Carina Joe

Figur Paling Inspiratif Selama 2021 Versi DoCheck


Siapa sih di dunia ini yang belum pernah ngalamin kegagalan? Kayaknya setiap orang pasti pernah, deh. Tenang, kegagalan bukan akhir segalanya kok, melainkan awal dari kesempatan meraih kesuksesan.

Kita perlu mengubah cara pandang kita terhadap kegagalan dan mencari hal baik yang datang bersamaan dengannya untuk kita syukuri dengan cara melakukan refleksi diri. Dengan begitu, kita dapat berdamai dengan kegagalan ini. Dengan begitu, jika sudah seperti ini, kita dapat menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk lebih baik ke depannya.

Kegagalan adalah sebuah motivasi yang datang dari diri kita sendiri. Namun, tak jarang hal ini datang dari orang lain. Misalnya, kita merasa termotivasi setelah membaca kisah inspiratif dari seorang figur.

Banyak hal yang terjadi sepanjang 2021. Pandemi yang masih belum berakhir, sedikit banyak membatasi ruang gerak kita sebagai manusia. Namun, hal ini tidak menghambat figur-figur berikut ini untuk tetap berbuat kebaikan dan menginspirasi orang selama 2021. Siapa saja ya kira-kira?

Baca Juga: Scriptwriter Film Terbaik Versi DoCheck, Karyanya Berkualitas!

Adi Utarini, Figur Asal Indonesia yang Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh di Dunia

Foto dari website UGM

Adi Utarini adalah seorang profesor dalam bidang kesehatan masyarakat. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai wakil dekan bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan kerja sama di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada pada tahun 2012 hingga 2016. Sejak 2015 sampai sekarang, ia terdaftar sebagai anggota National Research Council.

Saat ini, beliau fokus terhadap studinya mengenai Demam Berdarah Dengue (DBD). WHO menyebutkan bahwa penyakit ini menginfeksi kurang lebih 390 juta orang dalam setahun. Sehingga membuatnya masuk ke dalam salah satu dari sepuluh ancaman kesehatan global.

Adi Utarini bersama dengan peneliti dari World Mosquito Program mencoba untuk mengurangi ancaman ini dengan mengokulasi nyamuk penyebab DBD dengan bakteri Wolbachia. Bakteri tersebut tidak berbahaya bagi manusia namun dapat mencegah nyamuk menularkan demam berdarah melalui gigitannya. Terobosan ini berhasil dalam menekan angka kasus DBD.

Berkat kerja kerasanya ini, beliau berhasil masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di 2021. Ia menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk daftar tersebut.

Baca Juga: Film Baru yang Paling Ditunggu Tahun 2022

Carina Citra Dewi Joe, Figur Asal Indonesia yang Ikut Kembangkan Vaksin AstraZeneca

Carina Joe (paling kanan). Foto Oleh John Cairns dari BBC Indonesia

Kamu tahu gak vaksin apa yang paling banyak digunakan di dunia? Betul, AstraZeneca! Vaksin ini — pada Desember 2021 — sudah digunakan oleh 184 negara. Mengalahkan Pfizer dan Moderna yang digunakan oleh masing-masing 150 dan 83 negara.

Nah, ternyata ada orang Indonesia yang terlibat di balik layar pembuatan vaksin AstraZeneca, yaitu Carina Joe. Formula “dua sendok makan sel” yang ia temukan menjadi landasan produksi AstraZeneca. Formula tersebut juga memungkinkannya untuk diproduksi dengan “harga semurah mungkin”.

Mengutip BBC, formula tersebut ditemukan oleh Carina pada 15 Januari 2020. Temuan ini memungkinkan produksi vaksin lebih banyak 10 kali lipat hanya dengan menggunakan sel sekitar dua sendok makan. Keren banget ya Mbak Carina ini?

Tim vaksin Oxford berhasil menerima penghargaan Special Recognitian Award dalam acara Pride of Britain di London pada tanggal 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Rekomendasi Film Pendek Self-Healing, Penuh Nilai Moral

Chloe Zhao, Perempuan Asia Pertama yang Memenangkan Best Director

Foto Oleh Chris Pizello dari ABC

Kemarin kamu sempat nonton film The Eternals-nya Marvel gak? Nah, Cloe Zhao ini sutradaranya. Sebelumnya, Chloe pernah menyutradari film yang berjudul Nomadland.

