Cara merubah hobi menjadi bisnis

Ingin Dapat Cuan dari Hobi? Yuk, Ubah Hobi Menjadi Bisnis!


Kebahagiaan yang didambakan oleh semua orang adalah bisa mengubah hobi menjadi bisnis yang menghasilkan untung. Contohnya adalah kamu memiliki hobi makeup, maka kamu bisa membuka jasa makeup artist atau membuat konten seputar makeup. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan uang dari hobimu. Selain itu, menurut hello sehat manfaat bekerja sesuai dengan apa yang kamu sukai adalah meningkatkan kualitas kerja, menjalani hari dengan kebahagiaan, dan tentunya dapat mencegah stres. Wah, karier idaman banget ya!

Namun, kamu tidak bisa langsung mengubah hobi menjadi usaha tanpa ada rencana. Jika kamu gegabah, bukannya untung yang didapat, tapi malah rugi. Oleh karena itu, MinCheck akan berbagi info cara mengubah hobi menjadi bisnis dengan cara-cara berikut. Yuk, simak baik-baik ya!

1. Yuk, Riset Peluang Hobi Menjadi Bisnismu!

Yuk, ketahui peluang hobi menjadi bisnismu di pasar!
Yuk, ketahui peluang hobi menjadi bisnismu di pasar! (Foto oleh Lukas/ Pexels)

Sebelum kamu sepenuhnya mengubah hobi menjadi bisnis, kamu harus mencari tahu peluang kesuksesannya dulu. Kenapa begitu? Karena dilansir dari Sikapi Uangmu OJK, bisnis yang kamu buat adalah untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui apakah produk yang kamu hasilkan dari hobi tersebut dapat memenuhi keinginan masyarakat atau tidak?

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan survei atau wawancara kepada target pembeli. Misalnya, kamu suka menjahit dan ingin membuat butik. Untuk mengetahui keinginan konsumen tentang baju, kamu bisa bertanya pada anak-anak muda dan orang yang menyukai fashion. Jadi, kamu bisa memiliki gambaran model baju seperti apa yang sedang digemari oleh masyarakat sekitar.

2. Buat Business Model

Buatlah model bisnis yang strategis dan bagus
Buatlah model bisnis yang strategis dan bagus (Foto oleh Fauxels/ Pexels)

Dikutip dari Glints, business model merupakan model dasar yang menjelaskan cara sebuah usaha menghasilkan keuntungan. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Untuk kamu yang pemula, MinCheck jabarkan tujuh langkah membuat model bisnis dari Entrepreneur. Yuk, perhatikan dengan saksama ya!

  • Identifikasi target pembeli.
  • Tentukan apa yang bisa bisnismu tawarkan pada pembeli.
  • Dokumentasikan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk membangun bisnis.
  • Cari keunikan brand-mu!
  • Tentukan rekan bisnis yang dapat membantu usahamu.
  • Buatlah strategi pemasaran yang tepat!
  • Teruslah berinovasi!

3. Rencanakan Cara Mendapat Modal

Rencanakan pendanaan proses hobi menjadi bisnismu
Rencanakan pendanaan proses hobi menjadi bisnismu (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Sebuah bisnis membutuhkan modal agar bisa berkembang. Contohnya adalah untuk biaya pemasaran dan pembuatan produk. Menurut Shopify, kamu bisa mendapat dana tambahan melalui sumbangan, bantuan pemerintah, atau bank. Namun, apabila kamu merasa berat untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa mencoba mencari sponsor untuk usahamu. Bisa melalui koneksi yang kamu miliki atau menghubungi langsung ke perusahaan yang potensial dan sejalan dengan bisnismu.

4. Promosikan Brand Bisnismu

Manfaatkan online marketing untuk perkembangan bisnis
Manfaatkan online marketing untuk perkembangan bisnis (Foto oleh Dominika Roseclay/ Pexels)

Saat ini, untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa bisa dilakukan melalui telpon pintarmu. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membuat baliho atau menyebarkan brosur. Cukup melalui media sosial, orang-orang bisa mengetahui brand bisnismu. Cara ini disarankan oleh Binus agar hobi yang kini menjadi bisnismu ini bisa berkembang dengan baik. Selain itu, dilansir Digital Marketing Institute, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan promosi di media sosial. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu bersama di bawah ini!

  • Ketahui media sosial yang digunakan oleh target pembeli.
  • Sesuaikan jenis konten dengan platform yang digunakan.
  • Hubungkan tujuan, konten, dan media sosial yang kamu gunakan.

5. Tekuni dengan Serius Hobi yang Kini Menjadi Bisnis

Ayo, fokus tekuni hobi dan penuhi target!
Ayo, fokus tekuni hobi dan penuhi target! (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Setelah kamu melakukan semua hal di atas, saatnya kamu benar-benar serius menekuni hobi agar bisa menjadi bisnis andalanmu. Jika kamu hanya melakukannya setengah-setengah, maka rencanamu untuk memiliki karier di bidang yang kamu sukai akan gagal. Oleh karena itu, usahakan untuk fokus dengan apa yang kamu lakukan. Dikutip dari Koin Works, ada tujuh langkah sederhana yang dapat membantumu mencapai tujuan hidup.

  • Jadilah pribadi yang pemberani!
  • Gambarkan hasil akhir apabila tujuanmu tercapai.
  • Jangan takut untuk memiliki mimpi!
  • Tentukan tujuan jangka panjang!
  • Menjadi sosok yang inspiratif.
  • Mulailah dari langkah kecil dan berkelanjutan.
  • Percaya diri dengan kemampuanmu.

Baca juga: Goals List Membuatmu Mencapai Tujuan

Itu dia lima cara mengubah hobi menjadi bisnis. Apabila kamu tetap ingin menjadikan hobi sebagai kegiatan di waktu luang saja, tidak masalah. Namun, jika ada kesempatan untuk mendapat cuan dari hal yang kamu sukai, lebih baik kamu mencobanya.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa mengatur persiapan ini dengan baik? Kamu gak perlu khawatir! MinCheck punya solusi jitu untuk masalah itu. Kamu bisa buat to-do list persiapan hobi menjadi bisnis di aplikasi DoCheck! Di sini, kamu bisa mengatur jadwal riset pasar, mencari sponsor, dan promosi langsung di hpmu dengan cepat dan praktis, loh! Gak percaya? Yuk, buktikan sendiri dengan download DoCheck di Play Store dan App Store!


Scroll to Top