passion dalam bekerja

Passion dalam Bekerja, Bagaimana Cara Menemukannya?


Ngomongin soal passion, apakah kamu sudah tahu apa itu passion? Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, passion mempunyai arti gairah. Gairah yang dimaksud adalah keinginan yang kuat untuk melakukan sesuatu, salah satunya passion dalam bekerja.

Passion tidak terjadi begitu saja, perlu proses yang panjang untuk mengetahui passion apa yang dipunya. Namun, memiliki passion membuat pekerjaan terasa lebih ringan. Hal ini dikarenakan kamu mengerjakan sesuatu yang kamu suka.

Lalu, bagaimana cara menemukannya? Caranya adalah mencoba hal baru terus menerus. Dengan begitu, kamu akan tahu mana yang cocok untukmu dan mana yang tidak sesuai dengan minatmu.

Sebelum mengetahui cara menemukan passion dalam bekerja, yuk simak terlebih dahulu jenis passion yang ada kaitannya dengan pekerjaan. Baca artikelnya sampai habis, ya!

Jenis Passion dalam Bekerja yang Perlu Kamu Ketahui

Dilansir dari kitalulus, terdapat beberapa jenis passion kerja dalam kehidupan. Jenis passion berikut ini akan membantu kamu menggali passion dalam bekerja. Apa saja jenis passion tersebut? Simak di bawah ini!

Passion for Knowledge

Passion for knowledge berarti keinginan untuk menggali pengetahuan atau keahlian. Memiliki passion yang besar untuk menggali pengetahuan memiliki dampak positif bagi diri sendiri. Melalui passion for knowledge, kamu bisa berkembang menjadi lebih baik karena pengetahuanmu terus bertambah.

Passion for Business

Passion for business mendorong kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri dan melek finansial. Selain itu, passion for business membuatmu benar-benar berdedikasi terhadap pekerjaanmu, tanpa peduli sesulit apapun pekerjaan tersebut. Istilahnya, kamu tetap survive meski pekerjaanmu terasa sulit dan melelahkan.

Passion for Service or People

Passion for service or people merupakan passion dalam mengelola komunikasi yang baik dengan orang lain. Dalam dunia kerja, passion yang satu ini juga sangat dibutuhkan demi membentuk kerjasama yang baik bersama tim sehingga produktivitas kerja terus meningkat.

Baca juga: Interpersonal Skills yang Dibutuhkan Saat Masuk Dunia Kerja

Bagaimana Cara Menemukan Passion dalam Bekerja?

Temukan passionmu dalam bekerja.
Temukan passionmu dalam bekerja. (Foto Let Photography via Pexels)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, menemukan passion tidaklah mudah. Tidak semua orang beruntung dapat bekerja sesuai dengan passion yang mereka punya. Lalu, bagaimana cara menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passionmu? Tenang, MinCheck bagikan tips yang bisa membantu kamu menemukan passionmu.

Terus Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru dapat menambah keahlianmu!
Mencoba hal baru dapat menambah keahlianmu! (Foto Ylanite Koppens via Pexels)

Mencoba berbagai hal baru membuat kamu menjadi lebih mudah menemukan passion. Sebagai contoh, kamu mencoba belajar menulis artikel di blog pribadi, belajar ilmu coding, belajar desain, dan sebagainya. Percayalah, effort yang kamu keluarkan untuk menjajali setiap kegiatan akan membuahkan hasil. Oleh karena itu, jangan takut untuk mencoba hal baru, ya!

Kamu bisa gunakan tools untuk membuat to-do list kegiatan yang ingin kamu coba. Hal ini memudahkan kamu untuk mengecek yang perlu dicoba dan yang sudah pernah kamu coba. Bisa banget lho kamu evaluasi, kira-kira kegiatan tersebut cocok nggak ya buat kamu? Coba deh pakai aplikasi DoCheck. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk merinci goals yang kamu punya dan melihat progress goalsmu. Seru banget, kan?

Pahami Diri Sendiri untuk Tahu Passionmu dalam Bekerja

Pahami diri sendiri dan gali potensimu.
Pahami diri sendiri dan gali potensimu. (Foto Anastasia Shuraeva via Pexels)

Selain mencoba hal baru, kamu juga perlu memahami diri sendiri. Kamu bisa mulai dengan mencari kelebihan dan kekurangan diri kamu. Ketika kamu sudah mengetahui kelebihan diri sendiri, kamu bisa menggali potensi yang ada di diri kamu. Ketahui hard skill dan soft skill-mu dan jangan cepat puas.

Tanya pada Orang Terdekat

Belum menemukan passion? Coba tanyakan pada orang terdekat. (Foto ELEVATE via Pexels)

Kalau kamu masih bingung dengan passion-mu, kamu bisa tanyakan pada orang terdekat. Seringakali orang nggak ‘ngeh’ dengan bakat yang dipunya. Dilansir dari Glints, kamu bisa menanyakan keunikan dari dirimu. Jawaban dari mereka akan sangat berguna sebagai bahan evaluasi untuk dirimu.

Gimana? Sudah siapkah kamu dalam menyambut passion-mu? Tips menemukan passion ini juga bisa kamu buat ke dalam template goals di aplikasi DoCheck. Aplikasinya bisa kamu download di Play Store dan App Store. Gratis lho!


Scroll to Top