Jurusan-jurusan unik hanya ada di Indonesia

7 Jurusan Unik Hanya Ada di Indonesia, Tertarik Daftar?


Beberapa negara di dunia memiliki kampus dengan jurusan yang beragam. Ada program studi yang sudah umum di kalangan masyarakat serta ada juga yang unik dan langka. Jika kamu ingin menantang diri untuk belajar hal baru, jurusan unik di Indonesia berikut ini bisa jadi pilihan yang cocok untukmu! Karena selain berbeda dari yang lain, program studi ini juga hanya ada di Indonesia loh! Kamu gak akan menemukannya di kampus negara lain.

Memang apa untungnya daftar ke jurusan yang anti-mainstream? Pertama, kamu bisa lebih menonjol daripada orang lain karena ilmu yang kamu miliki tidak bisa ditemukan pada mereka. Kedua, kamu bisa membuka peluang baru yang belum diketahui oleh masyarakat umum. Jadi, ada kelebihannya juga ketika kamu memilih jurusan yang berbeda dari yang lain. Nah, kalau kamu tertarik untuk mendaftar dan cari tahu jurusan unik di Indonesia apa saja? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Yuk, Kuliah Teknologi Batik!

Jurusan Teknologi Batik, program studi unik di Indonesia yang diminati mahasiswa asing
Jurusan Teknologi Batik, program studi unik di Indonesia yang diminati mahasiswa asing (Foto oleh Rizky Rafael  / Pexels)

Pada tahun 2011, Universitas Pekalongan secara resmi mendirikan program studi Teknologi Batik dengan harapan para lulusan dapat mengembangkan teknologi dan mendirikan usaha mandiri di bidang batik. Di sini kamu akan belajar tentang sejarah, filosofi, dan produksi batik. Hebatnya lagi, beberapa mahasiswa asing juga tertarik untuk mengikuti kelas di jurusan ini, loh! Apabila kamu ingin mendaftar, kamu bisa pilih diantara Universitas Pekalongan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Politeknik Pusmanu.

Namun, tahukah kamu mengapa batik sangat berharga di Indonesia sehingga dibuatkan program studi khusus? Jadi, batik adalah kain tradisional Indonesia yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Bahkan, UNESCO (United Nations of Educational, Scientif, and Cultural Organization) telah meresmikan batik sebagai “Warisan Budaya Tak Benda” pada tanggal 2 Oktober 2009. Wah, rasanya bangga sekali ya sebagai rakyat Indonesia! Oleh karena itu, jika kamu ingin melestarikan batik kebanggaan Indonesia, jurusan unik Teknologi Batik ini patut kamu coba!

2. Sastra Jawa

Ingin belajar aksara Jawa? Yuk, kuliah jurusan Sastra Jawa!
Ingin belajar aksara Jawa? Yuk, kuliah jurusan Sastra Jawa! (Foto oleh krjogja.com)

Jurusan unik di Indonesia yang kedua ini berkaitan dengan bahasa daerah yaitu Sastra Jawa. Menurut Portal Sulut, penutur bahasa Jawa ada kurang lebih sebanyak 68,2 juta jiwa. Memang angka tersebut terlihat banyak, tapi jika bahasa ini tidak digunakan secara aktif akan ada kemungkinan untuk punah. Oleh karena itu, program studi ini hadir untuk menghasilkan generasi muda yang mahir dalam berbahasa daerah ini.

Kemudian, beberapa kampus yang menawarkan jurusan ini pun ada cukup banyak. Contohnya adalah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Semarang. Ketika kuliah nanti, kamu tidak hanya belajar tentang kebahasaan saja, tapi juga budaya dan seni Jawa. Wah, paket lengkap ya! Jadi, setelah lulus nanti kamu bisa menjadi akademisi, ahli bahasa, dan bekerja di bidang seni.

3. Seni Pedalangan

Belajar jadi dalang di jurusan unik Seni Perdalangan di Indonesia
Yuk, belajar jadi dalang di program studi Seni Perdalangan! (Foto oleh Jumadi/ infopublik.id)

Apakah kamu pernah menonton pertunjukan wayang? Jika kamu belum pernah melihatnya, kamu pasti akan kagum menyaksikan aksi para dalang Indonesia memerankan setiap wayang yang ditampilkan secara luar biasa. Bahkan, para penonton mulai dari muda hingga tua pun menyukainya. Hebat banget, ‘kan? Untuk menampilkan penampilan yang terbaik, para dalang tentu harus menjalani pendidikan terlebih dahulu. Salah satu kampus di Jawa Tengah, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, lalu ISI di Surakarta, Denpasar, dan Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta mempunyai jurusan unik Seni Perdalangan.

Apabila kamu menjadi mahasiswa program studi Seni Perdalangan, kamu akan mempelajari tentang konsep-konsep dalam pementasan wayang tradisional, cara berperan sebagai dalang dengan profesional, membuat alur cerita, filosofi, dan pengetahuan sejarah perdalangan. Menarik sekali ya materi kuliahnya! Dengan mendaftar ke jurusan ini, kamu menjadi bagian dari agen pelestari budaya Indonesia.

