Tips mudah hidup sehat

Ingin Hidup Sehat? Yuk, Terapkan 6 Tips Mudah Berikut Ini!


Apakah kamu merasakan bahwa akhir-akhir ini banyak sekali penyakit yang bermunculan? Memang sebagian penyakit ada yang sudah dari dulu ada. Namun, tidak sedikit juga penyakit baru yang menyerang manusia. Oleh karena itu, MinCheck ingin ajak kamu untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Ada banyak sekali manfaat jika kamu memulai pola hidup yang lebih baik.

Menurut Healthline, gaya hidup sehat dapat mencegahmu terserang penyakit, hemat uang, umur yang panjang, dan dapat memberikan dampak yang baik untuk lingkungan. Jika kamu terus menundanya, kamu akan merasakan efek yang menyakitkan ke depannya. Duh, jangan sampai deh! Oleh sebab itu, yuk terapkan gaya hidup sehat dengan tips mudah di bawah ini!

Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup sangat membantu untuk hidup sehat
Tidur yang cukup sangat membantu untuk hidup sehat (Foto oleh Acharaporn Kamornboonyarush/ Pexels)

Sepanjang hari, kamu sudah melakukan banyak aktivitas. Tubuh dan psikismu pasti merasa kelelahan. Oleh karena itu, kamu wajib untuk mengistirahatkan diri. Dilansir dari alodokter, kebutuhan tidur setiap individu tergantung dengan usianya. Semakin kamu bertambah usia, durasi yang baik untuk istirahat semakin berkurang. Contohnya adalah ketika kamu berusia 14 – 17 tahun, kamu membutuhkan tidur selama 8 sampai 10 jam per hari. Sedangkan orang dewasa muda yang berumur 18 – 25 tahun, durasi tidur yang sehat adalah 7 sampai 9 jam per hari.

Perhatikan Asupan Makanan Agar Hidup Sehat

Ingat, asupan makanmu harus seimbang dan bergizi!
Ingat, asupan makanmu harus seimbang dan bergizi! (Foto oleh Trang Doan/ Pexels)

Salah satu komponen terpenting dalam gaya hidup sehat adalah menjaga asupan makanan. Menurut halodoc, kamu harus mengonsumsi berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Kemudian, kamu harus menghindari makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Kenapa begitu? Karena makanan tersebut dapat mengundang penyakit. Misalnya tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit kronis lainnya. Jadi, yuk mulai saat ini perhatikan apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh!

Minum Air Putih

Air putih bagus untuk kesehatanmu!
Air putih bagus untuk kesehatanmu! (Foto oleh Mauricio Mascaro/ Pexels)

Tahukah kamu bahwa 70% tubuh manusia terdiri dari air? Oleh karena itu, asupan mineral untuk tubuh sangatlah penting. Apabila jumlah air dalam tubuh kurang dari yang seharusnya, tubuhmu akan mengalami gangguan. Jadi, jangan sampai kamu lupa untuk minum air putih hari ini, ya! Selain itu, dikutip dari Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, ada banyak sekali khasiat dari meminum air putih di pagi hari. Contohnya adalah meningkatkan metabolisme, menghilangkan racun dari dalam tubuhmu, dan mencegah kenaikan berat badan.

Yuk, Rajin Olahraga Biar Hidup Sehat!

Kamu malas keluar? Olahraga di rumah saja!
Kamu malas keluar? Olahraga di rumah saja! (Foto oleh Ketut Subiyanto/ Pexels)

Tubuh yang jarang digerakan untuk berolahraga akan mudah terserang penyakit. Karena itulah, luangkan waktumu untuk berolahraga agar kamu kuat! Menurut Sehatq, beberapa jenis olahraga di bawah ini dapat kamu lakukan di rumah loh! Jadi, kamu tidak perlu bingung mencari tempat untuk berolahraga. Yuk, simak apa saja olahraganya berikut ini!

  • Jalan dan jogging di tempat.
  • Jumping jacks.
  • Naik turun tangga.
  • Peregangan dada.
  • Angkat beban.
  • Rotasi leher.
  • Berdiri dengan satu kaki.

