hobi yang menghasilkan cuan

5 Hobi yang Menghasilkan Uang? Ubah Hobi jadi Uang Sekarang


Apakah kamu punya hobi yang membuatmu senang ketika melakukannya? Bagus! Pasalnya, dilansir dari Halodoc, salah satu manfaat mempunyai hobi adalah dapat membantumu untuk terhindar dari stres. Tau kah kamu, ternyata ada beberapa hobi yang menghasilkan uang loh.

Tentu menyenangkan bukan, jika memiliki kegiatan yang menghasilkan uang? Coba bayangkan, kamu sedang melakukan hobimu, namun diwaktu yang bersamaan kamu bisa menghasilkan uang dengan melakukan hobi itu tadi? Lalu apakah hobimu termasuk dalam salah satu hobi yang dibayar, DoCheckers?

Berbeda dengan passion, biasanya hobi membuat kamu mengeluarkan uang untuk melakukannya. Sebetulnya sah-sah saja mengeluarkan uang untuk sesuatu yang kamu suka. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mengembangkan hobi menjadi hobi yang dibayar, kan? Apalagi sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, hobi yang dibayar bisa mempertebal kantongmu nanti. Wihhh, canggih. Bisa menambah uang jajanmu juga lho~

Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang

Kamu pasti udah nggak sabar, penasaran dengan macam hobi yang dibayar bukan? Tenang ya, DoCheckers. Disini MinCheck akan bahas selengkapnya mengenai kegiatan yang menghasilkan uang. Baca artikelnya sampai habis dan jangan di-skip yaaaa!

1. Hobi Menulis yang Menghasilkan Uang

hobi menulis, mengubah hobi jadi uang
Menulis, hobi yang bisa menghasilkan uang. (Foto picjumbo.com via Pexels)

Menulis termasuk hobi yang bisa menghasilkan uang loh, DoCheckers! Terlebih jika kamu mempelajarinya lebih dalam. Melalui kemampuan menulismu, kamu dapat menjadi Blogger, SEO Content Writer, Copywriter, UX Writer, bahkan menerbitkan buku milikmu sendiri. Profesi penulis sendiri sangat beragam, ya? Asik banget gak, tuh? Terlebih dengan menjadi penulis kamu bisa berpenghasilan dari rumah.

Saat ini banyak banget platform yang menyediakan ruang bagi freelance untuk mencari pekerjaan. Buat kamu yang masih menjadi pelajar atau mahasiswa, bisa banget nih mengembangkan hobi yang menghasilkan ini!

Dilansir dari Glints, berikut ini kemampuan yang perlu dimiliki seorang penulis antara lain:

  • Skill komunikasi, skill penting seorang penulis
  • Riset
  • Creative thinking
  • Mengedit
  • Berpikir kritis
  • Manajemen waktu dan disiplin

Kalau kamu ingin kemampuan menulismu makin canggih, kamu bisa mengembangkan skill seperti di atas. Memang nggak ada yang instan, namun untuk menjadi mahir di suatu bidang pasti butuh proses yang nggak sebentar. Yuk, semangat terus belajar menulisnya.

2. Fotografi

hobi fotografi yang menghasilkan uang
Punya hobi fotografi? Yuk asah biar makin cuan! (Foto Andre Furtado via Pexels)

Fotografi gak sekadar cekrak cekrek belaka. Menjadi fotografer profesional juga membutuhkan teknik, kemampuan, dan alat yang mendukung. Percaya kah kamu kalau hobi fotografi juga bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang loh. Namun agar hobi fotografi yang menghasilkan uang untukmu, kamu harus memiliki kemampuan dan value sebagai fotografer. Dilansir dari Expert Photography, berikut ini kiat-kiat agar menghasilkan uang dari hobi fotografi:

  • Mengikuti kompetisi fotografi
  • Membuka kelas fotografi
  • Membuat blog
  • Menjadi asisten fotografer
  • Menjadi wedding fotografer
  • Menjual foto di situs fotografi

3. Hobi Main Game

main game, hobi yang dibayar
Main game gak sekadar buat senang-senang. (Foto Yan Krukov via Pexels)

Apakah kamu suka bermain game? Ada kabar baik untukmu, bermain games bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan uang loh. Bahkan, saat ini digelar berbagai kompetisi game atau esport. Hadiah yang ditawarkan pun fantastis! Kalau kamu passionate dalam bermain game, kamu bisa banget mengembangkan kemampuan bermain game. Dengan memiliki kemampuan yang mumpuni, kamu bisa mengikuti serangkaian kompetisi esport, dengan begitu kamu bisa merubah hobi jadi uang.

