kebiasaan untuk otak lebih cerdas

Kebiasaan Ini Bikin Otak Lebih Cerdas, Apa Saja?


Siapa sih yang gak mau jadi pribadi yang pintar, menyenangkan, cerdas, dan punya segudang prestasi? MinCheck yakin sepertinya semua orang menginginkan hal tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cerdas merupakan sempurna perkembangan akal budinya untuk berpikir, mengerti, dan sebagainya. Kecerdasan seseorang pun bisa diasah lho, entah itu dengan belajar atau melakukan aktivitas dan kebiasaan yang membuat otak menjadi lebih cerdas.

Kebiasaan setiap orang tentu berbeda-beda. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk mengubah kebiasaanmu menjadi kebiasaan yang lebih produktif. Tentu saja, hal ini baik untuk perkembangan dirimu!

Tipe Kecerdasan Manusia

Dilansir dari Ruang Guru, terdapat 9 jenis tipe kecerdasan manusia, antara lain seperti berikut ini.

  • Naturalist Intelligence
  • Musical Intelligence
  • Logical-mathematical Intelligence
  • Existential Intelligence
  • Interpersonal Intelligence
  • Bodily-Kinesthetic Intelligence
  • Linguistic Intelligence
  • Intra-Personal Intelligence
  • Visual Intelligence

Ragam Kebiasaan yang Bikin Otakmu Makin Cerdas

Nah, setelah kamu tahu jenis kecerdasan manusia, selanjutnya MinCheck merangkum beragam kebiasaan yang bikin otak cerdas. Penasaran kebiasaan apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini dan baca artikelnya sampai selesai!

1. Bangun Pagi Setiap Hari

Bangun pagi agar lebih bersemangat!
Bangun pagi agar lebih bersemangat! (Foto Miriam Alonso via Pexels)

Yes! Kebiasaan bangun pagi bisa membuatmu lebih cerdas lho! Bangun pagi sekitar pukul 4.30 sampai 06.00 adalah waktu yang ideal untuk membuat otak lebih fresh. Selain itu, dilansir dari Hello Sehat, bangun di pagi hari sangat baik bagi kesehatan mental, membuatmu memiliki badan yang sehat dan bugar, dan lebih produktif.

Kebiasaan bangun pagi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif. Sebaliknya, kurang tidur dapat membuat kinerja kognitif menjadi lebih buruk. Kamu menjadi sulit berkonsentrasi, mudah lupa, dan mudah bad mood. Duh, jangan sampai deh! Oleh karena itu, MinCheck sangat menyarankan kamu untuk bangun lebih pagi agar lebih siap memulai hari!

2. Selain Wawasan Bertambah, Kebiasaan Membaca Bikin Otak Cerdas!

Membaca buku bikin otak makin cerdas lho!
Membaca buku bikin otak makin cerdas lho! (Foto Adil via Pexels)

Tentu saja kebiasaan yang satu ini gak diragukan lagi manfaatnya! Melalui membaca, wawasanmu akan bertambah! Dengan bertambahnya wawasanmu, kamu pun menjadi lebih cerdas. Setidaknya luangkan waktu sekitar 15 menit setiap harinya untuk membaca buku. Selain itu, dilansir dari Halodoc terdapat manfaat membaca buku yang kamu rasakan antara lain.

  • Membaca buku dapat mempertajam daya ingat
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Menurunkan risiko stres
  • Memperlambat proses penyakit Alzheimer

Nah, kalau punya waktu luang coba deh sering-sering membaca buku. Jenis buku yang kamu baca beragam tergantung minatmu. Ssst.. membaca juga bisa dijadikan hobi lho!

Baca juga: Hobi Memasak? Aplikasi DoCheck Bisa Bantu Catat Resep!

3. Tidur Cukup Setiap Hari

Tidur berkualitas agar energi gak mudah terkuras.
Tidur berkualitas agar energi gak mudah terkuras. (Foto Ketut Subiyanto via Pexels)

Sobat begadang, cobalah untuk akhiri kebiasaan menunda jam tidur. Pasalnya, terlalu sering begadang nggak baik untuk otakmu. Kebiasaan tidur cukup setiap hari membantu otakmu lebih cerdas. Menurut SehatQ, tidur cukup setiap harinya dapat memperkuat daya ingat. Selain itu, tidur yang cukup dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Selalu ingat kalau tubuhmu perlu istirahat. Kalau kamu punya segudang kegiatan menumpuk setiap hari, jangan pernah menunda waktu istirahat dengan begadang. Ada pun dampak negatif dari begadang adalah sebagai berikut:

  • Begadang membuat sistem imunmu menurun
  • Meningkatkan risiko penyakit mental
  • Begadang membuatmu mudah lupa
  • Penurunan fungsi otak

Nah, alih-alih membuat otakmu lebih cerdas, begadang bisa menurunkan fungsi otak. Kalau tidak ada kegiatan yang urgent sebaiknya hindari begadang, ya!

4. Berolahraga di Akhir Pekan, Kebiasaan Ini Bikin Otak Cerdas!

Selain baik bagi kesehatan tubuh, olahraga bisa bikin otak cerdas.
Selain baik bagi kesehatan tubuh, olahraga bisa bikin otak cerdas. (Foto Pixabay via Pexels)

Kalau kamu nggak suka dengan olahraga yang berat, cobalah untuk olahraga ringan di akhir pekan. Ajak temanmu untuk lari keliling komplek, main bulu tangkis, atau olahraga lain yang menyenangkan! Perlu kamu ketahui kalau berolahraga dapat membbuat otakmu lebih cerdas! Melalui aktivitas fisik, dapat memperlancar aliran darah ke otak. Wah, selain baik bagi kesehatan tubuh ternyata olahraga juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, ya?

Coba deh kamu membuat list olahraga yang akan kamu coba di akhir pekan. Kamu bisa simpan list tersebut ke dalam goals aplikasi DoCheck. Aplikasi ini cocok banget untuk anak muda yang ingin mengembangkan diri dan punya segudang to-do list yang akan dikerjakan.

Baca juga: Goals Recommendation: Bisa Bantu Capai Life Goals!

5. Minum dan Makan Bergizi

Makanan bergizi sangat baik bagi kecerdasan otak!
Makanan bergizi sangat baik bagi kecerdasan otak! (Foto Ella Olsson via Pexels)

Kedengarannya sepele, tapi kamu tahu gak sih kalau minum dan makanan bergizi mampu membuat otakmu lebih cerdas? Oleh karena itu, yuk sayangi tubuhmu dengan memakan makanan yang bergizi. Menurut Alodokter, berikut ini rekomendasi daftar makanan dan minuman yang baik bagi kesehatan otak, antara lain.

  • Ikan
  • Bluberi
  • Kunyit
  • Teh hijau
  • Kacang-kacangan
  • Telur

Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi tak hanya baik bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, makanan dan minuman bergizi kaya akan vitamin yang membuat otak lebih encer. Yuk konsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari demi tubuh yang sehat dan bugar!

Nah, itualah sederet kebiasaan yang baik untuk kecerdasan otakmu. Selain yang MinCheck sebutkan di atas, kamu pun bisa eksplor hal-hal produktif yang kamu suka dengan cara searching goals produktif dari KOL di rekomendasi goals aplikasi DoCheck. Cus download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis dan nikmati berbagai kemudahannya!

Baca juga: Isi Waktu Luangmu dengan 5 Hobi yang Bikin Produktif ini!


Scroll to Top