Yuk, Cari Tahu Hal Penting dalam Persiapan Magang!

Yuk, Cari Tahu Hal Penting dalam Persiapan Magang!


Fresh graduate dan mahasiswa tingkat akhir biasanya mulai mempersiapkan magang, ternyata persiapan magang membutuhkan effort lebih. Apakah kamu salah satu pejuang magang? Penting banget untuk tahu langkah-langkah mempersiapkan kegiatan magangmu. Tidak sekadar daftar, tetapi kamu juga perlu tahu apa yang dilakukan sebelum mulai daftar lowongan magang dan setelahnya.

Selain cara mempersiapkan magang, kamu juga perlu tahu kenapa sih magang itu penting. Magang sendiri biasanya bisa dibilang sebagai salah satu fase sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Istilahnya, kamu kayak nyobain dulu gimana sih rasanya jadi karyawan itu.

Kenapa Magang/Internship Penting?

Magang atau internship adalah pengalaman belajar secara profesional dengan langsung terjun ke dunia pekerjaan sesuai bidang yang dipilih dan didampingi mentor. Ada dua jenis internship yaitu, paid (dibayar) dan unpaid (tidak dibayar). Tidak semua jurusan dan universitas mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan magang, tetapi magang ini cukup penting terutama untuk kamu yang ingin belajar di ranah profesional. Periode internship beragam tergantung kebutuhan perusahaan, ada yang hanya satu bulan hingga satu tahun atau lebih.

Benefits yang diberikan dalam program magang biasanya pengalaman bekerja, memperluas networking, sesi mentoring, mengasah soft skills, dan meningkatkan kemampuan di bidang yang dijalani. Pengalaman magang yang biasanya penuh praktik akan membuatmu merasakan secara langsung bagaimana rasanya menjadi pegawai. Selain itu, adanya mentor membuatmu berkembang karena dapat langsung mendapatkan arahan dan feedbacks. Masa-masa magang bisa kamu manfaatkan untuk menyerap sebanyak-banyaknya ilmu dari tempat magangmu, entah yang berkaitan dengan role-mu atau tidak.

Cara Mempersiapkan Internship

Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan lowongan magang melalui banyak platform, seperti LinkedIn, portal lowongan pekerjaan, bahkan sosial media (Instagram, Twitter, dan Facebook). Mempersiapkan magang bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mendaftar internship. Mengutip dari Indeed dan WayUp, kamu bisa melakukan 5 hal berikut untuk menyiapkan magang dari sebelum apply sampai setelahnya.

Tentukan Jenis Internship yang Diinginkan

Cari tahu minatmu dan jenis internship yang kamu inginkan. Mendaftar magang sesuai dengan jurusanmu bisa menjadi salah satu alternatif. Jika kamu belum tahu ingin bekerja sebagai apa, kamu bisa daftar magang untuk beberapa lowongan dan perusahaan. Dengan mengetahui minat, kamu bisa mempersiapkan resume dan portfolio yang dibutuhkan secara akurat. Perhatikan segala persyaratan yang diminta dari lowongan magang tersebut dan pastikan bahwa kamu bisa menyanggupi job description yang diminta.

Buat atau Perbarui Resume dan Portfolio

Jika kamu belum memiliki resume, maka bisa mulai membuatnya. Resume biasanya berisi pengalaman, catatan akademik, dan penjelasan mengenai dirimu. Saat ini sudah banyak cara dan platform yang bisa digunakan untuk memudahkanmu membuat resume dan CV. Sudah memiliki resume? Coba cek lagi kesesuaian isinya dengan lowongan yang kamu tuju. Perbarui jika ada pengalaman terbaru yang bisa dicantumkan di resume-mu.

Ada beberapa lowongan yang membutuhkan portfolio atau hasil kerja yang sesuai dengan role yang diinginkan. Misalnya, kamu ingin apply untuk menjadi content writer, berarti kamu harus menyiapkan portfolio berupa hasil tulisanmu. Dengan begitu, rekruter bisa menilai kualitas dan kemampuanmu dalam bidang tersebut. Penting sekali untuk menyantumkan portfolio karena sebagai bukti bahwa kamu mampu untuk menjalani role yang dituju. Namun, jangan khawatir apabila kamu belum memiliki pengalaman dan belum mengisi portfolio, kamu bisa menunjukkan minat atau hasil kursus seputar bidang yang dituju.

Daftar Beberapa Lowongan Magang

Ketika mendaftar internship, usahakan lebih dari satu karena semakin banyak mendaftar, semakin banyak juga peluang kamu diterima. Setelah lolos seleksi berkas, kamu bisa menentukan lowongan mana yang menjadi prioritas untuk kamu pilih. Namun, jika belum lolos seleksi, jangan berkecil hati. Teruslah berusaha dan daftar di lowongan lain.

Siapkan Interview

Jika sudah lolos seleksi berkas, tahapan selanjutnya adalah interview. Kamu perlu menyiapkan interview dengan baik karena hasil wawancara juga berpengaruh terhadap peluangmu diterima di tempat magang. Wawancara biasanya dilakukan oleh rekruter atau user yang akan menjadi atasanmu. Hal yang bisa kamu siapkan sebelum wawancara adalah penjelasan singkat soal dirimu, pengetahuanmu mengenai tempat magang, dan role yang kamu daftarkan. Sudah banyak kiat-kiat interview yang bisa kamu coba sebelum melaksanakannya.

Evaluasi Proses yang Dijalani

Hasil dari proses seleksi yang dilalui bisa berhasil maupun gagal. Dari keduanya, kamu bisa belajar untuk pengalaman selanjutnya dalam mendaftar internship ataupun pekerjaan full-time nantinya. Catat apa saja yang dinilai kurang dalam proses lamaran magang tersebut dan kamu bisa benahi dari kesalahan dan kekurangannya.

To-do List Persiapan Magang

Ingin membuat to-do list persiapan magang di aplikasi DoCheck? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Buka Aplikasi DoCheck
Klik ikon + di menu utama untuk menambahkan Goal Baru.

Step 1 Persiapan Magang DoCheck
Klik ikon +.

2. Tuliskan Judul dan Deskripsi Goal Baru
Kamu bisa menuliskan judul sesuai yang diinginkan, contohnya “Persiapan Magang”. Deskripsi dapat kamu isi sesuka hati.

Step 2 Persiapan Magang DoCheck
Isi Judul dan Deskripsi.

3. Tambahkan Task
Klik ‘Tambahkan Task’ dan isi judul Task serta rincian lainnya seperti waktu, reminder, peserta, link, dan catatan. Jika sudah, klik simpan. Ulangi langkah ini dan buat seluruh Task yang kamu inginkan, sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Step 3 Persiapan Magang DoCheck
Tambahkan Task.

4. Klik centang hijau
Jika sudah selesai menambahkan Task, kamu dapat klik centang hijau di sebelah kanan atas. Goal-mu sudah jadi deh.

Step 4 Persiapan Magang DoCheck
Klik centang hijau.

5. Sunting Goal
Kamu bisa menyunting Goal yang kamu inginkan dengan mengklik titik tiga di sebelah kanan atas. Selain itu, kamu juga bisa pin goals dan menambahkan Task lho.

Step 5 Persiapan Magang DoCheck

Gimana? Mudah kan membuat to-do list persiapan magang di aplikasi DoCheck? Semoga kamu, para pejuang magang, dapat terbantu dengan to-do list-nya ya. Segera download aplikasi DoCheck secara gratis di Google Play Store atau App Store.


Scroll to Top