Rekomendasi hobi produktif

Isi Waktu Luangmu dengan 5 Hobi yang Bikin Produktif ini!


Hidup ini tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja atau belajar, kamu juga perlu melakukan aktivitas menyenangkan di waktu luangmu. Salah satu contohnya adalah menekuni hobi. Menurut Oregon Counseling, hobi bermanfaat untuk kesehatan mental, menurunkan stres, dan meningkatkan performa kerja serta kebahagiaan. Namun, hobi yang seperti apa yang bagus untukmu? Jawabannya adalah hobi yang produktif.

Misalnya adalah bermain musik, kamu bisa melatih kreativitas dan menghasilkan sebuah karya. Ada banyak orang yang menjadi terkenal berkat hobi bermain musiknya ini, loh! Selain itu, masih banyak hobi lainnya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan produktivitas. Ingin tahu apa saja? Yuk, cek rekomendasi dari MinCheck berikut ini!

1. Memasak, Hobi yang Bikin Produktif dan Perut Kenyang!

Punya hobi masak bikin kamu produktif sekaligus kenyang!
Punya hobi masak bikin kamu produktif sekaligus kenyang! (Foto oleh Live on Shot/ Pexels)

Apabila kamu mencari hobi yang dapat melatih kreativitas dan memenuhi kebutuhan hidup, memasak adalah jawabannya! Kok bisa? Karena manusia membutuhkan asupan makanan agar bisa beraktivitas dengan baik dan untuk membuat suatu hidangan dibutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu, hobi memasak termasuk kategori hobi produktif. Namun, jika kamu merasa belum jago masak, kamu tidak perlu khawatir. Dilansir dari Diced, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan skill memasakmu. Yuk, perhatikan penjelasannya!

  • Selalu buat rencana: Sebagai seorang koki, kamu harus mengecek dan membaca dengan teliti bahan-bahan dan alat yang akan digunakan. Oleh karena itu, selalu buat rencana dan persiapan yang matang sebelum mulai memasak.
  • Gunakan alat dan bahan yang tepat: Setiap bahan dan alat masak memiliki fungsi dan cara penggunaan yang berbeda. Karena itulah ketika memasak, usahakan menggunakan bahan dan alat yang sesuai.
  • Mulai dari resep yang sederhana: Sebagai koki pemula, kamu harus memulai dari resep sederhana terlebih dahulu. Jadi, ketika kamu melakukan eksperimen atau menggunakan resep yang lebih sulit, kamu bisa melakukannya dengan baik.
  • Pelajari cara memotong yang benar: Kemampuan memotong sangat penting saat memasak. Oleh sebab itu, pelajari dengan baik teknik memotong agar masakanmu semakin sempurna!
  • Tidak perlu buru-buru: Hobi memasak itu membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Jadi, MinCheck sarankan untuk menikmati prosesnya daripada terburu-buru.
  • Ketahui cara menyeimbangkan rasa: Sebuah masakan yang enak adalah masakan yang memiliki rasa yang seimbang. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk mengetahui cara menyeimbangkan rasa pada masakan.
  • Terus berlatih!

2. Yuk, Olahraga!

Rajin berolahraga akan membuatmu bugar dan mengurangi stres
Rajin berolahraga akan membuatmu bugar dan mengurangi stres (Foto oleh Alexy Almond/ Pexels)

Tahukah kamu bahwa hobi olahraga dapat memiliki pengaruh yang baik untuk produktivitasmu? Dikutip dari Glints, jika kamu berolahraga secara teratur, efek yang akan kamu rasakan adalah meningkatknya konsentrasi, daya ingat semakin tajam, kreatif, dan suasana hati semakin baik. Apabila kamu malas untuk keluar rumah, kamu bisa melakukan yoga atau senam di rumah. Mudah, bukan? Yuk, isi waktu luangmu dengan hobi yang bikin produktif ini!

Baca juga: Tahukah Kamu? 5 Hobi Ini Ternyata Disukai Orang Sukses!

