to-do list akincare DoCheck

7 Tahap Night Skincare Routine yang Benar dengan To-do List


Semakin banyaknya iklan produk kecantikan dan kesehatan, terutama produk perawatan kulit (skincare), membuat banyak orang ingin mempunyai kulit yang cerah sekaligus sehat. Bukan hanya sebagai penunjang penampilan, namun dengan kulit yang sehat pula akan memberikan rasa percaya diri bagi pemiliknya. Lalu, untuk memulai rangkaian perawatan night skincare routine, kamu juga perlu tau apa manfaat skincare dan to-do list nya.

Skincare routine tidak hanya dilakukan saat malam hari, tapi juga perlu dilakukan di pagi hari sebelum kamu memulai aktivitas. Skincare di pagi hari bermanfaat untuk menghambat penuaan, menghidrasi kulit, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Sedangkan skincare di malam hari bermanfaat untuk menghidrasi dan memperbaiki kulit yang diakibatkan polusi dan sinar matahari di siang hari.

Dikutip dari Psychreg, melakukan skincare routine baik malam ataupun pagi akan mempengaruhi kesehatan mental, loh. Alasannya karena dengan rutin melakukan kegiatan ini, kamu akan merasa tenang dan sudah melakukan hal yang baik untuk diri kamu. Beberapa dampak positif yang dihasilkan karena rutin melakukan skincare routine, yaitu dapat mengurangi stres, memanjakan kulit, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Selain menjaga kulit dari luar, agar perawatan kulit jadi maksimal dibutuhkan juga asupan makanan yang bergizi dan pola hidup yang sehat. Akan sia-sia semua skincare yang digunakan, kalau kamu tidak menerapkan hidup sehat. Kamus harus membiasakan juga olahraga rutin, tidur yang cukup, mengonsumsi makanan, dan minuman sehat. Nah, untuk membantu kamu membuat to-do list night skincare routine, kamu bisa banget pakai Aplikasi DoCheck. Penasaran kan apa saja to-do list nya? Yuk cek list nya berikut ini:

Baca Juga: Guide Pakai Aplikasi DoCheck, Cocok Untuk Semua Orang

Urutan Night Skincare Routine

Setelah seharian kulit wajah terpapar polusi dan sinar matahari, kamu juga perlu merawat dan memperbaiki kondisi kulit di malam hari. Terkadang untuk pemula yang baru mau melakukan night care routine, masih bingung produk apa yang digunakan lebih dulu. Berikut MinCheck jelaskan urutan night skincare routine yang benar.

urutan night skincare routine
Urutan night skincare routine

1. Face Scrub (eksfoliasi)

Tahapan night skincare routine yang pertama adalah face scrub. Setelah membersihkan make up di wajah dengan micellar water, kamu harus melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi ini bermanfaat untuk membersihkan sisa kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah. Ha ini perlu dilakukan agar saat menggunakan sabun muka, dapat membersihkan muka secara maksimal. Namun eksfoliasi tidak perlu dilakukan setiap hari. Untuk kulit yang kering cukup lakukan 1-2 kali eksfoliasi dan kulit yang berminyak lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam satu minggu.

2. Cleanser, Tahapan Night Skincare Routine yang Kedua

Urutan night skincare routine yang kedua adalah menggunakan cleanser. Kamu bisa membersihkan wajah dengan face wash yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu punya. Penggunaan cleanser berguna untuk mengangkat dan menghilangkan sisa minyak, kotoran serta zat perusak radikal bebas pada wajah. Jangan lupa untuk membersihkan bagian leher dan dada untuk menghindari jerawat pada area tersebut.

3. Toner

Tahapan night skincare routine selanjutnya adalah menggunakan toner. Penggunaan toner setelah menggunakan face wash akan menyeimbangkan pH wajah dan membantu penyerapan produk skincare selanjutnya. Saat menggunakan toner diusahakan untuk mengusap dari bawah ke atas, agar mencegah kulit wajah turun dan menghindari penuaan dini.

Kamu bisa menggunakan toner eksfoliasi dengan kandungan AHA dan BHA. Kandungan AHA dan BHA baik untuk membersihkan kulit yang kering dan berminyak, akan tetapi tidak banyak menghilangkan minyak alami yang ada dalam permukaan kulit. Kandungan BHA pada toner juga dapat membersihkan kulit hingga kedalam pori-pori wajah.

4. Serum

Step night skincare routine yang ke empat adalah serum. Menurut Dr. Tsippora Shainhouse, serum mengandung beberapa bahan aktif seperti hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, AHA, BHA dan PHA. Dari masing-masing bahan aktif juga berbeda penggunaannya tergantung kondisi kulit. Untuk jenis kulit kering, cocok menggunaka produk yang mengandung hyaluronic acid, karena agar melembabkan kulit. Untuk jenis kulit berminyak pilih serum yang mengandung bahan aktif AHA.

