Cara beradaptasi di tempat kerja untuk karyawan baru

Karyawan Baru, Begini Caranya Beradaptasi di Tempat Kerja


MinCheck ucapkan selamat untukmu yang akhirnya sudah diterima kerja. Akhirnya, sekarang kamu memasuki fase kehidupan yang lebih tinggi, yaitu sebagai karyawan baru. Pada awalnya, kamu pasti merasa gugup karena nuansa dunia kerja berbeda sekali dengan ketika kuliah. Misalnya, dikutip dari rencanamu hal yang berubah adalah teman kerja yang ternyata bisa menjadi pesaingmu untuk naik jabatan. Kemudian, waktu kerja yang tidak sefleksibel dengan kuliah.

Oleh karena itu, agar kamu bisa menghadapi masa kerja dengan tenang. Kali ini MinCheck akan bahas tentang cara beradaptasi di tempat kerja bagi karyawan baru sepertimu. Yuk, simak baik-baik ya! 

1. Persiapkan Mentalmu

Jangan berekspektasi terlalu tinggi terhadap tempat kerja barumu!
Jangan berekspektasi terlalu tinggi terhadap tempat kerja barumu! (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Menurut Robert Walters, saat kamu masuk ke dunia yang asing, respon pertama yang kamu rasakan adalah kaget atau canggung. Maka dari itu, kamu harus menyiapkan mentalmu terlebih dahulu. Kenapa itu penting? Karena jika mentalmu belum siap dengan segala perubahan yang kamu alami, kamu akan kesulitan untuk beradaptasi. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak berekspektasi tinggi terhadap tempat kerjamu. Jadi, kamu tidak akan merasa kecewa jika apa yang kamu bayangkan tidak sama dengan kenyataan.

2. Karyawan Baru, Tunjukkan Sifat Positifmu!

Tunjukkan keramahanmu sebagai karyawan baru
Tunjukkan keramahanmu sebagai karyawan baru (Foto oleh Fauxels/ Pexels)

Sebagai orang baru, kamu harus membuat kesan pertama yang baik. Jadi, MinCheck sarankan untuk tunjukkan sifat positifmu kepada para rekan kerja dan atasan. Contohnya, dilansir dari Qubisa, kamu bisa memulai dengan bersikap profesional dan ramah. Selain itu, ketika ada yang memberimu saran, kamu dengarkan dengan baik dan usahakan untuk menerapkannya. Dengan begitu, orang sekitar akan merasa nyaman. Apakah hanya itu saja? Oh, tentu tidak! Di bawah ini adalah contoh sikap profesional di tempat kerja dari smartpresence yang wajib kamu tiru.

  • Tepat waktu.
  • Bertanggung jawab.
  • Menghormati rekan kerja.
  • Tidak membawa urusan pribadi ke kantor.

3. Kenali Atasan dan Rekan Kerjamu

Yuk, kenalan dengan rekan kerja dan atasanmu!
Yuk, kenalan dengan rekan kerja dan atasanmu! (Foto oleh Fauxels/ Pexels)

Ketika kamu kerja, kamu tidak akan mengerjakan proyek sendiri. Kamu akan bekerja sama dengan rekan kerja satu divisi dan atasan. Karena itulah, wajib hukumnya bagi karyawan baru untuk mengenal orang – orang di sekitarmu. Menurut Robert Walters, hal yang harus kamu cari tahu adalah bagaimana mereka berdiskusi, cara kerja mereka, dan cara membuat laporan kerja kepada atasan. Jadi, kamu semakin mudah beradaptasi dengan tempat kerjamu tanpa membuat masalah. 