Namun sebagai pelajar, jangan bermain game dalam waktu yang berlebihan ya, DoCheckers. Cobalah untuk menyeimbangkan hobi bermain game dengan belajar. Dilansir dari Rencanamu, setidaknya kamu harus memiliki soft skill seperti dedikasi yang tinggi untuk menjadi gamer profesional. Untuk menjadi pro gamer, kamu harus banyak latihan dan benar-benar belajar strategi dan melatih refleksmu.

4. Hobi Make-up

hobi wanita yang menghasilkan uang
Hobi wanita yang menghasilkan uang. (Foto Anderson Guerra via Pexels)

Berbicara tentang make-up, akan berhubungan erat dengan wanita. Kebanyakan wanita sangat menggemari kegiatan ini, berdandan untuk mempercantik diri. Namun saat ini kegiatan make-up tidak hanya sekedar kegiatan biasa loh, DoCheckers. Make-up bisa menjadi hobi wanita yang menghasilkan uang. Bahkan make-up menjadi sebuah profesi pekerjaan, saat ini ada yang namanya profesi MUA atau Make-up Artist.

Dilansir dari Lifepal, MUA terkemuka seperti Bubah Alfian bahkan memiliki rate Rp 2,5 juta hingga Rp 14,5 juta. Wow.. keren banget gak sih? Namun tidak sembarang orang bisa memiliki skill make-up yang mumpuni. Biasanya perlu kursus atau bisa belajar otodidak secara gratis melalui Youtube. Oleh karena itu, yuk perdalam hobi yang satu ini biar makin cuan cuan cuan~

Profesi MUA juga lagi hits banget! Pasalnya kamu bisa dengan mudah memamerkan hasil make-upmu ke Instagram, Tiktok, dan Youtube. Namun tentu saja butuh kesabaran, ya! Karena untuk bisa menjadi MUA yang punya banyak klien tuh nggak seinstan itu.

5. Hobi Bermain Musik

hobi bermain musik
Bermain musik, hobi yang dapat menghasilkan uang. (Foto Tima Miroshnichenko via Pexels)

Kalau kamu punya hobi seperti bernyanyi atau bermain alat musik, kamu bisa lho memanfaatkan hobi ini sebagai hobi yang menghasilkan uang. Kamu bisa memulai dengan membuka jasa les musik, merintis band atau grup musik, membuka sewa studio musik, atau menyalurkan hobimu bermusikmu menjadi seorang komponis. Selain itu, kamu juga bisa menjadi freelance penulis lagu. Wih.. kece abis!

Nah, itulah macam hobi yang menghasilkan uang. MinCheck mengingatkan kalau kamu perlu niat, ambisi dan kerja nyata yang besar untuk mengubah hobi jadi uang. Kalau kamu memiliki ketertarikan pada hobi-hobi tertentu gak ada salahnya lho untuk mengembangkan hobi yang kamu punya. Selain meredakan stres, kamu juga bisa dapet uang. Seru banget, kan?

Biar makin asik dan terorganisir, untuk kamu yang memiliki hobi bermusik, kamu bisa intip template goals dari DoCheck seperti cara belajar gitar. Kamu dapat menemukan beragam template goals di aplikasi DoCheck, bahkan bisa copy goals dari KOL terkenal. Mantap!

Aplikasi DoCheck cocok banget buat kamu yang ingin mengembangkan diri dan lebih produktif. Aplikasinya juga bisa kamu gunakan secara gratis, tanpa dipungut biaya apa pun. Yuk segera download aplikasinya di Play Store dan App store! Selamat mencoba.


Scroll to Top