gagal produktif

Gagal Produktif, Kok Bisa Sih? Yuk Intip Alasannya!


Pernah gak sih kamu punya segudang kegiatan tapi gak ada hasilnya? Kalau pernah, tandanya kamu gagal produktif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, produktif berarti bersifat atau mampu menghasilkan. Dalam artian, ketika kamu mengerjakan sesuatu maka harus ada hasil atau bukti nyata.

Gagal produktif bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun faktor yang paling besar pengaruhnya adalah dari diri sendiri. Hmm.. bisa jadi kamu sering melakukan hal-hal ini sehingga kamu gak produkti. Biar lebih jelas, yuk intip alasannya di bawah ini!

Tidak Punya Goals

Tidak punya goals, bikin kamu gagal produktif
Tidak punya goals, bikin kamu gagal produktif. (Foto Breakingpic via Pexels)

Salah satu alasan kenapa kamu gagal produktif adalah tidak punya goals. Bayangin, kamu berada di suatu perjalanan tapi gak punya tujuan yang jelas. Bisa-bisa, kamu kebingungan bahkan tersesat, kan? Maka dari itu, penting banget untuk punya goals yang jelas setiap harinya.

Kamu gak perlu goals yang muluk-muluk, pelan-pelan saja! Contohnya, kamu bikin goals apa yang akan kamu lakukan hari ini. Kalau kamu pelupa, kamu bisa memanfaatkan tools untuk set goals-mu! Eh.. memang ada, ya?

Jawabannya.. ada, dong! Biar kamu makin termotivasi, kamu bisa gunakan aplikasi DoCheck. Aplikasi yang satu ini mempunyai fitur goals dan kamu bisa merinci tasks-nya. Kamu bisa isi goals apa saja, bahkan bisa berbagi goals sama teman. Kalau bingung, bisa tiru goals dari influencer. Jadi, gak ada lagi alasan untuk gak produktif!

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Kecanduan Medsos bikin Gagal Produktif

Stop scrolling, fokus pada pekerjaanmu.
Stop scrolling, fokus pada pekerjaanmu. (Foto Kerde Severin via Pexels)

Kecanduan medsos bisa bikin kamu gagal produktif. Kalau kamu masih sering scrolling sosmed, ada baiknya dikurangi ya! Pasalnya, kecanduan medsos bikin kamu gak bisa fokus mengerjakan sesuatu karena adanya keinginan untuk terus scrolling sosmed.

Kamu bisa menerapkan batas waktu maksimal penggunaan media sosial. Contohnya, kamu hanya boleh mengecek media sosial satu jam setiap harinya. Tentu saja, hal ini harus diiringi dengan komitmen yang kuat.

Sering Begadang

Begadang gak baik untuk kesehatan.
Begadang gak baik untuk kesehatan. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Yup, kalau gak ada urgensi tertentu sebisa mungkin hindari yang namanya begadang. Dilansir dari Alodokter, begadang bisa menurunkan fungsi otak dan bikin kamu mudah lupa. Hal ini juga bisa menurunkan produktivitasmu dan kamu jadi gagal produktif, deh. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup.

Gagal Manajemen Waktu, Gagal Produktif

Manajemen waktu yang buruk bikin gagal produktif.
Manajemen waktu yang buruk bikin gagal produktif. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Bicara soal manajemen waktu, kamu bisa menerapkan yang namanya time boxing. Kamu bisa mengatur alokasi waktu untuk kegiatan atau pekerjaanmu, jadinya kamu bisa pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain dengan teratur. No multitasking, kerjaan beres!

Itulah berbagai alasan kenapa kamu bisa gagal produktif. Yuk mulai benahi kebiasaanmu yang buruk biar kamu bisa jadi pribadi yang produktif dan berkualitas. Jangan lupa, buat goalsmu di aplikasi DoCheck, ya! Aplikasinya bisa kamu download secara gratis di Play Store dan App Store.


Scroll to Top