Ramadhan Produktif DoCheck

Ramadhan Produktif: Tips Puasa Anti-Loyo ala DoCheck


Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti berhenti produktif. Kamu bisa melakukan kiat-kiat yang tepat agar nggak loyo di bulan Ramadhan. Dari pagi setelah sahur hingga sore hari menahan lapar dan haus tentu tidak mudah, apalagi masih perlu beraktivitas seperti biasa. Meskipun akan terasa bedanya dengan hari-hari biasa, tetapi kamu masih bisa kok tetap produktif saat bulan Ramadhan dalam keadaan berpuasa. Baca sampai akhir untuk mengetahui tips ramadhan produktif .

Untuk kamu yang sedang melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan, jangan menjadikan puasa sebagai halangan dalam beraktivitas ya. Nyatanya, berpuasa ini ternyata memiliki manfaat untuk otak kita lho. Apa aja tuh? Eits, sebelum itu ada baiknya kamu tau dulu pengertian puasa.

Pengertian Puasa

Dilansir dari Tirto, ada dua pengertian puasa dari segi bahasa dan istilah. Yang pertama, dari segi bahasa yaitu bahasa Arab, puasa atau الصوم berarti menahan diri, bisa juga mengekang. Sedangkan menurut istilah, puasa adalah menahan diri dari saat terbit fajar hingga terbenam matahari. Berpuasa dari apapun yang membatalkannya seperti lapar, dahaga, syahwat, dan segala yang masuk ke dalam rongga tubuh. Dilakukan dengan niat karena menuruti perintah Allah SWT yang disertai syarat tertentu.

Manfaat Berpuasa untuk Otak Manusia

Otak Manusia Artikel Ramadhan Produktif
Photo by holdentrils from Pixabay

Otak adalah pusat kendali tubuh manusia dan tempat menyusun sistem saraf pusat. Dengan bantuan otak, manusia dapat melakukan kegiatan seperti berjalan, bekerja, bernapas, makan, minum, dan lainnya. Kendali kamu melakukan sesuatu yang produktif juga ada di otak. Mungkin kamu merasa lemas ketika puasa dan bawaannya malas karena tidak ada asupan energi. Dikutip dari Halodoc, padahal sebetulnya puasa itu memiliki dampak positif untuk kesehatan otak lho.

1. Regenerasi Cadangan Energi dalam Tubuh

Ketika kamu berpuasa, tentu konsumsi makanan dibatasi, salah satunya zat gizi untuk otak yaitu glukosa tidak dapat memenuhi kebutuhan biasanya. Dengan begitu, tubuh akan menggunakan cadangan energi lain yang sumbernya di organ hati. Kondisi tersebut baik karena tubuh dapat melakukan pembaruan energi cadangan untuk tubuh. Selain itu, ada energi baru yang digunakan seperti asam lemak. Penggunaannya memberi dampak baik karena sel otak yang lama akan dirombak dan sel otak akan didukung untuk bekerja secara optimal.

2. Mencegah Alzheimer

Ketika kamu merasa lapar, ada hormon lapar yaitu ghrelin yang akan membuat tubuh mengalami proses autofagi. Proses tersebut akan membuat sel-sel tua dirombak. Sel-sel akan diperbaharui oleh sel berkualitas (baru) untuk membuat otak menjalankan fungsi vitalnya. Proses sel-sel yang diperbarui, dirombak, dan diperbaiki dapat mencegah penyakit alzheimer atau demensia. Nah, berpuasa selama sebulan akan terus mendorong proses tersebut dan pencegahan risiko terjadinya alzheimer.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Mungkin kamu bingung kenapa puasa dapat meningkatkan fungsi otak padahal tidak ada asupan makanan yang masuk. Ternyata penjelasannya adalah adanya peningkatan jumlah protein di otak (Brain Derived Neurotrophic Factor). Dengan adanya peningkatan protein tersebut, fungsi otak dapat meningkat juga. Fungsi otak yang dimaksud adalah yang dapat mengontrol perilaku, daya ingat, motivasi, pembelajaran, sensorik, dan motorik.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bikin Otak Lebih Cerdas, Apa Saja?

