Tips Sehat Setelah Lebaran

Wajib Dicoba! 4 Tips Sehat Setelah Lebaran


Setelah menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, akhirnya hari kemenangan tiba! Pada saat inilah, orang-orang saling mengunjungi satu sama lain, bermaaf-maafan, dan tentunya makan bersama. Namun, sayangnya makanan yang tersedia umumnya mengandung kolesterol dan gula yang tinggi. Wah, bahaya banget!

Dilansir dari Alodokter, dampak negatif dari makanan berkolesterol tinggi pada kesehatanmu adalah kamu bisa terkena serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer, dan batu empedu. Kemudian, halodoc juga mengatakan bahwa efek dari makanan tinggi gula adalah meningkatnya risiko terkena kanker, lemak pada perut dan obesitas, timbulnya karies gigi, menambah tingkat stres, serta tekanan darah tinggi.

Melihat semua dampak ini jadi ngeri, ya. Ternyata makanan favorit lebaranmu bisa mengakibatkan penyakit jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, agar kamu dan keluarga tercinta tetap sehat setelah lebaran, yuk catat tips berikut ini! Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

1. Perbanyak Makan Sayur dan Buah: Kunci Sehat Setelah Lebaran

Banyak makan sayur dan buah agar sehat setelah lebaran
Yuk, banyak makan sayur dan buah agar kesehatanmu terjaga! (Foto dari Engin Akyurt / Pexels)

Ketika hari raya, banyak makanan dengan tingkat gula dan lemak tinggi serta rendah serat yang menantimu. Makanan ini sebenarnya dapat mengakibatkan kolesterolmu naik dan gangguan kesehatan lainnya. Karena itulah, agar kamu tetap sehat setelah lebaran perbanyaklah asupan sayur dan buah.

Menurut HelloSehat dan Alodokter, buah yang mengandung serat yang tinggi adalah apel, pisang, jeruk, pir, dan masih banyak lagi. Selain itu, sayuran yang bagus untuk kamu makan adalah selada, wortel, bayam, jamur, dan labu. Dengan memakan makanan tinggi serat dan kaya vitamin, tubuhmu akan kembali sehat setelah lebaran nanti.

2. Hindari Minuman Manis

Usahakan kurangi minum minuman manis agar tetap sehat setelah lebaran
Sirup buah memang enak, tapi tidak baik untuk kesehatan (Foto dari Valeria Boltneva/ Pexels)

Apakah kamu suka sirup dan minuman manis lainnya? Jika jawabannya “iya”, maka sebaiknya kurangi atau bahkan hindari minuman manis tersebut. Mengapa demikian? Karena gula yang digunakan dalam minuman itu sangat tinggi dan bukan gula asli. Akibat jangka panjangnya adalah kamu bisa terkena diabetes. Lantas, solusinya apa?

Kamu bisa ganti dengan smoothies atau air mineral. Dua minuman ini memiliki banyak manfaat untuk tubuhmu, loh! Contohnya jika kamu rajin minum air mineral, tubuhmu akan bersih dari racun dan metabolisme badanmu terjaga dengan baik. Kemudian, dikutip dari halodoc ada enam manfaat mengonsumsi smoothies hijau:

  • Menurunkan berat badan secara alami;
  • Meningkatkan kekebalan tubuh;
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh;
  • Melindungi tubuh dari radikal bebas;
  • Membantu meningkatkan fokus dan melawan depresi;
  • Menjaga kesehatan kulit.

Baca juga: Hobi Memasak? Aplikasi DoCheck Bisa Bantu Catat Resep!

3. Istirahat yang Cukup Bantu Menjaga Kesehatanmu!

Tidur yang cukup itu penting!
Jangan lupa untuk tidur yang cukup agar tetap sehat setelah lebaran! (Foto dari Andrea Piacquadio/ Pexels) 

Selama lebaran, kamu pasti lelah karena harus pergi dari satu tempat ke tempat yang lain. Apabila tubuhmu menunjukkan tanda-tanda kelelahan, jangan kamu abaikan! Karena istirahat yang kurang dapat berakibat buruk untuk kesehatanmu. Misalnya adalah kamu jadi mudah sakit, insomnia, daya ingat menurun, dan lebih bahaya lagi kamu bisa rentan dengan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, solusi dari masalah ini adalah pertama usahakan tidur yang cukup. Untuk orang dewasa, durasi tidur yang berkualitas adalah 7 hingga 9 jam. Kemudian, jika kamu harus pergi jauh dan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya harus ada minimal dua orang yang bisa saling bergantian untuk menyetir. Selain itu, kamu juga bisa berhenti dulu di pemberhentian sementara untuk beristirahat. Jadi, kamu akan tetap sehat setelah lebaran usai.

4. Jangan Lupa Berolahraga Agar Sehat Setelah Lebaran!

Olahraga yang rutin dapat membuatmu sehat setelah lebaran
Olahraga yang rutin dapat membuatmu sehat setelah lebaran (Foto dari Taryn Elliott/ Pexels) 

Saat bulan Ramadhan, berat badan menurun karena waktu makan berkurang. Awalnya tiga hari sekali, sekarang menjadi satu kali ketika berbuka dan sahur. Namun, kebanyakan orang setelah lebaran berat badannya langsung naik drastis. Menurutmu apa masalahnya? Ya, itu karena pola makan yang berlebihan dan makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak. Duh, jangan sampai terjadi padamu ya!

Cara untuk mencegah kenaikan berat badan yang drastis selepas lebaran adalah dengan berolahraga. Kamu bisa berjoging santai bersama teman atau keluarga, naik sepeda, berenang, senam aerobik, dan masih banyak lagi. Jadi, dengan rutin berolahraga, lemak yang ada di tubuh kamu bisa berubah menjadi otot.

Itu dia empat tips sehat setelah lebaran dari DoCheck. Untuk menjalankannya memang butuh niat yang besar, tapi bukan berarti tidak mungkin. Jika kamu butuh pengingat kegiatan apa saja yang telah kamu lakukan agar menjadi sehat setelah lebaran, kamu bisa pakai aplikasi DoCheck!

Caranya gampang banget, kamu tinggal download DoCheck di PlayStore dan AppStore, lalu daftarkan dirimu dan buat to-do list olahraga apa saja yang ingin kamu lakukan. Selain itu, DoCheck juga punya fitur pin goals dan pengingat. Jadi, kamu gak perlu khawatir akan lupa dengan rencana olahragamu. Yuk, download sekarang GRATIS!

Baca juga: Aplikasi DoCheck: Makin Produktif dengan Fitur Task


Scroll to Top