Pemakaian serum pada tahapan night skincare routine juga cukup penting untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi. Karena kandungan yang ada pada serum bisa berguna sebagai nutrisi kulit tambahan dan dapat membantu mengontrol pertumbuhan minyak pada kulit. Untuk mengatasi masalah kulit tertentu yang ada pada wajah kamu, disarankan untuk memilih serum yang memiliki kandungan niacinamide, vitamin c, retinol, sylicylic acid atau alpha arbutin.

5. Eye Cream

Setelah menggunakan serum, kamu bisa lanjut ke tahapan night skincare routine selanjutnya dengan mengaplikasikan eye cream. Menggunakan eye cream dalam rangkaian night skincare memiliki beberapa manfaat seperti mengurangi munculnya garis-garis halus atau kerutan pada kulit wajah dan juga mengurangi lingkaran hitam disekitar mata. Selain itu menggunakan eye cream juga disinyalir dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Menggunakan eye cream dalam rangkaian night skincare memang memiliki banyak manfaat, tapi kamu harus memperhatikan kandungan yang ada didalam cream yang kamu pakai serta memilih cream sesuai dengan kondisi kulit kamu ya. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, gunakan produk eye cream yang memiliki tekstur kental dan mengandung lebih banyak pelembab sehingga kulit tetap terhidrasi.

6. Moisturizer

Menggunakan moisturizer memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban kulit dimalam hari, menghidrasi kulit dan mengontrol kadar minyak. Selain itu moisturzer juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit. Umumnya moisturizer memiliki kandungan air, pelembab hingga vitamin-vitamin yang dapat membuat wajah menjadi lebih lembut dan lembab. Moisturizer menjadi salah satu produk skincare yang umum dan bisa digunakan oleh berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, kulit sensitif dan kulit berminyak bahkan kulit yang sedang mengalami masalah jerawat.

Moisturizer juga memiliki manfaat sebagai perlindungan dari kerusakan kulit wajah dari dalam. Penggunaan moisturizer ini menjadi urutan night skincare routine yang ke enam ya, yaitu setelah pemakaian eye cream. Lalu apa langkah terakhir dalam urutan night skincare routine? Ini dia.

7. Face Mask

Langkah terakhir dalam rangkaian night skincare routine adalah face mask atau masker wajah. Supaya kelembaban kulit kamu terjaga dan menghindari penuaan dini, kamu bisa mengaplikasikan face mask dalam night care routine kamu. Dengan banyaknya produk face mask yang sudah beredar di pasaran, tentu kamu tidak perlu bingung untuk memilih produk yang akan kamu gunakan, bukan? Namun perlu diingat agar selalu berhati-hati dalam memilih produk kecantikan, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu ya.

Salah satu produk yang mudah digunakan adalah sheet mask, yaitu face mask yang sudah dibentuk dan dicetak menyesuaikan bentuk wajah. Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan sheet mask ini ke area wajah kamu dan diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit agar essence dan serum didalamnya meresap dengan baik ke kulit kamu. Sheet mask ini cukup dilakukan dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

Cukup mudah bukan melakukan night skincare routine? Untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah, kamu harus konsisten dalam melakukannya. Sering lupa melakukan perawatan akan memperlambat hasil yang kamu inginkan, untuk itu kamu perlu reminder sehingga selalu ingat dan tidak terlewat melakukan perawatan kulit wajah. Kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck untuk menuliskan to-do list night skincare routine kamu. Dengan menggunakan aplikasi DoCheck, kamu akan selalu diingatkan agar tidak terlewat melakukan perawatan wajah.

Nih, MinCheck kasih contoh to-do list tahapan night skincare routine yang bisa kamu copy menjadi goals kamu di aplikasi DoCheck.

Baca Juga: Fitur “Goals” DoCheck Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu!

To-Do List DoCheck untuk Night Skincare Routine

to do list night skincare routine dengan aplikasi docheck
To-do list night skincare routine di Aplikasi DoCheck

Nah, sekarang saatnya kamu untuk buat to-do list night skincare routine dengan aplikasi DoCheck. Aplikasi DoCheck punya fitur goals, task, dan rekomendasi goals, yang pastinya bikin kamu makin produktif dan rajin untuk melakukan perawatan wajah. Selain buat to-do list skincare, kamu juga bisa kok buat untuk kegiatan lainnya.

Aplikasi DoCheck sudah bisa kamu download gratis di Play Store dan App Store, loh. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasinya sekarang dan buat to-do list versi kamu sendiri agar semakin produktif dengan DoCheck!


Scroll to Top