Contoh kerja freelance

Contoh Kerja Freelance yang Bisa Kamu Coba


Saat ini banyak banget jenis pekerjaan yang bisa kamu coba salah satunya freelance. Contoh kerja freelance pun sangat beragam. Berbeda dengan pekerjaan full time atau part time, freelancer biasanya tidak terikat kontrak jangka panjang. Salah satu poin menggiurkan menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas adalah fleksibilitas. Freelancer dapat bekerja dari mana saja dengan waktu kerja yang fleksibel. Selain itu, freelancer juga tidak terikat aturan, pekerjaan dikerjakan sesuai kesepakatan antara freelancer dan klien.

Persiapan Kerja Freelance

Untuk memulai sesuatu tentu perlu persiapan yang matang. Nah, biar kamu gak salah langkah, simak hal-hal yang perlu disiapkan sebelum memantapkan diri jadi seorang freelancer. Dilansir dari Ruang Freelance, berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk menjadi seorang freelancer, seperti berikut ini:

Persiapkan Surat Lamaran Kerja dan Portofolio

Sama seperti melamar kerja full time atau part time, kamu juga perlu mempersiapkan Cover Letter atau surat lamaran. Biar klien melirik kamu, jangan lupa cantumkan portofoliomu. Sesuaikan portofolio dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Sebagai contoh, ketika kamu melamar sebagai freelance content writer, kamu bisa mencantumkan link atau contoh tulisan yang sudah kamu publikasikan. Lalu, gimana kalau belum ada pengalaman? Kamu bisa menulis dengan tema menarik dan dituangkan ke dalam bentuk artikel atau esai.

Perhatikan Kontrak Kerja Freelance

Meskipun freelancer gak terikat kontrak, tapi pastinya ada kesepakatan antara kamu dan klien. Biasanya akan ada kesepakatan mengenai fee atau bayaranmu, deadline, dan tugas yang harus kamu kerjakan. Pastikan kamu memahami kesepakatan tersebut, agar tidak terjadi salah paham dan tidak merugikan kedua belah pihak, ya! Setelah mengetahui kesepakatan tersebut, jangan lupa untuk berkomitmen. Lakukan yang terbaik biar hasilnya maksimal dan klien bisa kasih feedback yang baik buat kamu.

Contoh Kerja Freelance yang Bisa Dicoba

Contoh kerja freelance buat hasilin cuan!
Contoh kerja freelance buat hasilin cuan! (Foto fauxels via Pexels)

Content Writer

Kamu hobi menulis? Bisa banget nih jadi freelance content writer. Sesuai namanya, sebagai seorang content writer kamu menyediakan jasa sebagai penulis konten, biasanya content writer menulis artikel untuk website. Berdasarkan kitalulus, content writer bertujuan untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan pembaca. Content writer berperan dalam membangun citra sebuah perusahaan atau produk.

Marketing Freelance

Dilansir dari Glints, marketing freelance bertugas melakukan aktivitas marketing sesuai dengan permintaan klien atau perusahaan. Asyiknya, marketing freelance tidak hanya fokus pada satu perusahaan, tapi bisa ke berbagai perusahaan.

Contoh marketing freelance antara lain content marketing, social media marketing, digital marketing, bahkan marketing offline. Gimana? Apakah kamu tertarik dengan pekerjaan ini?

Freelance Graphic Design

Kerjaan freelance yang satu ini cocok banget nih buat kamu yang hobi menggambar. Bayaran untuk pekerjaan ini juga nggak main-main, lho! Kalau kamu bisa bikin logo, ilustrasi, dan brosur, wajib banget coba!

Translator atau Penerjemah

Penerjemah atau translator bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan. Kalau kamu jago menerjemahkan suatu bahasa, freelance translator bisa jadi pilihan yang cocok nih buat kamu! Sebelum kamu memulai untuk jadi translator, pastikan kamu memahami jenis terjemahan yang paling dikuasai.

Gimana? Sudah tahu kira-kira kerjaan freelance mana yang cocok buat kamu? Kamu bisa lihat rekomendasi pekerjaan freelance dan persiapannya pakai aplikasi DoCheck. Aplikasi DoCheck cocok banget untuk produktivitasmu, terutama kalau kamu mau kerja sebagai freelancer. Selain itu, kamu bisa share goals-mu bareng temen. Seru banget, kan? Cusss download aplikasinya sekarang di Play Store dan App Store, gratis lho!

Baca juga: Manfaat Interpersonal Skills di Dunia Kerja, Wajib Tahu Nih!


Scroll to Top