Dapat dikatakan, Nomadland adalah pencapaian terbaiknya. Pasalnya, film tersebut berhasil meraih tiga penghargaan pada gelaran Academy Award ke 93 yang diadakan Senin, 26 April 2021. Penghargaan tersebut adalah best picture, best director, dan best actress.

Kemenangan ini cukup bersejarah. Pasalnya, Chloe adalah wanita keturunan Asia pertaman yang berhasil memenagkan best director. Ia juga menjadi perempuan ke dua yang memenangkan penghargaan ini sepanjang 93 tahun Academy Award digelar, setelah Kathryn Bigelow pada 2010.

Kemenangan ini dinilai penting karena Academy Award dikenal anti-internasionalisme dan mempunyai sejarah buruk mengenai rasisme.

Momiji Nishiya, Peraih Medali Emas Termuda di Olimpiade Tokyo 2020

Foto oleh atibaphoto dari Instagram @momiji_nishiya830

Siapa nih yang kemarin ngikutin banget Olimpiade Tokyo 2020? Pada gelaran kali itu, terdapat beberapa olahraga baru yang diperlombakan. Salah satunya adalah street skateboarding.

Pada cabang olahraga yang baru diadakan tahun ini tersebut, Momiji Nishiya, skateboarder asal Jepang, berhasil menyabet medali emas. Kemenangan ini mencetak sejarah karena Nishiya masih berumur 13 tahun kala itu. Menjadikannya peraih medali emas termuda pada ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Momiji Nishiya keluar sebagai pemenang dengan skor total 15,26. Disusul dengan Rayssa Leal dan Funa Nakayama pada medali perak dan perunggu. Wah, umur 13 tahun udah dapet medali emas Olimpiade. Keren banget ya Momiji Nishiya ini!

Pangeran Harry dan Meghan Markle

Foto oleh Joe Pugliese dari AP Photo

Siapa sih yang gak kenal Pangeran Harry? Sebenernya, secara teknis dia sudah bukan lagi pangeran setelah memutuskan untuk keluar dari Kerajaan Inggris pada Februari lalu. Keputusan ini sempat membuat publik heboh.

Adanya masalah dengan anggota kerajaan lainnya melatarbelakangi keputusan ini. Dalam wawancaranya bersama Oprah Winfrey, mereka mengungkapkan beberapa hal yang cukup menghebohkan publik. Mulai dari Meghan pernah berpikir untuk bunuh diri hingga isu rasisme yang menyangkut anak mereka – Archie.

Setelah lepas dari kerajaan Inggris, mereka fokus dengan yayasan yang dimilikinya, yaitu Archewell Foundation. Yayasan tersebut begerak dibidang kemanusiaan yang mempunyai misi menyatukan komunitas.

Baca Juga: Belajar Mengenai Self-esteem dari Spider-Man

Orang awam mungkin berpikiran menjadi anggota kerajaan adalah sebuah privilege. Sedikit banyak kejadian ini menyadarkan kita bahwa hal tesebut tidak selamanya benar. Kadang kita harus mengorbankan sesuatu yang besar untuk mencapai sesuatu yang lain. Semoga kamu terinspirasi dari keberanian pangeran Harry dan Meghan ini, ya!

Itulah beberapa orang yang cukup menginspirasi dan berpengaruh di 2021 versi DoCheck. Kamu bisa mengambil pelajaran dari kisah inspiratifnya. Semoga, kamu bisa semakin termotivasi dan lebih berkembang di tahun 2022 nanti, ya!

Aplikasi DoCheck juga bisa bantu kamu untuk mengembangkan diri, loh! Di sana kamu bisa tentuin goals kamu sekalian sama to-do-list apa saja yang diperlukan untuk mewujudkannya. DoCheck juga akan kasih tips-tips yang bisa membantu kamu dalam mewujudkan goals tersebut. Makanya, yuk segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store. Gratis!

Sekian dari Docheck mengenai daftar orang-orang yang cukup berpangaruh di 2021. Masih banyak lagi figur-figur yang menginspirasi di luar sana. Pandemi tidak menghentikan mereka untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Semoga, kamu terinspirasi, ya!


Scroll to Top