Simak Baik-baik 5 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja


Lanjut kuliah atau kerja, ya? Hmm.. pernah gak sih kamu ada di situasi membingungkan yang mengharuskan kamu memilih antara kuliah atau kerja? Sebetulnya, keduanya bisa kamu pilih dalam satu waktu, lho! Kamu bisa kuliah sambil kerja kalau kamu mau. Apalagi, saat ini banyak platform yang menyediakan berbagai lowongan part-time, freelance, hingga full time.

Kuliah sambil kerja memang membutuhkan banyak energi dan waktu. Belum lagi, kamu perlu perencanaan yang matang agar kuliah dan pekerjaanmu tidak berantakan. Kamu harus tahu cara memanajemen waktu yang baik.

Dilansir dari Indeed, kuliah sambil kerja membantumu untuk mencari peluang koneksi. Artinya, kamu bisa gunakan waktu bekerjamu untuk membangun pertemanan dan koneksi dengan orang baru. Selain itu, kamu juga mendapat bekal pengalaman profesional. Pengalaman yang kamu dapatkan di dunia kerja dapat memberi kontribusi dan bisa kamu cantumkan di CV-mu nanti.

Kuliah Sambil Kerja, Why Not?

Berikut ini tips dari MinCheck untuk kamu yang sedang atau akan memilih kuliah dan kerja secara bersamaan. Simak baik-baik, ya!

1. Buat Perencanaan yang Matang

Susun rencanamu dengan matang. (Foto Startup Stock Photos / Pexel)

Pertama, kamu harus memiliki rencana yang matang sebelum memutuskan kuliah sambil kerja. Sederhananya, buatlah to-do list yang harus kamu kerjakan untuk menyeimbangkan waktu kerja dan kuliahmu. Tanpa perencanaan yang matang, hal ini malah jadi bumerang.

Pembuatan to-do list harian membantumu untuk memprioritaskan task dari yang bisa ditunda hingga task yang paling penting. Kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck untuk mengatasi hal ini!

DoCheck menjadi aplikasi user-friendly yang bisa kamu gunakan. Aplikasi DoCheck sangat ringan tanpa memenuhi kapasitas memori smartphonemu. Kamu tidak perlu lagi khawatir catatanmu hilang, karena semua to-do list sudah disimpan di aplikasi DoCheck.

2. Jaga Kesehatan Biar Badan Tetap Fit

Tidur yang cukup dan konsumsi makanan sehat. (Foto Andrea Piacquadio / Pexels)

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu terutama saat kuliah sambil kerja. Kesehatan memengaruhi produktivitasmu, lho! Tetap atur pola makan dan konsumsi vitamin secara rutin biar badanmu tetap fit!

Selain menjaga pola makan, kamu juga perlu beristirahat yang cukup. Dilansir dari Hello Sehat, jam tidur yang baik umumnya 7-9 jam setiap malam. Pasti kamu gak mau ‘kan kalau waktu kuliah dan kerjamu jadi berantakan? Maka dari itu, istirahat yang cukup dan jangan begadang, ya!

3. Memilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Jurusan Kuliah

Pilih kerjaan sesuai jurusan jadi menyenangkan. (Foto mentatdgt / Pexels)

Biar pengetahuanmu makin maksimal, kamu perlu mempertimbangkan pekerjaan yang kamu pilih. Pasalnya, pekerjaan yang jobdesc-nya sesuai dengan jurusan kuliah, bisa membuat kamu learning by doing. Kalaupun kamu memilih pekerjaan yang gak sesuai dengan jurusan kuliahmu, it’s okay! Pengetahuanmu bisa bertambah.

Baca juga : 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

4. Tentukan Prioritas dengan Bijak

Tentukan prioritas biar task cepat tuntas. (Foto Tumisu / Pixabay)

Jangan sampai berat sebelah, ya! Kamu harus menggarisbawahi kalau kuliah dan kerja sama-sama penting. Mungkin ada masanya kegiatan kuliah dan pekerjaan datang di waktu yang bersamaan, tapi alangkah lebih baik kalau kamu fokus pada satu hal.

Misalnya, ketika kamu harus meeting online, tetapi di waktu yang sama kamu harus pergi ke kampus, prioritaskan yang paling penting terlebih dahulu. Gak mungkin kan kalau kamu tiba-tiba bolos kuliah? Kamu harus pandai dalam memilih dan memilah prioritas.

5. Jangan Lupa Targetkan Goals-mu!

Tentukan waktu goalsmu tercapai. (Foto Pixabay)

Apalah arti hidup tanpa tujuan yang jelas? Jangan lupa tentukan goalsmu. Misalnya, kamu memiliki goals lulus kuliah dalam kurun waktu 3,5 tahun dan menulis 7 artikel dalam seminggu, lalu kamu bisa merinci goals tersebut ke dalam tasks yang harus dikerjakan. MinCheck ingatkan untuk catat goalsmu di aplikasi DoCheck ya.

Mengerjakan dua hal penting secara bersamaan memang tidak mudah, tapi jangan pernah menutup diri dari kesempatan, ya! Kuliah sambil kerja mungkin terasa berat, tapi akan mengalir kalau kamu punya komitmen dan perencanaan yang matang.

Jangan lupa catat goals dan taskmu di aplikasi DoCheck ya. Aplikasinya bisa kamu download gratis di Google Play Store dan App Store.


Scroll to Top