Baca juga: Saintek atau Soshum, Pilih yang Mana?

4. Seni Karawitan

Jurusan unik Seni Karawitan yang hanya ada di Indonesia
Jurusan unik Seni Karawitan yang hanya ada di Indonesia (Foto oleh Benny Bastiady/ Media Indonesia)

Indonesia kaya akan budaya dan seni, salah satunya adalah Karawitan. Apakah kamu tahu seni Karawitan? Jadi, ini adalah kesenian musik tradisional Jawa yang menggunakan permainan musik Gamelan. Tangga nada yang digunakan adalah slendro dan pelog. Jika kamu mengambil program studi ini, kamu akan belajar memainkan alat musik tradisional Indonesia, aransemen musik, teknik vokal, dan menyinden. Untuk kamu yang suka menyanyi, jurusan ini cocok banget buat kamu! Jadi, kalau kamu berminat, kamu bisa daftarkan diri ke Institut Seni Indonesia di Denpasar dan Surakarta.

Baca juga: Musik dan Produktivitas: Apa Hubungannya?

5. Manajemen Industri Katering

Kamu hobi masak? Yuk, gabung ke jurusan unik Manajemen Industri Katering di Indonesia!
Kamu hobi masak? Yuk, gabung ke jurusan unik Manajemen Industri Katering di Indonesia! (Foto oleh Elle Hughes/ Pexels) 

Siapa yang hobi makan dan masak? Kalau kamu orangnya, berarti jurusan Manajemen Industri Katering yang unik dan langka di Indonesia ini bagus untuk kamu coba. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung merupakan satu-satunya kampus yang memiliki program studi ini. Jadi, kamu tidak perlu pusing mencari-cari kampus lain di Indonesia, cukup UPI saja.

Kemudian, apabila kamu beruntung bisa menjadi mahasiswa di Manajemen Industri Katering, kamu akan mendapat ilmu seputar kuliner baik itu lokal dan internasional dan manajemen usaha kuliner. Perihal peluang kerja setelah lulus nanti, kamu tidak perlu khawatir. Karena industri kuliner akan terus ada sebab manusia pasti butuh makan. Contohnya kamu bisa mendirikan restoran sendiri atau menjadi manajer di sebuah restoran.

6. Tasawuf Psikoterapi

Tasawuf Psikoterapi, program studi yang membantu meningkatkan kesehatan mental
Tasawuf Psikoterapi, program studi yang membantu meningkatkan kesehatan mental (Foto oleh Alex Green/ Pexels)

Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai menyadari pentingnya kesehatan mental. Buktinya, kamu bisa temukan ada banyak orang yang membahas topik ini melalui webinar atau memberikan konsultasi gratis. Jika kamu ingin ikut membantu orang-orang yang mengalami masalah tersebut, kamu perlu menggali ilmu di jurusan Tasawuf Psikoterapi. Di sini kamu tidak hanya mendalami ilmu agama Islam, tapi juga psikologi dan menggali kemampuan di bidang terapi mental.

Pilihan kampus yang bisa kamu coba untuk mendaftar program studi ini adalah sebagai berikut:

  • Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya;
  • Institut Agama Islam Tulungagung;
  • UIN Raden Intan Lampung;
  • Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung;
  • Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

7. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan unik Ilmu Keluarga dan Konsumen di Indonesia ini membantu membentuk keluarga sehat dan cerdas
Jurusan unik Ilmu Keluarga dan Konsumen di Indonesia ini membantu membentuk keluarga sehat dan cerdas (Foto oleh Migs Reyes/ Pexels)

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, keluarga adalah unit terkecil masyarakat. Mulai dari sinilah kamu mengenal tentang tata krama, budaya, bahasa, dan dunia. Oleh karena itu, Institut Pertanian Bogor membangun jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen agar nantinya para generasi selanjutnya dapat membentuk keluarga yang sehat dan cerdas. Memangnya apa saja materi kuliah yang akan dipelajari?

Untuk kamu yang tertarik dengan program studi ini, kamu akan mengenal lebih jauh tentang teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen, dan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) untuk meningkatkan ketahanan keluarga, konsumen, serta kualitas anak yang baik. Wah, menarik banget ya!

Demikian 7 jurusan unik yang hanya ada di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk mendaftar? Jika iya, kamu harus mulai membuat persiapan dari sekarang nih! Salah satunya adalah dengan mengatur to-do list yang akan kamu lakukan ketika mendaftar ke kampu dan jurusan unik impianmu. Bagaimana caranya?

Kamu bisa download aplikasi DoCheck di Play Store atau App Store, lalu mulai menyusun daftar jurusan yang kamu minati beserta link referensi dan waktu pendaftarannya. Jadi, kamu tidak akan tertinggal dengan yang lain. Mudah bukan? Yuk, coba sekarang aplikasinya GRATIS!


Scroll to Top