bingung-pilih-jurusan-kuliah-di-luar-negeri?-ikuti-tips-ini!

Bingung Pilih Jurusan Kuliah Di Luar Negeri? Ikuti Tips Ini!


Apakah di antara kamu ada yang berencana untuk kuliah di luar negeri? Menempuh studi di luar negeri memang menjadi salah satu pilihan yang cermat bagi kamu yang ingin mengembangkan kompetensi diri kamu. Baik itu S1 atau S2, menempuh studi di luar negeri dapat memberikanmu kualitas pendidikan yang mungkin lebih tinggi serta pengalaman baru yang akan merubah hidupmu menjadi lebih baik. Namun, beberapa orang yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, kerap merasa galau ketika memilih jurusan kuliah yang akan diambil. 

Well, sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, ada beberapa hal yang mesti kamu persiapkan, salah satunya memilih jurusan kuliah yang tepat. Untuk memilih jurusan kuliah yang tepat tentunya perlu strategi yang matang agar studi yang kamu tempuh dapat berjalan dengan baik. Perlu kamu pahami bahwa jurusan kuliah merupakan dasar ketika kamu menempuh dunia perkuliahan. Hal itu dapat membuatmu lebih serius dalam mengembangkan potensi diri, sehingga dapat mencapai karir yang dicita-citakan.

Maka dari itu, untuk membantu kamu dalam mempertimbangkan dan memilih jurusan kuliah yang tepat, berikut ada 6 tips yang bisa kamu ikuti, di antaranya:

1. Kenali Passion dan Minat Kamu

Hal pertama yang paling penting adalah kenali lalu pahami passion dan minat yang ada di dalam diri kamu. Tidak hanya untuk kuliah di luar negeri, sebelum menentukan jurusan kuliah yang akan diambil, penting untuk kamu dalam memahami bidang apa yang kamu minati. Hal itu bertujuan agar ketika menjalankan kuliah nantinya, kamu tidak akan merasa terbebani sehingga dapat lebih fokus mengembangkan potensi yang kamu miliki.

2. Pilih Perguruan Tinggi yang Berkualitas

Selanjutnya, ketika kamu memutuskan untuk melanjutkan studi di luar negeri, usahakan kamu memilih perguruan tinggi yang cocok dengan kamu. Artinya, pilih perguruan tinggi yang memiliki jurusan yang sesuai minat kamu serta memiliki kualitas yang baik. Kualitas perguruan tinggi dapat dilihat dari fasilitas yang diberikan, metode pembelajaran yang diterapkan, serta kualitas tenaga pengajarnya. Hal ini juga sangat mempengaruhi proses pembelajaran kamu, maka dari itu mulailah mencari informasi mengenai perguruan tinggi yang akan kamu pilih ya!

3. Melakukan Riset Mengenai Jurusan yang Diambil

Riset kali ini maksudnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang kamu akan kamu ambil. Hal-hal yang bisa kamu cari dalam riset ini seperti akreditasi, kurikulum, alumni, dan prestasi dari jurusan yang akan kamu ambil. Sedikit catatan penting, jika kamu tidak menemukan jurusan yang sesuai dengan minat dan passion, setidaknya cari jurusan yang paling mendekati.

4. Pertimbangkan Durasi Studi

Ketika memilih jurusan kuliah di luar negeri, kamu juga perlu mempertimbangkan durasi atau waktu tempuh jurusan kuliah yang kamu ambil. Setiap jurusan di perguruan tinggi tentunya memiliki durasi yang berbeda-beda. Misalnya untuk program S2 ada yang menawarkan durasi studi 1 tahun, 1 setengah tahun, ataupun 2 tahun. Kamu bisa menyesuaikan lama waktu kuliah yang kamu inginkan, pastikan pilih durasi yang benar-benar cocok denganmu ya!

5. Pertimbangkan Biaya Studi

Setelah mempertimbangkan durasi studi yang diinginkan, tips selanjutnya adalah mempertimbangkan biaya studi. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan paling utama ketika ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Dalam menentukan biaya kuliah jurusan yang ingin kamu ambil, ada beberapa cara yang bisa kamu pilih. Cara-cara tersebut antara lain membayar secara pribadi ataupun beasiswa, untuk beasiswa kamu juga harus pandai-pandai dalam memilih beasiswa yang cocok dengan kompetensi diri kamu ya!

6. Perbanyak Konsultasi dengan Orang yang Pernah Kuliah Di Luar Negeri

Terakhir, agar kamu semakin siap dan matang ketika memilih jurusan kuliah di luar negeri, kamu juga perlu konsultasi dengan teman, kerabat, atau keluarga yang pernah menempuh studi di luar negeri. Lebih baik lagi jika teman, kerabat, atau keluarga kamu tersebut berkuliah di negara dan perguruan tinggi yang sama dengan kamu. Tujuannya dari konsultasi ini adalah, kamu dapat mengetahui seluk-beluk informasi mengenai jurusan yang kamu tempuh, biaya hidup selama kuliah, dan budaya lokal di negara tersebut.

Itulah 6 tips yang bisa kamu ikuti sebelum memilih jurusan studi di luar negeri. Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah, perlu memperhatikan banyak faktor agar jurusan kuliah yang kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Intinya, tetap semangat ya buat kamu yang berencana kuliah di luar negeri, semoga apa yang kamu cita-citakan bisa tercapai dengan sukses!

Jangan lupa, hari Kamis 18 November 2021 ini, DoCheck akan menyelenggarakan live instagram untuk membahas “Serba-serbi Kuliah di Luar Negeri” bersama Zaky Azharul Fahmi (mahasiswa Mohamed bin Zayed University Abu Dhabi, UEA) dan Faishal Wahiddudin (alumnus University of Central Florida, US).

Nah, untuk kamu yang berencana kuliah di luar negeri khususnya ke Jepang dan ingin memperdalam lebih lanjut, kamu bisa ikutan #BeAPOPStar Webinar bareng Zafira Aqila dengan tema “Survival Tips for Studying In Japan” live di Zoom pada Kamis, 25 November 2021. Untuk link pendaftarannya stay tune terus di Instagram @docheckid ya!

Biar persiapan memilih jurusan kuliah kamu semakin keren, yuk buat to-do list di aplikasi DoCheck! Download gratis sekarang di sini.


Scroll to Top