Baca juga: Workout From Home bareng DoCheck dengan To-do List Ini!

Jangan Lupa, Jaga Selalu Kebersihan!

Kebersihan terjaga, hidup pun sehat!
Kebersihan terjaga, hidup pun sehat! (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Siapa yang tidak suka tinggal di tempat yang bersih? MinCheck yakin kamu pasti suka lingkungan yang terjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan tidak hanya untuk kenyamanan saja, tapi juga untuk kesehatanmu. Dilansir dari SehatQ, beberapa penyakit ada yang timbul karena pengaruh lingkungan yang kotor. Contohnya mulai dari asma, alergi, diare, mata merah, hingga kanker. Wah, seram juga, ya. Oleh karena itu, ingat selalu untuk menjaga kebersihan lingkungan!

Itulah tips mudah gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Langkah-langkahnya memang cukup banyak, tapi jika kamu mengerjakannya bersama dan disiplin pasti hasilnya akan sangat bagus! Bagaimana cara agar bisa disiplin menerapkannya? Kamu bisa buat to-do list gaya hidup sehat tersebut di DoCheck. Yuk, perhatikan caranya berikut ini!

Membuat To-do List Hidup Sehat di DoCheck

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih harus membuat to-do list untuk aktivitas sehari-hari? Karena dengan to-do list kamu akan mudah mengatur kegiatan secara runtun. Selain itu, manajemen waktu dan produktivitasmu pun akan meningkat. Oleh karena itu, agar tujuan hidup sehatmu tercapai, kamu perlu menyusun rencanamu ke dalam to-do list. Kamu bisa melakukan semua hal ini di aplikasi DoCheck. Ingin tahu caranya? Ayo, ikuti langkah-langkah membuat to-do list hidup sehat di DoCheck berikut ini!

1. Tentukan Goal-mu!

Klik lingkaran hitam untuk menambah goal
Klik lingkaran hitam untuk menambah goal
Tambahkan judul dan deskripsi pada goal-mu!
Tambahkan judul dan deskripsi pada goal-mu!

Apabila kamu tidak mau kehilangan arah ketika melakukan sesuatu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan. Dalam kasus ini, kamu ingin menjalani gaya hidup sehat. Cara menambahkan goal di aplikasi DoCheck adalah dengan klik lingkaran hitam di tengah, lalu akan muncul layar baru. Di sana, kamu bisa menuliskan tujuanmu di kolom judul dan tambahkan deskripsi sebagai keterangan dari goal yang kamu buat.

2. Tambahkan To-do List pada Goal

Klik "Tambahkan Task" untuk menulis to-do list
Klik “Tambahkan Task” untuk menulis to-do list
To-do list hidup sehat
To-do list hidup sehat

Sebuah tujuan tidak akan berarti, jika kamu tidak menambahkan aksi nyata. Oleh karena itu, tambahkan to-do list pada goal-mu agar tujuanmu terlaksana. Caranya adalah dengan klik “Tambahkan Task”. Kemudian, kamu bisa menuliskan tugas-tugas yang akan kamu lakukan beserta tenggat waktu dan pengingatnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika terlupa dengan task yang kamu buat.

3. To-do List Hidup Sehat Selesai!

Klik titik tiga di atas untuk menambahkan teman atau pin goal
Klik titik tiga di atas untuk menambahkan teman atau pin goal

Akhirnya, to-do list hidup sehatmu selesai! Apabila kamu sudah menyelesaikan salah satu tugas dalam daftar kegiatanmu, kamu bisa klik tugas tersebut untuk menandainya. Selain itu, kamu bisa tambahkan teman dan pin goal kamu supaya to-do list yang kamu buat muncul di halaman pertama beranda. Caranya adalah klik titik tiga atas sebelah kanan, lalu pilih “pin goal“. Jadi, tidak ada kata “lupa” untuk menyelesaikan to-do list-mu!

Mudah sekali bukan membuat to-do list di aplikasi DoCheck? Hanya perlu 3 langkah untuk membuatnya dan kamu siap untuk beraktivitas. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: 5 Keunggulan Membuat To-do List, Bentuk Nyata Hargai Waktu


Scroll to Top