Tips Produktif selama Kegiatan Bulan Ramadhan

tips produktif ramadhan
unsplash/@carlheyerdahl

Tetap berkegiatan saat Ramadhan tidak lah mudah, kita kerap merasa lemas karena tidak ada asupan energi yang dapat dikonsumsi seperti biasanya. Kamu mungkin biasanya makan siang di kantin ketika lapar atau menyiapkan cemilan sambil bekerja dan bertugas, namun saat puasa tidak bisa melakukannya. Dikutip dari British Council Foundation dan Metro, ada beberapa tips untuk kamu agar tetap produktif dan tidak loyo semangatnya saat Ramadhan.

1. Niat dan Buat To-do List Sehari-hari

Penting sekali untuk mengontrol diri sendiri untuk tetap bersemangat dan menangkal pikiran negatif saat berpuasa. Tanamkan di dalam pikiranmu bahwa kamu sedang beribadah dan perbaiki niatmu jika dirasa belum dapat memotivasi diri. Selain soal niat, kamu juga dapat memudahkan kegiatan sehari-hari dengan membuat to-do list. Tulis hal-hal penting yang perlu dikerjakan ketika puasa, agar tidak ada yang terlewat akibat kurang fokus atau kelelahan.

Baca Juga: To-do List: Membuat Daftar Kegiatan untuk Manajemen Waktu

2. Makan Sahur Secukupnya

Tidak perlu berlebihan ketika makan sahur. Jika kamu berpikir makan banyak akan membuatmu lebih berenergi, kenyataannya ketika makan berlebihan tubuh akan merasa ngantuk dan tidak berenergi. Selain perhatikan porsinya, perhatikan juga kandungan dan jenis makanan yang kamu konsumsi ketika sahur. Pastikan makananmu seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Makanan yang mengandung serat akan membuatmu kenyang lebih lama.

3. Perbaiki Jam Tidurmu

Ketika berpuasa, kamu dituntut untuk bangun sahur, berarti bangun lebih awal dari biasanya. Pentingnya tidur lebih awal untuk bangun sahur akan membuatmu tetap tidur cukup. Perbaiki pola tidurmu ya jika kamu suka ngalong atau begadang, tidur sebelum jam 9 malam akan membuat tidurmu menjadi cukup. Selain itu, hindari tidur kembali setelah sahur atau shalat subuh. Terutama untuk kamu yang mengawali kegiatan di jam yang pagi, pilihan nggak tidur lebih baik untuk menghindari keterlambatan dalam beraktivitas.

4. Istirahat Jika Lelah Saat Berkegiatan Ramadhan

Ketahui batasmu dalam berkegiatan, tubuhmu dengan asupan yang berbeda dari biasanya. It is okay to rest for a while. Kerjakan apa yang ada di to-do list-mu dengan sebaik-baiknya namun jangan sampai burn out, sayang banget kan kalau tiba-tiba lemas dan kewalahan saat puasa dan berpotensi tidak kuat sampai waktu buka. Kamu bisa gunakan waktu istirahat (yang biasanya untuk makan siang) dengan berkegiatan lain yang dapat membuatmu refreshed.

Baca Juga: Arti Self-healing dan Cara Terbaik Melakukannya

5. Jaga Kesehatan dan Ibadah Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ibadah dapat digandakan pahalanya di bulan ini. Maksimalkan ibadahmu dan terus jaga kesehatanmu. Hindari makanan dan minuman tidak sehat. Kalau kamu sehat, produktivitasmu juga akan meningkat dan berkegiatan jadi lebih lancar.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental dari Efek Media Sosial

Gimana nih? Masih semangat puasanya? Semoga artikel ini dapat membantumu tetap beraktivitas dengan maksimal di bulan Ramadhan ya. Untuk kamu yang mau buat to-do list, download aplikasi DoCheck secara gratis di Google Play Store atau App Store dan maksimalkan produktivitasmu dengan DoCheck selama Ramadhan!


Scroll to Top