Berbeda dengan belanja offline yang memiliki ruang terbatas sehingga produk yang dijual pun ikut terbatas. Kamu hanya perlu mengetik keyword barang yang kamu cari dan taraaa… rekomendasi produk-produk yang bisa kamu beli akan muncul. Selain itu, kamu bisa menjangkau toko-toko kecil yang mungkin belum ‘terjamah’ sehingga harganya biasanya lebih affordable.

Menghindari Kerumunan dengan Belanja Online

Benefit lain yang ditawarkan oleh belanja online adalah kamu bisa berbelanja tanpa adanya kerumunan. Dilansir dari Tough Nickel, kerumunan bisa membuat kamu tergesa-gesa atau terburu-buru dalam memilih produk yang akan dibeli. Selain itu, tidak bisa dipungkiri kalau pandemi Covid-19 menimbulkan rasa parno atau takut akan kerumunan, sehingga agak riskan untuk berbelanja offline.

Nah, itulah keuntungan dari berbelanja secara online. Kemudahan internet memang membuat hidup lebih mudah. Sekarang membeli produk jadi sesimpel itu. Namun tentu saja di balik keuntungannya, ada kelemahannya juga. Sebagai contoh, keterlambatan dalam proses pengiriman, produk yang dijual tidak sesuai dengan yang tertera di gambar, dan kamu gak bisa coba secara langsung produk yang akan kamu beli. Pastikan kamu mengukur ukuran yang pas biar gak salah beli ya~

Kamu mau hidup kamu lebih mudah lagi? MinCheck sangat merekomendasikan aplikasi DoCheck. Di aplikasi ini, kamu bisa membuat goals dan tasks yang akan kamu lakukan, termasuk memasukkan list produk yang akan kamu beli secara online. Dijamin deh, kamu gak bakal lupa barang atau produk apa yang mau kamu beli, Selain itu, kamu bisa tambah deskripsi seperti budgeting produk yang akan kamu beli. Gimana? Menarik banget, kan? Yuk download aplikasinya sekarang di Play Store dan App Store. Aplikasinya gratis lho, kamu gak perlu bayar apa pun. Let’s simplify your life with DoCheck!

Baca juga: Mengenal Thrift Shop, Peluang Usaha dengan Modal Minim!


Scroll to Top