Kegiatan Produktif Saat Liburan Nataru di Rumah Aja


Sudah hampir 2 tahun negara-negara di dunia termasuk Indonesia terkena dampak dari pandemi Covid-19. Sempat mengalami penurunan pasien akibat Covid-19, tapi munculnya varian-varian baru, membuat seluruh masyarakat harus waspada saat berkegiatan di luar rumah. Kamu mungkin sudah merencanakan liburan, tapi saat ini terjadi lagi pembatasan mobilitas terutama ke luar negeri, termasuk saat liburan nataru 2021.

Dikutip dari CNBC Indonesia, walaupun penyebaran varian baru yaitu Omicron terhitung cepat, namun mereka yang terinfeksi Omicron jauh lebih kecil kemungkinannya untuk berakhir di rumah sakit daripada mereka yang terinfeksi varian Delta. Terlebih lagi jika sudah divaksinasi dan penyintas Covid-19.  Meski begitu, hal ini harus tetap diwaspadai terlebih memasuki libur nataru 2021. Kita diwajibkan tetap melakukan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan di luar rumah.

Adapun beberapa kebijakan pemerintah yang dilakukan selama nataru 2021 adalah dilarangnya pesta tahun baru, jam buka mal diperpanjang karena untuk mengurangi penumpukan jumlah pengunjung diwaktu yang bersamaan dan mewajibkan masyarakat untuk 2 kali vaksin. Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus dan mempercepat pemulihan Indonesia dari Covid-19.

Hampir semua orang merasakan hal yang sama saat liburan nataru tahun ini dan tahun 2020 lalu. Akibat dari pandemi yang belum selesai, mengharuskan kita semua untuk tetap berkegiatan di rumah, termasuk saat liburan nataru. Di rumah saja bukan berarti tak bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan, loh! Kamu bisa lakukan beberapa kegiatan produktif ini untuk mengisi liburan saat nataru:

Mencoba Hobi Baru

liburan nataru
Photo by 42 North From Pexels

Jika kamu cukup sibuk dengan rutinitas sehari-hari dan punya banyak hobi yang belum sempat kamu lakukan, momen liburan nataru ini bisa jadi waktu yang pas buat kamu. Liburan nataru ini bisa kamu manfaatkan untuk hobi, misalnya menulis, belajar alat musik ataupun olahraga favorit. Melakukan hobi akan buat kamu rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Saat liburan selesai, kamu bisa kembali produktif dan lebih semangat untuk kembali beraktivitas. Selain itu, skill kamu akan terus bertambah dengan melakukan hobi tersebut.

Manfaat lainnya melakukan hobi, yaitu dapat mengalihkan pikiran stres dan fokus pada aktivitas yang kamu nikmati dan mendapat wawasan baru dari hobi yang dilakukan. Jika kamu punya hobi seperti berkebun, mendaki, menari, yoga dan olahraga, kegiatan ini akan membuat fisik kamu lebih sehat, sehingga kamu akan terlihat lebih percaya diri.

Baca Juga: Hobi Bermanfaat yang Bikin Kamu Lebih Cerdas!

Membersihkan dan Menata Ulang Rumah

kegiatan nataru
Photo by Liliana Drew From Pexels

Untuk menyambut tahun yang baru, kamu juga bisa membersihkan rumah sambil menata ulang perabotan. Kegiatan ini akan memberikan penampilan untuk suasana yang baru pada rumah kamu dan siapapun yang melihatnya akan merasa senang. Selain itu, membersihkan rumah akan membuat rumah lebih sehat karena bebas dari debu dan kotoran.

Menata ulang dan membersihkan rumah ternyata punya manfaat untuk kesehantan mental, loh! Peneliti menemukan bahwa wanita dengan rumah yang berantakan, memiliki tingkat kortisol (hormon stres) yang lebih tinggi. Suasana rumah yang berantakan juga akan menimbulkan kekacauan yang dapat menyebabkan penurunan fokus, kebingungan dan ketegangan. Dengan membersihkan dan mengatur ulang perabotan di dalam rumah, dapat mengendalikan dan menciptakan lingkungan yang lebih santai. Hal ini akan membantu kamu lebih fokus pada kegiatan sehari-hari.

Membuat Kerajinan dan Melukis

Photo by Cottonbro from Pexels

Kalau kamu suka hal yang berkaitan dengan seni, kamu bisa juga melukis dan membuat kerajinan tangan di waktu liburan nataru 2021. Kegiatan ini bisa melatih kreativitas dan ketelitian kamu, loh! Manfaat lainnya bagi sebagian orang, yaitu bisa menghilangkan stres, membuat lebih tenang, tempat mengekspresikan diri, memunculkan emosi positif, mengurangi rasa trauma dan menjadi sumber penghasilan.

Buatlah kerajinan yang kamu sukai dengan memanfaatkan bahan yang ada dan hasil karyanya bisa digunakan atau dipajang di rumah. Contoh kerajinan yang bisa dibuat di rumah, yaitu tas yang terbuat dari plastik, botol bekas untuk hiasan, wadah dari kaleng, vas bunga dari bohlam hingga membuat baju tie-dye (ikat celup).

Baca Juga: Ragam Manfaat Hobi Melukis untuk Kesehatan, Apa Saja?

Memasak Bersama

Photo by August de Richelieu from Pexels

Kekompakan antar anggota keluarga juga akan semakin erat saat memasak bersama. Karena kegiatan ini butuh kerja sama yang kuat untuk membuat makanan yang enak. Manfaat dari memasak bersama akan menumbuhkan sikap sabar dan lebih menghargai hasil kerja orang lain. Kamu juga bisa sambil belajar memasak dari orang tua dan meminta resep makanan andalannya, untuk kamu buat lagi di lain waktu.

Walaupun liburan nataru tahun 2021 ini kita belum bisa berkumpul bersama keluarga besar, tetapi berkumpul dengan keluarga di rumah dan melakukan kegiatan produktif, bisa memberikan semangat positif untuk menyambut tahun yang baru. Untuk memulai kegiatan di tahun yang baru, kamu bisa coba lakukan hal-hal sederhana seperti menulis to-do list untuk goals ditahun depan. Untuk menulis to-do list, yuk, coba aplikasi dari DoCheck! Kamu tinggal download aplikasinya di play store. GRATIS!


Scroll to Top