hobi bermanfaat

Hobi Bermanfaat yang Bikin Kamu Lebih Cerdas!


Apakah kamu lelah dengan rutinitas yang itu-itu saja? Kayaknya hampir semua orang merasakan hal itu, ya? Namun, kamu gak boleh berlarut-larut dalam kebosanan yang bikin kamu stuck alias diam di tempat. Biar tetap produktif, biasanya MinCheck mengistirahatkan otak sejenak dengan melakukan aktivitas yang MinCheck suka. Aktivitas tersebut bisa disebut sebagai hobi. Hobi bisa membuat pikiran terdistraksi dari hal-hal yang bikin mumet. Apakah kamu setuju? Tak hanya untuk refreshing, hobi bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasanmu lho. Wihhh, menarik!

Apa saja sih hobi bermanfaat yang bisa bikin kamu lebih cerdas? Yuk simak ulasan MinCheck berikut ini!

1. Cerdaskan Otakmu dengan Lebih Banyak Membaca

Membaca merupakan hobi bermanfaat untuk mencerdaskan otak.
Membaca merupakan hobi bermanfaat untuk mencerdaskan otak. (Foto Thought Catalog via Pexels)

Apakah kamu hobi membaca novel, komik, atau baca cerita di wattpad? Kalau iya, keren banget! Pasalnya hobi yang satu ini bermanfaat bagi kecerdasanmu. Membaca dapat membuka wawasan baru dan itu hal baik buatmu. Dilansir dari Halodoc, membaca dapat meningkatkan kecerdasan seseorang seiring dengan bertambahnya kapasitas memori dan kosakata saat membaca. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang kamu dapatkan dari membaca, di antaranya:

  • Mengurangi tingkat stres
  • Menambah kemampuan kata
  • Meningkatkan kemampuan untuk berempati
  • Mengasah imajinasi
  • Meningkatkan kualitas tidur

2. Nonton Film Horor Termasuk Hobi yang Bermanfaat, Lho!

Nonton film horor menguji adrenalin yang baik untuk otakmu.
Nonton film horor menguji adrenalin yang baik untuk otakmu. (Foto JESHOOTS.com via Pexels)

Ada banyak banget genre film yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi waktu luang, salah satunya adalah film horor. Kamu merasa merinding gak sih kalau nonton film horor? Meskipun menegangkan, film horor ternyata bagus bagi otakmu. Dilansir dari The Asian Parent, sensasi yang memacu adrenalin saat menonton film horor dapat membuat perasaan lebih bahagia. Eh… kok bisa? Yup, menonton film horor dapat melepaskan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Senyawa kimia ini dapat menurunkan stres dan kecemasan, lho! Selain itu, manfaat lain dari menonton film horor antara lain:

  • Membantu membakar kalori
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan mood

Baca juga: Rekomendasi Film Self-Healing, Penuh Nilai Moral

3. Nikmati Weekend dengan Jalan-jalan atau Hiking

Hiking untuk refreshing otak, baik bagi kesehatanmu juga lho!
Hiking untuk refreshing otak, baik bagi kesehatanmu juga lho! (Foto Josh Willink via Pexels)

Belum punya rencana untuk weekend? Kamu bisa mencoba jalan-jalan atau yang lebih ekstrem seperti hiking. Menghirup udara segar dan melihat pepohonan hijau bisa membuat otak lebih rileks. Dilansir dari Halodoc, olahraga seperti hiking dapat menghubungkan tubuh dan pikiran secara alami. Hiking termasuk ke dalam olahraga aerobik yang dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif.

Apa saja yang termasuk dalam kemampuan kognitif? For your information, yang termasuk ke dalam kemampuan kognitif seperti kemampuan mengingat, pemecahan masalah, dan mengambil keputusan. Gimana, mantap banget ya? Sesekali coba deh hiking bareng teman-teman, bakal seru tuh!

Baca juga: Olahraga, Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Mental

4. Hobi Bermanfaat? Cobain deh Bermain Alat Musik!

Cobain alat musik untuk menambah skillmu.
Cobain alat musik untuk menambah skillmu. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Bermain alat musik bisa membuat kamu tambah cerdas, lho! Mengapa bisa? Pasalnya, dilansir dari Aku Pintar, bermain alat musik membantu meningkatkan kreativitas, kemampuan analitik, kemampuan motorik dan kecerdasan bahasa. Nah, untuk kamu yang tertarik bermain alat musik, jangan ditunda-tunda! Tekuni hobi tersebut biar bisa menghasilkan karya. Bayangin deh, bakal seru kalau hobi kamu berubah jadi karya yang bisa dinikmati oleh semua orang. Bukan hanya jadi kesenangan, tapi berpotensi menghasilkan cuan!

Semua alat musik bisa kamu coba satu persatu, apa pun itu. Mengulik alat musik bisa memperkuat daya ingatmu. Apalagi kalau kamu bisa bikin karya dari hobi bermain alat musik, kreativitasmu jadi makin terasah!

5. Mau yang Lebih Challenging? Yuk Coba Merajut!

Merajut juga menjadi hobi yang memiliki segudang manfaat.
Merajut juga menjadi hobi yang memiliki segudang manfaat. (Foto Diego Pontes via Pexels)

Merajut memang melatih kesabaran dan butuh ketelitian yang ekstra. Hobi yang satu ini diidentikkan dengan zaman baheula, tapi gak ada salahnya kalau kamu mau menekuni hobi yang satu ini. Merajut adalah hobi yang challenging banget, lho! Fakta menariknya, merajut juga baik untuk kecerdasanmu. Merajut dapat membantu mencegah penurunan fungsi kognitif seperti demensia. Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini manfaat lain dari merajut:

  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi nyeri kronis
  • Membantu mengatasi depresi
  • Mengatasi insomnia
  • Menjaga kesehatan mental

Nah, itulah lima hobi yang bisa membuat kamu lebih cerdas. Apakah ada salah satu hobimu? Atau mungkin kamu jadi tertarik untuk coba? Kalau kamu tertarik, kamu bisa masukkin list hobi di atas di daftar to-do list kamu! Biar nggak ribet, kamu bisa pakai aplikasi DoCheck untuk menyimpan goals to-do list harianmu. Contohnya, MinCheck lagi tertarik untuk belajar merajut, next MinCheck akan meriset apa saja yang harus dipersiapkan dan simpan goals serta task-nya di aplikasi DoCheck. Simpel dan user friendly banget aplikasinya!

Aplikasi DoCheck sendiri fokus pada pengembangan diri anak muda. Jadi, buat kamu yang sedang mengembangkan diri dan butuh inspirasi, bisa banget pakai aplikasi DoCheck untuk intip goals dari KOL terkenal. Aplikasinya sendiri bisa kamu download secara gratis di Play Store dan App Store. Yuk makin produktif bareng DoCheck!

Baca juga: Hobi Nyentrik yang Jarang Dilirik, Pernah Dengar?


Scroll to Top