to-do list work out from home

Workout From Home bareng DoCheck dengan To-do List Ini!


Workout – Kemunculan varian Omicron membuat kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan lagi. Kondisi ini memaksa beberapa kota untuk mulai memberlakukan PPKM. Banyak kantor yang kemudian kembali menerapkan work from home.

Kantor kamu gimana, nih? Kalau kamu salah satu orang yang WFH, jangan bosen, ya! Banyak banget kok kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah. Jadi, jangan jadikan ini sebagai halangan untuk tidak produktif.

Salah satu kegiatan produktif sekaligus bikin kamu fit adalah olahraga! Eits, tapi kan olahraga identik dengan kegiatan outdoor? Jogging, sepak bola, dan bersepeda semuanya outdoor. Terus, olahraga kayak apa yang bisa dilakukan sendiri di rumah dan tentunya bikin fit? Tenang, nih kita punya to-do list WFH alias Workout From Home!

Baca Juga: Olahraga, Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Mental

Jumping Jacks (10 Kali)

Jumping jacks
Jumping jacks.

Jonathan Mike, seorang profesor ilmu dan performa olahraga di Grand Canyon University, mengatakan bahwa jumping jack memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah meningkatkan mobilitas, aliran darah, dan gerakan sendi secara keseluruhan. Gak cuma sampai situ, menurut sebuah studi pada tahun 2014, jumping jack juga dinilai mampu meningkatkan beberapa parameter kesehatan jantung pada pria obesitas.

Squats (5 Kali)

Squats
Squats.

Cedera saat berolahraga adalah hal yang sering terjadi. Namun, tidak semua dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan dan kelemahan. Nah, squat bisa meningkatkan stabilitas lutut dan pinggul yang dapat membantu mengatasi banyak masalah terkait ketidakseimbangan. Dengan begitu, kalau kamu melakukan squat sebagai pemanasan maka akan menurunkan peluangmu untuk cedera pada saat melakukan olahraga seletalahnya.

Squat juga telah terbukti dapat meningkatkan hormon, terutama yang berhubungan dengan pertumbuhan. Mumpung work from home, yuk mulai dirutinin squat-nya.

Push-ups (5 Kali)

Push-ups
Push-ups.

Sebuah penelitian pada tahun 2010 tentang produktivitas dan kualitas tidur menunjukkan hasil bahwa kualitas tidur yang buruk dapat menurunkan produktivitas. Nah, kalau kamu termasuk orang yang susah tidur belakangan ini, mungkin push-up akan membantumu.

Kok bisa, sih? Tentu bisa dong, karena pada sebuah studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Applied Physiology menemukan bahwa satu sesi latihan ketahanan seperti push-up, secara signifikan dapat membantu orang dewasa untuk mengurangi frekuensi bangun pada saat tidur sepanjang malam. Yuk, golongan susah tidur, mendingan pada push-up.

Cross Crunches (10 Kali)

Cross Crunches
Cross crunches.

Gerakan ini cocok banget nih buat kamu yang pengen punya perut “kotak-kotak”, karena latihan ini melibatkan otot perut. Ketika kamu memasukkan latihan ini dalam daftar latihan harian, kekuatan inti yang dibutuhkan untuk melakukan latihan lain seperti plank dan sit-up akan terbangun. Kalau kamu masih baru mulai workout, cross crunch adalah salah satu opsi latihan paling baik!

Climbers (10 Kali)

Climbers
Climbers.

Latihan ini adalah salah satu exercise yang “komplit”. Pada saat melakukan climbers, hampir seluruh bagian tubuh bergerak. Maka dari itu, efeknya adalah hampir sama dengan saat kamu mendapatkan latihan seluruh tubuh. Paket lengkap kan climbers ini?

Bahu, lengan, dada, semuanya bergerak pada saat kamu melakukan latihan ini. Karena climbers merupakan latihan cardio, maka kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan jantung sekaligus membakar kalori.

Knee Pull-ins (5 Kali)

Knee Pull-ins
Knee pull-ins.

Olahraga sambil rebahan? Ya, jelas bisa dong! Knee pull-in ini salah satu latihan yang posisinya rebah. Jadi, bakalan cocok sih kalau kamu termasuk kaum rebahan.

Seperti olahraga kebanyakan lainnya, knee pull-in juga memiliki berbagai macam manfaat. Salah satunya adalah dapat mengurangi atau mencegah nyeri punggung. Namun, bukan berarti kalau kamu sedang sakit atau nyeri punggung, saat itu juga kamu langsung melakukan knee pull-in, ya!

High Knees (10 Kali)

High Knees
High knees.

Latihan ini termasuk ke dalam cardiovascular exercise. Ketika kamu melakukannya dengan ritme cepat dan penuh semangat, latihan ini dapat membakar sekitar 7 kalori per menit. Jika kamu melakukannya dalam ritme yang sedang, sekitar 3,5 – 7 kalori per menit bisa kamu bakar.

Manfaat lainnya dari high knee adalah dapat meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah kalau kamu melakukannya dengan intensitas yang tinggi. Menurut penelitian pada tahun 2015, berlari di tempat, yang memiliki kemiripan dengan high knee dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Gak ada alasan lagi buat gak produktif selama WFH. Olahraga yang identik dengan kegiatan outdoor pun bisa kamu lakukan di rumah. Jadi, seharusnya kegiatan lain juga bisa. Dengan begitu, selain produktif, kamu juga akan tetap fit! Yuk, mulai workout!

Di aplikasi DoCheck sudah tersedia to-do list workout from home ini, loh! Jadi, kamu bisa langsung copy template-nya untuk dijadikan goal. Tunggu apa lagi? Yuk, segera download aplikasi DoCheck di App Store dan Google Play Store sekarang. Gratis!


Scroll to Top