Pengalaman Organisasi untuk Membangun Personal Branding yang Outstanding

Pengalaman Organisasi untuk Membangun Personal Branding


Pengalaman organisasi untuk para pelajar biasanya menjadi sebuah pilihan yang cukup membingungkan. Seringkali mereka khawatir dengan sibuk berorganisasi malah menghambat kegiatan akademik. Tidak hanya mahasiswa, pelajar setingkat SD, SMP, dan SMA juga akrab dengan berbagai organisasi. Kamu mungkin pernah menjadi anggota OSIS, Pramuka, atau ekstrakurikuler lain. Nah, apa yang kamu dapatkan dari pengalaman organisasi tersebut?

Pentingnya Pengalaman Organisasi

Tentu kamu tahu bahwa pengalaman mampu membentuk diri seseorang. Kamu pernah mendengar istilah personal branding? Yakni pandangan orang lain yang berhubungan dengan kemampuan, kepribadian, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh seseorang. Personal branding yang baik bisa membentuk individu menjadi lebih percaya diri dan dipercaya oleh orang lain.

Bagimu ini penting, kan? Jika penilaian orang lain padamu positif, maka kamu akan lebih punya kesempatan melakukan banyak hal yang bisa membuatmu semakin berkembang. Tentunya kualitas branding seseorang tidak muncul begitu saja. Perlu banyak pengalaman sehingga orang lain bisa menilai kualitas diri seseorang. Salah satu pengalaman yang bisa dicoba adalah dengan ikut serta dan berperan aktif dalam organisasi.

Cara Memaksimalkan Pengalaman Organisasi

Pengalaman Organisasi untuk Membangun Personal Branding
Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Sebuah catatan penting bahwa jangan sampai repot-repot mengikuti organisasi tapi nyatanya tidak banyak hal yang kamu lakukan. Misalnya selama menjadi pengurus hanya mengikuti instruksi, tidak berani menyampaikan pendapat, lari dari masalah, atau tidak suka berdiskusi. Maka dari itu, DoCheck akan berbagi tips mengenai hal apa saja yang tidak boleh kamu lewatkan selama menjadi anggota organisasi, khususnya di sekolah atau kampus agar pengalaman organisasi kamu jadi lebih baik.

Baca Juga: Volunteer, Mengembangkan Diri Melalui Kegiatan Sosial

Memberanikan Diri untuk Memimpin Proyek

Kalau kamu belum berani menjadi ketua organisasi, kamu bisa mulai dengan mencoba memimpin proyek yang diadakan oleh organisasimu. Terbiasa memimpin bisa mengasah skill leadership. Kedepannya, kamu bisa menjadi lebih berani memegang tanggung jawab, mengambil keputusan, dan mengasah cara berpikir yang strategis. Apalagi, pengalaman organisasi di CV juga akan memberikan nilai tambah dari rekam jejakmu sebagai pemimpin.

Pengalaman Organisasi dengan Menjajal Berbagai Posisi

pengalaman organisasi dengan berbagai posisi
unsplash/@austindistel

Khususnya bagi kamu yang baru saja masuk ke dunia organisasi sekolah atau kampus, perhatikan ini baik-baik. Ini adalah kesempatanmu untuk bisa mengenali minat dan bakat yang kamu miliki. Jika pengalaman organisasi pertamamu adalah menjadi seorang sekretaris, ada baiknya di kesempatan yang lain kamu coba jabatan yang berbeda. Rasakan kembali mana tugas yang bisa membuatmu nyaman saat mengerjakannya. 

Berperan Aktif dalam Setiap Forum Organisasi

Hindari menjadi anggota organisasi yang pasif. Perhatikan setiap diskusi yang dilakukan dan kemukakan pendapat yang kamu miliki. Pengalaman organisasi ini akan membantumu belajar menghargai pendapat, berkomunikasi, mengasah keberanian, hingga bisa meningkatkan kemampuan negosiasi.

Baca Juga: Mengenal Personal Branding: Tidak Sama dengan Pencitraan!

Perbanyak Diskusi dengan Orang Lain

Sebelumnya, aktif dalam forum mungkin terkesan lebih formal ya. Nah, kamu bisa mempraktikkan yang satu ini dengan anggota organisasi yang lain. Berdiskusi tidak harus selalu membicarakan topik yang berat. Kamu bisa membicarakan hidup masing-masing, seperti tentang makanan kesukaan, asal daerah, dan lain-lain. Ini bisa menambah nilai plus pada kemampuan komunikasi antarpribadi dan menambah wawasan serta perspektifmu.

Pengalaman Organisasi di Berbagai Tingkatan Kampus

pengalaman organisasi kampus
unsplash/@priscilladupreez

Kamu sudah punya pengalaman menjadi anggota pramuka atau OSIS? Jika kamu mahasiswa, pernah menjadi anggota Himpunan di tingkat jurusan kampus? Kalau kamu masih mampu dan mau, tidak ada salahnya loh untuk mencoba menjadi pengurus di tingkat yang berbeda. Contohnya adalah bergabung dengan BEM Fakultas atau Universitas. Dengan pengalaman organisasi ini, maka kamu punya kesempatan untuk menjalin relasi dengan lebih banyak orang yang heterogen. 

Baca Juga: To-do List Personal Branding Lewat CV, Biar Dilirik HRD!

Pengalaman Organisasi untuk Memperluas Networking

Pengalaman organisasi di sekolah, berkumpul, dan bekerja sama dengan orang lain adalah kesempatan berharga bagimu untuk mengembangkan relasi. Hubungan yang baik dengan orang bisa mengantarmu pada wawasan yang lebih luas, perspektif yang beragam, dan kemampuan yang lebih berkembang.


Pengalaman organisasi dalam CV sering kali dijadikan modal untuk memperlihatkan kemampuan diri. Memang pada dasarnya, pengalaman organisasi secara otomatis akan membuat soft skill seseorang menjadi lebih terasah. Meski demikian, masih banyak orang yang melewatkan kesempatan dengan tidak memaksimalkan potensinya dalam kegiatan organisasi. 

Menjadi pengurus sebuah organisasi bukan segalanya. Kamu juga bisa mencoba hal lain untuk meningkatkan kualitas diri dan membangun personal branding yang baik. Jangan lupa untuk memastikan kegiatan yang diikuti mampu kamu lakukan dan tidak memforsir waktu serta tenagamu.

Baca Juga: Rawtype Riot Adalah Bukti Bahwa Networking Itu Penting

Strategi membangun personal branding yang berkualitas juga bisa dilakukan melalui komunitas. Kamu bisa ikuti DoCheck untuk informasi lainnya atau langsung bergabung dengan Komunitas DoCheck untuk mencari tahu lebih banyak tentang minat dan bakatmu!


Scroll to Top