3. Jaga Lingkungan dengan Hobi Berkebun

Hobi produktif yang bantu menjaga lingkungan? Ya, berkebun!
Hobi produktif yang bantu menjaga lingkungan? Ya, berkebun! (Foto oleh Huy Phan/ Pexels)

Apakah kamu ingin rumah atau lingkunganmu hijau dan sejuk? Kamu bisa mulai dengan menekuni hobi berkebun. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat untuk dirimu sendiri, tapi juga lingkungan. Karena tanaman yang kamu tanam, memberikan oksigen untuk makhluk hidup di sekitarnya. Kemudian, dengan hobi berkebun ini kamu juga bisa mendapatkan uang, loh! Menurut Gardenary, cukup banyak orang menginginkan hobi produktif ini menjadi pekerjaan sehari-hari. Karena bagi mereka, berkebun itu menyenangkan sekaligus menenangkan. Jika kamu memikirkan hal yang sama, ada empat rekomendasi profesi yang bisa kamu coba.

  • Pelatih Berkebun.
  • Konsultan.
  • Garden creator / Jasa dekor kebun.
  • Menjual hasil tanaman ke supermarket.

Baca juga: Wajib Punya! 6 Skills Penting Untuk Menjadi Pengusaha

4. Kerajinan Tangan, Hobi Produktif yang Bikin Kaya!

Ingin tambah penghasilan dari hobi? Yuk, menjahit!
Ingin tambah penghasilan dari hobi? Yuk, menjahit! (Foto oleh Cottonbro/ Pexels)

Selain hobi memasak, kegiatan yang dapat menyalurkan kreativitasmu adalah membuat kerajinan tangan. Contohnya adalah menjahit, melukis, atau karya seni lainnya. Dilansir dari Klob, apabila kamu mahir dalam bidang ini, kamu bisa menjadikan hobi ini sebagai bisnis. Kamu bisa menjual hasil karyamu melalui e-commerce atau membuka kursus kerajinan tangan untuk masyarkat sekitar. Hebat bukan? Jadi, kamu bisa produktif sekaligus mendapatkan keuntungan dari hobi ini.

5. Ayo, Berkreasi dengan Menulis!

Menulis, hobi yang bermanfaat dan sedang hits!
Menulis, hobi yang bermanfaat dan sedang hits! (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Saat ini ada banyak platform online yang bisa menjadi wadah untuk para penulis di seluruh dunia membuat karya. Misalnya adalah Medium atau Wattpad. Di sana, kamu bisa luangkan waktu kosongmu dengan berbagi cerita, pengalaman, atau bahkan membuat novel. Selain itu, hobi menulis juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatanmu.

Dikutip dari Hello Sehat, menulis dapat membantu memulihkan emosi, mengasah memori, membuatmu lebih terorganisir, meningkatkan kualitas tidur, dan mengasah kemampuan komunikasi. Wah, banyak sekali ya manfaatnya! Tidak heran, aktivitas ini memberikan pengaruh yang baik dalam kehidupan kerja atau belajarmu. Jika kamu ingin berkreasi dan produktif tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, hobi menulis adalah jawabannya!

Itu dia rekomendasi lima hobi produktif dari MinCheck. Apakah salah satu dari hobi di atas sudah kamu lakukan? Jika iya, tekunilah dengan baik agar bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal.

Ngomong-ngomong soal hobi, MinCheck juga mau mengingatkanmu untuk mengatur waktu dengan baik. Jadi, kamu tidak akan mendapat masalah karena pekerjaan atau belajarmu terbengkalai sebab terlalu sibuk menekuni hobi. Lantas, bagaimana caranya? Kamu bisa coba aplikasi DoCheck yang akan membantu mengatur aktivitas sehari-hari dengan cepat, praktis, dan efisien. Gak percaya? Buktikan sendiri dengan download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: Punya Hobi Menulis? Kenali Perbedaan Content Writer, Copywriter, dan UX Writer


Scroll to Top