meningkatkan skill komunikasi

Cara Sederhana Meningkatkan Skill Komunikasi


Manusia adalah makhluk sosial, cara manusia bersosialisasi adalah dengan melakukan komunikasi. Selain itu, skill komunikasi merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Dilansir dari skills.id, komunikasi yang baik memiliki manfaat untuk membangun kepercayaan dari orang lain. Selain itu, komunikasi yang baik dapat membantu menyelesaikan masalah. Namun, apakah kamu termasuk orang yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik? Tenang, tidak ada kata terlambat untuk belajar, termasuk dalam meningkatkan skill komunikasi.

Seperti hard skill, soft skill dapat dilatih dan dipelajari. Asalkan kamu punya tekad yang bulat dan memiliki keinginan untuk belajar. Kamu bisa meningkatkan skill komunikasi untuk mengembangkan diri. Bagaimana caranya?

Meningkatkan Skill Komunikasi

Meningkatkan skill komunikasi dengan cara yang sederhana.
Meningkatkan skill komunikasi dengan cara yang sederhana. (Foto mentatdgt via Pexels)

Meningkatkan skill yang satu ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, kamu bisa menerapkannya dengan hal-hal sederhana seperti berikut ini.

1. Beranikan Diri Berbicara di Depan Umum

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengasah skill komunikasi adalah dengan memberanikan diri untuk berbicara di depan umum. Memang tidak instan, namun kamu dapat mencoba cara ini secara perlahan. Cobalah untuk memberanikan diri untuk berbicara hal-hal sederhana ketika sedang berkumpul bersama teman atau mengajukan pendapat dalam diskusi kelompok.

Dengan terus berlatih berbicara di depan umum, kamu akan terbiasa dengan hal tersebut sehingga skill komunikasimu terus meningkat. Mungkin awalnya kamu akan merasa malu, tapi tidak ada salahnya mencoba, kan?

2. Melakukan Kontak Mata Selama Berbicara

Cobalah untuk menatap mata lawan bicara ketika kamu sedang berkomunikasi. Dilansir dari Koinworks, menatap lawan bicara merupakan tanda kalau kamu menghormati dan peduli terhdap lawan bicara. Namun, tetap atur kontak matamu agar lawan bicara terlihat nyaman ketika berkomunikasi. Jangan gunakan tatapan yang mengintimidasi atau membuat lawan bicara tidak nyaman.

Selain itu, dilansir dari Glints, cobalah untuk tidak membungkuk ketika berbicara. Kamu pun perlu mengontrol raut wajahmu, jangan sampai terlihat muram. Pasalnya, raut wajah yang muram tidak enak dilihat orang lain dan membuat orang lain malas untuk berbicara denganmu.

3. Menjadi Good Listener untuk Tingkatkan Skill Komunikasi

Menjadi pendengar yang baik merupakan cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan skill komunikasi. Semakin banyak mendengar, semakin banyak hal yang kamu tahu. Pastikan mendengarkan lawan bicara dengan saksama dan jangan memotong pembicaraan. Sebelum memberikan respon, dengarkan perkataan lawan bicaramu secara keseluruhan. Kamu pun pasti gak suka dong kalau perkataanmu disela? Nah, kamu pun bisa menerapkan hal tersebut pada lawan bicaramu.

4. Memulai Percakapan dengan Bertanya

Kamu dapat memulai percakapan untuk meningkatkan skill komunikasimu. Kamu bisa memulai dengan menanyakan hal-hal sepele kepada lawan bicara seperti apa yang mereka suka. Dengan begitu, percakapan akan mengalir dengan sendirinya. Namun pastikan tidak menanyakan hal-hal sensitif yang dapat membuat orang tidak nyaman dan tersinggung.

5. Meminta Feedback dari Orang Lain

Terkadang kamu gak sadar dengan kemampuan yang kamu punya. Oleh karena itu, kamu perlu pendapat orang lain dengan bertanya. Kamu bisa meminta feedback atau pendapat orang lain mengenai skill komunikasimu. Apakah mereka merasa nyaman dengan cara komunikasimu dan apa yang perlu diperbaiki? Tidak ada salahnya untuk menerima saran atau kritik dari sudut pandang orang lain.

Mungkin tak selamanya feedback yang kamu terima berupa feedback positif. Kalaupun kamu mendapat kritikan, jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

6. Mau Tingkatkan Skill Komunikasi? Coba Perluas Networking!

Dengan memperluas networking, kamu bisa berbicara dengan orang dari berbagai karakter. Kamu dapat menyesuaikan cara berbicara kamu, tentunya hal ini akan meningkatkan skill komunikasimu.

Selain meningkatkan skillmu dalam berkomunikasi, memperluas networking memberimu banyak wawasan dan membuat dirimu berkembang.

7. Latihan Berbicara di Depan Kaca

Kalau kamu belum berani untuk berbicara di depan umum, cobalah untuk latihan berbicara di depan kaca. Kamu bisa melatih nada bicaramu, melihat caramu berbicara dan membangun kepercayaan diri.

Sempatkan waktu sejenak untuk berlatih ketika kamu sendirian. Semakin sering kamu berlatih, semakin lancar komunikasimu.

Gak bisa dipungkiri kalau skill komunikasi sangat penting. Soft skill yang satu ini sangat berguna untuk kariermu di masa depan, bahkan untuk hidupmu seterusnya. Oleh karena itu, yuk terapkan cara-cara sederhana di atas untuk melatih skill komunikasimu biar makin keren!

Biar gak kelupaan, kamu bisa simpan cara-cara sederhana di atas di aplikasi DoCheck. Aplikasi ini cocok banget untuk kamu, generasi muda yang sedang berusaha mengembangkan diri. Di aplikasi DoCheck kamu bisa menemukan berbagai goals dari KOL yang tentunya dapat menginsipasimu menjadi lebih baik. Aplikasi DoCheck bisa kamu download di Play Store dan App Store secara gratis. Yuk sama-sama berkembang bersama DoCheck!

Baca juga: 5 Cara Melatih Interpersonal Skills, Wajib Dicoba!


Scroll to Top