Volunteer, Mengembangkan Diri Melalui Kegiatan Sosial

Volunteer, Mengembangkan Diri Melalui Kegiatan Sosial


Volunteer adalah kegiatan yang dilakukan secara sukarela untuk membantu berlangsungnya acara. Biasanya kegiatan diselenggarakan oleh suatu organisasi. Meski sekilas volunteer artinya kamu yang meluangkan waktu untuk membantu orang lain, namun banyak loh hal yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan ini.

Kamu sudah menyimak arti volunteer atau sukarelawan. Kemudian, apa yang kamu pikirkan atas peran tersebut? Ya, mungkin kamu akan langsung membayangkan suatu kegiatan sosial. Misalnya membantu orang lain, mengabdi, dan melakukan hal-hal baik lainnya. Untuk kamu yang berjiwa sosial, ini terdengar sungguh menggiurkan, bukan?

Menariknya, jika sudah enjoy dengan aktivitas ini, kamu mungkin bisa ketagihan. Tidak jarang bagi yang sudah terbiasa volunteering, mereka bisa pergi ke berbagai tempat untuk menjadi sukarelawan. Mereka juga tidak ragu untuk daftar volunteer ke luar negeri dan mengabdi disana. Jenis kegiatannya juga beragam dari volunteer gratis hingga berbayar.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Volunteer

Volunteer, Mengembangkan Diri Melalui Kegiatan Sosial
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Pengalaman baru selalu kaya dengan ilmu-ilmu baru juga. Manfaat yang bisa kamu dapat tidak hanya dari segi pengalaman pernah ini dan itu, namun berpengaruh pada kepribadian juga. Berkecimpung pada kegiatan sosial merupakan salah satu cara untuk memperluas perspektif dan menambah wawasan.

Ya, hal itu kamu dapatkan karena disana akan ada banyak orang dengan karakteristik berbeda-beda. Latar belakang suku, agama, budaya, asal daerah, semua sangat menarik untuk dikenali. Hal itu juga yang akan membantumu lebih mudah beradaptasi dan terbiasa dengan lingkungan yang beragam. Nah, kamu tertarik? Berikut ini adalah manfaat mengikuti kegiatan volunteer.

Baca Juga: Pengalaman Organisasi untuk Membangun Personal Branding

Mendapatkan Keterampilan Baru

unsplash/@cookiethepom

Sudah tidak perlu diragukan lagi, menjajal kegiatan baru akan membuat kamu lebih berkembang. Menjadi sukarelawan menuntunmu menemukan pengalaman baru. Keterampilan baik itu hard skill maupun soft skill tentu akan meningkat dan bermanfaat bagimu. Dengan itu, kamu mendapatkan kesempatan belajar banyak hal baru.

Volunteer untuk Memperluas Relasi

Ketika terjun pada sebuah kegiatan, kamu akan dipertemukan dengan orang-orang baru. Lingkungan yang heterogen mampu mengajarkan seseorang lebih banyak hal. Terbiasa bekerja sama akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi, berbahasa, hingga toleransi. Gunakan kesempatan ini untuk menjalin hubungan baru dan berteman dengan banyak orang. Galilah pengetahuan dan berdiskusilah!

Baca Juga: Peran Networking dalam Kesuksesan Rawtype Riot

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kamu pernah mendengar ungkapan “bisa karena terbiasa”? Terjun bekerja sama dengan banyak orang, berkomunikasi, diskusi dan lain sebagainya. Aktivitas tersebut akan lebih nyaman dilakukan ketika kamu terbiasa. Kamu mungkin sering melihat beberapa orang terdengar gugup dan terlihat tidak percaya diri karena merasa masih asing dengan kegiatan tersebut. Maka, mendorong diri untuk terus mencoba dan membiasakannya adalah pilihan yang tepat.

Membangun Jiwa Sosial melalui Volunteer

jiwa sosial
unsplash/@dimhou

Menjadi sukarelawan akan mempertemukanmu dengan masalah-masalah sosial. Dari hal itu, tentunya tugas seorang relawan adalah mencari solusi dan mengatasinya. Dalam hal ini, ia harus mampu menempatkan diri dan memahami emosi orang lain. Itulah yang kemudian dinamakan empati. Jiwa sosial juga bisa tumbuh seiring dengan terbiasa bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain.

Ajang Membentuk Personal Branding

Jika kamu pikir personal branding merupakan kata lain dari pencitraan, maka itu salah besar. Branding memiliki tujuan lain dari sekedar pencitraan atau ingin dikenal baik oleh orang lain. Lebih dari itu, rekam jejak yang baik mampu membuat orang lain memberimu kesempatan untuk belajar dan berkembang. Peluang itu bisa kamu ambil untuk mengembangkan diri dan membangun personal yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Buku Self-improvement: Bacaan Untuk Motivasi Diri

Memperoleh Referensi Tujuan Karir

Bertemu dengan orang baru dari latar belakang yang beragam merupakan kesempatan untuk membuka wawasan seluas-luasnya. Tidak terkecuali perihal karir lho ya. Selama prosesnya, kamu mungkin akan bertemu dan berdiskusi bersama orang dengan profesi atau pengalaman tertentu. Kamu juga bisa lebih mengenali diri sendiri, mengetahui apa hal yang kamu suka dan yang tidak kamu suka.

Baik untuk Kesehatan Mental

kesehatan mental
unsplash/@anthonytran

Melakukan kontak sosial bisa mengurangi rasa stres dan cemas. Apalagi kontak sosial dalam kegiatan ini sangat positif kan. Pada beberapa kesempatan kamu juga bisa lebih merasa bersyukur atau lega karena telah melakukan hal yang bermanfaat. Tidak jarang juga seorang relawan menemukan makna hidup seiring dengan kegiatan dilakukan. Dengan demikian, menjalani hidup menjadi lebih bersemangat dan dipenuhi hal-hal positif.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental dari Efek Media Sosial

Demikian manfaat-manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi relawan. Sangat banyak hal-hal baik yang bisa kamu dapatkan ya ternyata. Menjadi orang dengan wawasan luas dan pengalaman yang menarik tentu akan menyenangkan. Apalagi pengalaman itu bisa menunjang masa depanmu.

Selain melalui pengalaman sukarelawan, kamu juga bisa memilih aktivitas lain yang serupa seperti bergabung dengan organisasi atau komunitas. Untuk menggali potensi kamu, gabung dengan komunitas DoCheck dan dapatkan apa yang kamu butuhkan untuk berkembang.

Baca Juga: Kembangkan Diri dan Hidup Berkualitas bersama DoCheck App


Scroll to Top