4. Pahami Kultur Kerja Kantormu

Sebagai karyawan baru, kamu harus paham kultur kerja perusahaan
Sebagai karyawan baru, kamu harus paham kultur kerja perusahaan (Foto oleh Christina Morillo/ Pexels)

Setiap perusahaan memiliki kultur kerja masing-masing. Menurut JobStreet, di Indonesia sendiri ada empat budaya kerja: hierarki, clan, adhocracy, dan market. Masing-masing kultur ini berbeda sekali penerapannya. Contohnya, perusahaan yang menggunakan budaya hierarki seluruh keputusan diatur oleh atasan saja. Sedangkan, karyawan hanya mengikuti saja. Berbeda sekali dengan adhocracy yang lebih fleksibel. Jadi, sangat penting untuk karyawan baru memahami budaya kerja perusahaannya.

Baca juga: 4 Budaya Kerja Perusahaan Indonesia, No. 3 Asik Banget!

5. Karyawan Baru, Jangan Malu Bertanya!

Ingat, jangan malu bertanya!
Ingat, jangan malu bertanya! (Foto oleh Christina Morillo/ Pexels)

Pernahkah kamu mendengar pepatah, ”malu bertanya, sesat di jalan?” Ternyata ini bukan hanya sekedar nasihat orang tua saja, tapi ini memang harus kamu terapkan dalam kehidupan. Dikutip dari Robert Walters, berani bertanya kepada rekan kerja atau atasan itu perlu. Karena tindakan ini untuk mencegah kesalahan yang mungkin terjadi akibat ketidakpahamanmu terhadap tugas yang diberikan.

6. Usahakan Hindari Konflik

Jaga citramu dengan menghindari masalah di tempat kerja
Jaga citramu dengan menghindari masalah di tempat kerja (Foto oleh LinkedIn Sales Navigator/ Pexels)

Ketika kamu sedang membangun kesan yang baik, usahakan hindari konflik di tempat kerjamu. Baik itu yang bersifat personal atau kerjaan. Karena menurut Glints, masalah yang timbul di kantor akan mempengaruhi performa kerjamu. Lantas, bagaimana solusinya? Berikut ini tips menghindari konflik di tempat kerja dari Amarta.

  • Jangan saling menuduh satu sama lain!
  • Hadapi masalah dengan tenang.
  • Saling membantu satu sama lain.
  • Hindari penyebab konflik.
  • Bersaing secara sehat.
  • Saling terbuka di lingkungan kerja.

7. Karyawan Baru Harus Percaya Diri

Rasa percaya diri dapat membantu proses adaptasimu
Rasa percaya diri dapat membantu proses adaptasimu (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Salah satu kepribadian yang dapat membantumu sukses dalam berkarier adalah percaya diri. Karena dengan sifat ini, kamu akan terdorong untuk menghadapi tantangan yang ada. Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya dari kepercayaan diri yaitu mengembangkan kemampuan diri, memaksimalkan kekuatan, dan menerima kekurangan. Kalau kamu ingin meningkatkan rasa percaya diri, yuk ikuti langkah-langkah dari Skill Academy berikut ini!

  • Hilangkan pikiran negatif!
  • Hindari terlalu fokus pada apa yang orang lain pikirkan tentangmu.
  • Identifikasi kelebihan dan kekurangan.
  • Tingkatkan kemampuan dan pengetahuan.
  • Coba lebih terlibat pada aktivitas lain di tempat kerja.
  • Evaluasi kinerja.
  • Selalu perbarui informasi

Demikian tujuh cara beradaptasi di tempat kerja untuk karyawan baru. Pada awalnya memang sulit untuk diterapkan, tapi kamu akan merasakan manfaatnya di kemudian hari. Oleh karena itu, jangan pantang menyerah untuk berbaur dengan tempat kerja barumu!

Baca juga: 6 Langkah Jitu untuk Persiapkan Kariermu

Kemudian, hal penting lainnya untuk seorang karyawan baru adalah melatih soft skills. Apakah kamu tahu bagaimana cara agar terampil dengan soft skill? Kalau belum tahu, MinCheck rekomendasikan untuk cek to-do list dari Ananza Prili di aplikasi DoCheck! Di sini, kamu akan mendapat tips-tips bermanfaat untuk perkembangan diri dan karier, belajar manajemen waktu, dan meningkatkan produktivitas. Menarik banget, ‘kan? Yuk, download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!


Scroll to Top