bisnis untuk mahasiswa

Bisnis untuk Mahasiswa, Wajib Coba dan Dijamin Cuan!


Uang jajan belum ‘turun’ adalah masalah besar buat mahasiswa, apalagi kalau kamu seorang perantau. Duh, dilema banget ketika ada kebutuhan tapi belum dapat uang saku dari orang tua. Namun, kamu bisa menambah uang jajan lewat bisnis untuk mahasiswa, lho!

Berbisnis tidak hanya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman saja. Namun, kamu juga bisa coba beberapa bisnis untuk mahasiswa yang tentunya menghasilkan cuan. Selain itu, bisnis kecil-kecilan bisa menambah pengalaman. Bahkan, kamu bisa jadikan bisnis tersebut sebagai sumber penghasilan tetap kalau bisnismu berkembang. Kamu bisa menyimpan penghasilanmu untuk tabungan di masa depan.

Rekomendasi Bisnis untuk Mahasiswa

Rekomendasi bisnis untuk mahasiswa untuk hasilin cuan.
Rekomendasi bisnis untuk mahasiswa untuk hasilkan cuan. (Foto Anastasiya Gepp via Pexels)

Bisnis untuk mahasiswa sangat beragam. Bisa jualan online, jadi penulis, jadi MUA, dan masih banyak lagi. Kamu bisa coba bisnis yang menurut kamu menarik dan seru. MinCheck merangkum rekomendasi bisnis yang bisa kamu jalani sambil kuliah. Penasaran apa saja? Simak baik-baik ya~

Jualan Online atau Jadi Reseller

Bisnis online juga cocok nih buat mahasiswa!
Bisnis online juga cocok nih buat mahasiswa! (Foto cottonbro via Pexels)

Jualan online bisa dibilang menjadi bisnis yang digandrungi mahasiswa karena praktis. Kalau tertarik di dunia fashion, bisa banget untuk coba jualan baju via Instagram.

Kalau belum punya modal, kamu bisa kok jadi reseller dari produk yang dijual oleh orang lain. Sambil menjadi reseller, kamu bisa mengumpulkan uang agar kamu punya modal dan bisa jualan sendiri. Mantap, kan?

Coba deh, kamu list satu-satu online shop yang menerima reseller. Nah, buat catat listnya bisa pakai aplikasi DoCheck. Aplikasi yang satu ini dilengkapi fitur reminder biar kamu gak lupa dengan list yang sudah kamu buat. Mantap betul, kan?

Penulis Lepas untuk Si Hobi Nulis

Kemampuan merangkai kata juga bisa dijadikan ladang bisnis. Mantap!
Kemampuan merangkai kata juga bisa dijadikan ladang bisnis. Mantap! (Foto Lisa via Pexels)

Apakah kamu hobi menulis? Atau kamu jago dalam merangkai kata? Bisnis yang satu ini bisa banget kamu coba! Cobain deh untuk jadi Copywriter atau Content Writer. Saat ini banyak banget perusahaan yang mencari jasa penulisan untuk bisnis mereka.

Kamu bisa membuka jasa penulisan artikel, copy untuk sosial media, atau kebutuhan menulis lainnya. Terdapat beberapa platfrom freelance yang bisa dieksplor untuk menambah uang jajan. MinCheck mau ingetin nih, jangan lupa untuk lampirkan portofolio biar banyak klien melirik~

Make-up Artist atau MUA

Dandanin orang memang menyenangkan, bisa jadi cuan!
Dandanin orang memang menyenangkan, bisa jadi cuan! (Foto Yogendra Singh via Pexels)

Bisnis yang satu ini lagi hits, lho! Pasalnya, banyak banget Make-up Artist bermunculan dengan bakat-bakat yang luar biasa. Kamu bisa jadikan kemampuanmu dalam merias wajah untuk bisnis ini.

Biasanya, MUA sangat dibutuhkan untuk event tertentu seperti acara wisuda, lamaran, pernikahan, atau acara penting lainnya. Bayarannya pun nggak sedikit, karena jadi Make-up Artist itu nggak semudah yang dibayangkan. Perlu keahlian bahkan sampai ada pelatihan khusus, lho!

Bisnis Jajanan Ringan atau Snack untuk Mahasiswa

Jualan snack untuk bisnis ketika jadi mahasiswa.
Jualan snack untuk bisnis ketika jadi mahasiswa. (Foto Ragga Muffin via Pexels)

Snack selalu jadi pilihan yang tepat ketika lapar. Manfaatkan situasi ini untuk menjual jajanan ringan atau snack ketika di kampus. Apalagi kalau kamu hobi masak, bisa banget tuh untuk jual masakanmu ke orang lain.

Bisnis makanan gak pernah lekang oleh waktu. Sekarang banyak sekali makanan atau minuman viral bermunculan, bisa dijadikan untuk ladang cuan. Modal yang dikeluarkan pun nggak begitu banyak kalau kamu mau coba.

Jasa Fotografi untuk Mengabadikan Momen

Suka fotografi? Bisa banget jadi fotografer!
Suka fotografi? Bisa banget jadi fotografer! (Foto JESHOOTS.com via Pexels)

Jadi seorang fotografer juga mengasyikkan dan bisa dijadikan ladang cuan. Untuk kamu mahasiswa yang hobi mengabadikan momen, bisa banget pilih bisnis yang satu ini.

Jasa seorang fotografer dibutuhkan untuk acara tertentu seperti pre-wedding, lamaran, wisuda, dan masih banyak lagi.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Berbisnis

Berbisnis sambil kuliah bisa jadi menyenangkan, tapi kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar kuliah dan bisnismu seimbang dan tetap lancar.

Bisnis untuk Mahasiswa Memang Menggiurkan, Tapi Jangan Lupakan Kesehatan

Kamu perlu memperhatikan kesehatanmu apabila ingin mencoba berbisnis. Menjalani bisnis memerlukan tenaga yang ekstra. Oleh karena itu, selalu jaga kondisi badanmu agar selalu fit. Konsumsi makanan yang sehat dan tahu batasan, jangan sampai mengabaikan kesehatanmu!

Waktu untuk Bisnis dan Belajar Harus Balance

Pertimbangkan waktu yang akan kamu gunakan untuk berbisnis. Apakah bisnis tersebut mengganggu waktu belajarmu? Kamu harus punya cara jitu untuk memanajemen waktu yang baik biar gak keteteran.

Bisnis untuk mahasiswa ternyata banyak banget ya? Namun jangan sampai kamu mengesampingkan tugas kuliah kamu, ya! Tetap ingat kalau tujuanmu kuliah adalah untuk menimba ilmu. Menambah uang jajan dan pengalaman juga bukan hal yang buruk kok, asal kamu tahu cara mengatur waktu yang baik agar semuanya berjalan lancar.

Jangan lupa catat rekomendasi bisnis dari MinCheck, ya! Biar gak lupa, simpan list-nya di aplikasi DoCheck. List tasks yang kamu buat aman dan gak bakal hilang. Hayuk, download aplikasinya secara gratis di Play Store dan App Store. Yuk jadi lebih produktif bareng DoCheck!

Baca juga: 5 Cara Menjadi Pribadi Produktif, Yuk Berubah!


Scroll to Top