wiraswasta usia muda

Wiraswasta Usia Muda, Kamu Berani Coba?


Mencari pekerjaan di zaman sekarang memang susah. Kamu harus bersaing dengan ribuan hingga jutaan orang untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Gak bisa dipungkiri kalau bekerja memang cara manusia untuk bertahan hidup. Demi mendapatkan pundi rupiah, kamu bisa mencoba yang namanya jadi wiraswasta di usia muda.

Meski hasilnya nggak instan dan perlu effort yang besar, gak ada salahnya lho untuk memulai wiraswasta di usia yang muda. Pasalnya, wiraswasta cocok banget nih untuk kamu yang suka challenge. Selain itu, wiraswasta juga memiliki dampak yang sangat positif bagi masyarakat, seperti membuka lapangan pekerjaan baru.

Tips Jitu Jadi Wiraswasta di Usia Muda

Tips jitu wiraswasta usia muda.
Tips jitu wiraswasta usia muda. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

MinCheck gak sabar nih untuk berbagi tips buat kamu yang ingin berwiraswasta. Wah… apa saja tuh tipsnya? Yuk simak baik-baik di bawah ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Wiraswasta Muda Harus Tahu Minat dan Kemampuan

Ketahui minat dan kemampuanmu sebelum jadi wiraswasta di usia muda.
Ketahui minat dan kemampuanmu sebelum jadi wiraswasta di usia muda. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Sebelum membulatkan tekad untuk menjadi wiraswasta, ada baiknya kamu fokus terlebih dahulu pada jenis bisnis yang akan kamu pilih. Pilihlah jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jangan sampai memilih jenis bisnis ikut-ikutan tren.

Saat ini banyak banget online shop yang menjual kamera analog. Hashtag #35mm di Instagram pun bertebaran. Namun, kalau kamu tidak memiliki minat dan kemampuan di bidang fotografi, maka tidak perlu latah. Fokus pada minat dan kemampuanmu.

Sebagai contoh, kalau kamu suka belanja baju preloved, bisa banget nih kamu jualan baju-baju thrift atau second hand. Berwiraswata di dunia fashion bukan ide yang buruk kok, coba aja dulu!

Riset, Riset, Riset, Target

Lakukan riset untuk dapat target.
Lakukan riset untuk dapat target. (Foto Lukas via Pexels)

Next step, kamu perlu melakukan riset yang mendalam. Lakukan riset mengenai target pasarmu, peluang usaha, kompetitor, sampai risiko kalau seandainya bisnis kamu gagal. Langkah yang satu ini merupakan langkah yang sangat krusial biar bisnismu tetap lancar jaya mengudara!

Hai Wiraswasta Muda! Kamu Harus Tahu Cara Membangun Branding

Bangun branding untuk bisnismu.
Bangun branding untuk bisnismu. (Foto Ivan Samkov via Pexels)

Dilansir dari Dreambox, branding memiliki peran penting untuk menunjukkan sisi unik bisnismu dibanding kompetitor. Branding yang bagus dapat meningkatkan engagement yang membuat bisnis kamu berkembang. Wiraswasta di usia muda mengharuskan kamu untuk banyak belajar dan mencoba.

Bayangkan bisnismu adalah seorang manusia, kira-kira branding seperti apa yang akan kamu bangun?

Konsisten adalah Koentji

Tetap konsisten dan pantang menyerah untuk jadi wiraswasta di usia muda.
Tetap konsisten dan pantang menyerah untuk jadi wiraswasta di usia muda. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Apalah arti sebuah niat tanpa aksi dan konsistensi? Kunci keberhasilan adalah konsisten, mau belajar, dan tidak takut gagal. Tekuni yang sudah kamu rencanakan, ambil segala peluang! Wiraswasta di usia muda nggak boleh pesimis.

Nah, itulah tips dari MinCheck untuk kamu yang ingin berwiraswasta di usia muda. Semoga membantu, ya! Biar makin termotivasi, kamu bisa simpan tips ini di aplikasi DoCheck. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Play Store dan App Store. Kamu bisa lihat sejauh mana progress yang kamu capai. Mulai aja dulu, selamat mencoba!

Baca juga: Gagal Produktif, Kok Bisa Sih? Yuk Intip Alasannya!


Scroll to Top