kesalahan karyawan baru

5 Kesalahan Karyawan Baru yang Perlu Dihindari


Sebagai fresh graduate, mungkin kamu mengalami yang namanya culture shock karena peralihan masa kuliah ke dunia kerja. Namun, hal itu wajar kok! Pasalnya, dunia kerja dan kuliah sangatlah berbeda. Dunia kerja memang mengharuskan kamu bersikap profesional dan tanggung jawabmu makin tinggi. Saat menjadi karyawan baru, kamu tidak boleh bertindak sembarangan. Kalau kamu salah langkah, hal itu dapat memengaruhi citramu di mata rekan kerja dan atasan. Oleh karena itu, kamu perlu hindari kesalahan sebagai karyawan baru.

Untuk terlihat profesional dan ‘siap’ untuk bekerja, kamu perlu memperhatikan hal-hal kecil yang berdampak pada kariermu. Kamu harus menghindari kesalahan yang umumnya dilakukan oleh karyawan baru. Meskipun terlihat sepele, kesalahan ini bisa mengubah cara pandang rekan kerja dan atasan kepadamu. Pastinya, kamu menginginkan yang terbaik sebagai karyawan baru di kantor?

Kesalahan Karyawan Baru yang Perlu Dihindari

Foto Christina Morillo via Pexels

Kesalahan apa saja sih yang perlu dihindari sebagai karyawan baru? Biar kamu gak bingung, MinCheck merangkum poin-poinnya di bawah ini. Pastikan kamu simak baik-baik dan baca artikelnya sampai selesai.

1. Takut Bertanya

Sebagai karyawan baru di kantor, mungkin kamu merasa segan untuk bertanya. Namun, sebetulnya jangan pernah takut bertanya. Mungkin kamu gak asing dengan pepatah ‘malu bertanya, sesat di jalan’. Begitupun ketika berada di dunia kerja, malu bertanya dapat membuatmu kebingungan. Oleh karena itu, jangan malu untuk bertanya mengenai pekerjaanmu kepada rekan atau atasanmu.

Kalau kamu hanya berdiam diri tanpa aktif bertanya, kamu hanya akan dianggap tidak memiliki inisiatif yang tinggi. Kamu gak mau dong membangun personal branding seperti demikian? Oleh karena itu, takut bertanya kalau kamu kurang paham dengan kerjaanmu.

2. Terlambat Datang Kantor, Kesalahan Fatal Karyawan Baru

Usahakan untuk datang lebih awal saat kamu menjalani masa-masa sebagai karyawan baru. Jangan sampai kamu telat datang masuk kantor. Kamu bisa dicap sebagai orang yang pemalas apabila datang terlambat secara terus menerus. Hal ini juga nggak baik untuk kariermu.

Dilansir dari Glints, terlambat dapat menimbulkan kesan yang jelek dari rekan kerja. Apalagi kalau kamu melakukan kesalahan ini di hari pertama kerja. Duh, bisa-bisa orang meragukan profesionalitasmu. Selalu berikan kesan yang baik, ya!

3. Komunikasi yang Buruk dan Tidak Kooperatif

Skill komunikasi yang buruk dengan rekan kerja dapat menjadi kesalahan yang karyawan baru lakukan. Cobalah untuk bersikap kooperatif, menawarkan bantuan kepada rekan kerja, bekerja sesuai jobdesc, memanajemen waktu yang baik agar kerjaan segera rampung.

Dilansir dari Studi Ilmu, skill komunikasi yang buruk dapat memengaruhi kariermu. Salah satu dampak negatif dari kurangnya komunikasi dengan rekan kerja adalah dapat menimbulkan kesalahpahaman. Oleh karena itu, kamu dapat meningkatkan skill komunikasimu untuk dapat bekerja secara individual maupun secara tim.

4. Tidak Jujur Ketika Tidak Mengerti Pekerjaan

Kesalahan karyawan baru yang harus kamu hindari adalah ketidakjujuran ketika tidak mengerti pekerjaan. Kamu bisa bertanya secara langsung apabila ada yang tidak kamu pahami. Kalau kamu tidak aktif bertanya, kamu hanya akan menunda-nunda pekerjaan dan menurunkan produktivitas kerja.

Namun kamu perlu melihat situasi dan kondisi. Jangan sampai kamu memaksakan bertanya padahal rekan kerja atau atasanmu sedang terlihat sibuk. Bisa saja, kamu dianggap mengganggu. Cobalah belajar untuk membaca situasi dan bicara secara sopan apakah mereka dapat menjelaskan hal yang kurang kamu pahami.

5. Enggan Mengevaluasi Kinerja

Jangan sesekali menerapkan ‘yang penting kerjaan selesai’. Kamu perlu mengevaluasipekerjaan yang telah kamu kerjakan, seperti apakah pekerjaan sudah benar? Apakah ada yang perlu diperbaiki? Atau.. apakah pekerjaanmu sesuai dengan ekspektasi perusahaan?

Sebagai karyawan baru, jangan lelah belajar dan mengevaluasi kinerjamu. Hal ini baik untuk perkembangan dirimu juga, lho! Dilansir dari Cermati, malas evaluasi atau mengkaji ulang hanya akan menambah catatan minus pekerjaanmu.

Nah, itulah kesalahan karyawan baru yang perlu kamu hindari. Pastikan kamu well prepared sebelum memasuki dunia kerja. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, namun hal tersebut masih bisa diminimalisir. Selalu berikan yang terbaik di dunia kerja dan tetap jaga profesionalitas selama bekerja ya!

Biar kamu gak lupa, catat hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai kerja sebagai karyawan baru. Kamu bisa catat kesalahan-kesalahan yang MinCheck jabarkan di atas di aplikasi DoCheck sehingga kamu gak melakukan hal-hal tersebut. For your information, aplikasi DoCheck ini cocok banget buat kamu yang sedang merintis karier dan mengembangkan diri. Download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top