manfaat hobi melukis

Ragam Manfaat Hobi Melukis untuk Kesehatan, Apa Saja?


MinCheck percaya kalau bakat dapat diasah dengan minat. Kalau seseorang punya tekad yang bulat untuk mempunyai suatu skill, baik itu hard skill maupun soft skill. Pasti selalu ada jalan agar yang diinginkan dapat tercapai. MinCheck selalu terpukau dengan lukisan-lukisan yang indah. Beberapa waktu lalu, sempat trending di berbagai sosial media salah satu lukisan mantan presiden Republik Indonesia, yaitu Pak Susilo Bambang Yudhoyono atau yang biasa disapa Pak SBY. Ternyata beliau memiliki hobi melukis. Lukisan beliau sangat indah dan menginspirasi.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana ya caranya seseorang dapat melukis dengan sangat indah dan dapat dinikmati oleh orang lain? Bagaimana caranya mengasah hobi yang satu ini? Pasalnya, nggak hanya dijadikan hobi, tapi melukis juga sangat baik untuk kesehatan. Menjaga kesehatan tentu merupakan salah satu bukti kalau kamu sayang pada dirimu sendiri. Lalu, apa saja ya manfaat melukis untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini dan baca artikel ini sampai selesai.

1. Bantu Mengungkapkan Emosi

Hobi yang satu ini membantumu dalam mengungkapkan emosi.
Hobi yang satu ini membantumu dalam mengungkapkan emosi. (Foto cottonbro via Pexels)

Apakah kamu sedang mengalami perasaan sedih, senang, kecewa, dan lain sebagainya? Biasanya bagaimana cara kamu mengungkapkan emosi tersebut? Pasalnya tidak semua orang dapat mengungkapkan emosi yang mereka rasakan. Dilansir dari Belajar Kreatif, melukis dapat menjadi media untuk mengungkapkan emosi-emosi tersebut. Tidak baik untuk memendam emosi dalam jangka waktu yang lama karena dapat berdampak buruk bagi kelangsungan hidupmu sehari-hari. Adapun bahaya memendam emosi menurut Alodokter, antara lain:

  • Melemahkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengakibatkan depresi
  • Berpotensi menyebabkan penyakit kronis seperti stroke dan gagal jantung
  • Mengakibatkan kecemasan berlebih

Baca juga: Anxiety Disorders: Kenali Macam dan Gejalanya

2. Lebih Bahagia dengan Hobi Melukis

Lebih bahagia dengan melukis.
Lebih bahagia dengan melukis. (Foto Julia Avamotive via Pexels)

Dilansir dari SehatQ, proses membuat karya seni seperti melukis dapat membuatmu menjadi lebih bahagia. Mengapa bisa? Pasalnya melukis dapat merangsang produksi hormon dopamin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan rasa bahagia. Sesuai dengan namanya, fungsi hobi adalah untuk sebuah kesenangan. Kalau kamu merasa senang saat melukis, maka tidak salahnya untuk menekuni hobi yang satu ini.

3. Hobi Melukis Bisa Tingkatkan Kreativitas

Yuk latih kreativitasmu!
Yuk latih kreativitasmu! (Foto Pixabay via Pexels)

Banyak cara untuk mengasah kreativitas, salah satunya dengan melukis. Kamu dapat mengembangkan ide atau imajinasi yang kamu punya melalui lukisan. Dilansir dari scholarlyoa, memutuskan untuk secara konsisten melukis dapat mengembangkan kreativitasmu karena kamu jadi terlatih untuk mencari ide-ide baru.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba melukis dan tertarik dengan hobi yang satu ini, kamu bisa catat goals mencoba hobi melukis di aplikasi social to-do list DoCheck. Melalui aplikasi DoCheck, kamu bisa merinci tasks atau step apa saja yang perlu kamu lakukan sebagai newbie dalam melukis. Memiliki goals yang jelas dapat memotivasimu untuk mencapai tujuanmu.

Baca juga: Buku Self-improvement: Bacaan Untuk Motivasi Diri

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Lebih percaya diri dengan hobi melukis.
Lebih percaya diri dengan hobi melukis. (Foto mentatdgt via Pexels)

Memiliki rasa percaya tinggi merupakan salah satu modal agar kamu bisa terus berkembang. Kamu mungkin bisa bayangin saat kamu gak punya rasa percaya diri untuk melakukan sesuatu. Bisa saja, kamu hanya diam di tempat dan tidak memiliki keahlian atau kemampuan lain. Dilansir dari Qubisa, kepercayaan diri adalah suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri. Artinya, kamu memiliki rasa percaya terhadap dirimu sendiri kalau kamu bisa melakukan sesuatu.

Meningkatkan rasa percaya diri dapat dilakukan dengan melukis. Mengapa demikian? Melukis bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan. Dalam proses melukis pun perlu effort yang gak main-main. Mungkin kamu bisa bayangkan betapa bangganya diri kamu ketika lukisanmu selesai. Pasti ada perasaan bangga atas pencapaian tersebut, kan?

5. Terapi Stres dengan Melukis

Kamu bisa coba art therapy. .
Kamu bisa coba art therapy. (Foto cottonbro via Pexels)

Saat situasi tidak terkendali, kamu berpotensi terkena stres. Dilansir dari Halodoc, melukis dapat dijadikan sebagai media untuk terapi stres. Caranya, kamu bisa menggambarkan yang sedang kamu rasakan. Hal ini dapat membantu mengurangi beban pikiran yang sedang kamu rasakan. Selain itu, melukis dapat membuatmu menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba terapi stres dengan melukis.

Baca juga: Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja Biar Nggak Gampang Stres

Nah, itulah manfaat melukis yang perlu kamu tahu. Setiap orang memiliki hobi dan kesenangan masing-masing. Namun gak ada salahnya untuk mencoba kegiatan yang satu ini. Karena ternyata, melukis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan mentalmu. Ngomongin soal melukis, kamu tahu gak sih ada influencer hits Tiktok yang punya hobi melukis dan bisa dijadikan bisnis! Kamu bisa ikutan Be A Pop Star webinar bareng Eva Alicia. Webinar diselenggarakan oleh DoCheck secara GRATIS. Yuk simak rekapannya di Youtube-nya DoCheck!

Kamu bisa mencatat manfaat yang MinCheck share ini di aplikasi DoCheck dan mulai step by step untuk menekuni hobi melukis. Selain itu, kamu bisa lihat goals dari influencer terkenal. Kamu bisa download aplikasi social to-do list ini di Play Store dan App Store secara gratis! Cus meluncur.


Scroll to Top