passion dan hobi

Perbedaan Passion dan Hobi, Serupa namun tak Sama


Biasanya seseorang memutuskan memilih bekerja sesuai dengan passion atau hobi. Mengapa demikian? karena bekerja sesuai dengan passion dan hobi dapat mengurangi stres. Selain itu, bekerja sesuai passion atau hobi membuat lebih percaya diri. Sebenarnya seperti apa perbedaan passion dan hobi?

Apakah kamu punya suatu kegiatan yang sangat kamu suka? Kira-kira, apakah hal tersebut adalah hobi atau passion, ya? Passion dan hobi adalah dua hal yang sangat mirip, namun ternyata tidak sama. MinCheck yakin setiap orang punya passion dan hobinya masing-masing. Biar gak bingung mengenai kedua hal ini, yuk simak baik-baik perbedaannya!

Beda Pengertian Passion dan Hobi

Cari tahu perbedaan passion dan hobi.
Cari tahu perbedaan passion dan hobi. (Foto Craig Adderley via Pexels)

Pengertian passion dan hobi terlihat mirip, namun ternyata keduanya berbeda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi adalah kegemaran atau kesenangan yang dilakukan di waktu senggang dan bukan pekerjaan utama. Berbeda dengan hobi, passion adalah gairah untuk melakukan sesuatu atas dasar kecintaan, bahkan passion bisa dijadikan sebagai pekerjaan, lho! Dari pengertian ini, apa kamu sudah tahu bedanya?

Baca juga: Gagal Produktif, Kok Bisa Sih? Yuk Intip Alasannya!

1. Waktu untuk Passion dan Hobi

Waktu untuk menemukan passion dan hobi berbeda.
Waktu untuk menemukan passion dan hobi berbeda. (Foto Tima Miroshnichenko via Pexels)

Hobi biasanya dilakukan dilakukan untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang, sedangkan kamu membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui passionmu. Sebagai contoh, kamu bermain game untuk mengisi waktu luang. Namun, kamu perlu memerlukan waktu yang lama untuk mengetahui passionmu.

Sebagai contoh, kamu memiliki passion di bidang mengajar, tentu kamu memerlukan waktu dan tenaga lebih untuk melakukan hal tersebut. Waktu yang terbatas nggak menghalangi kamu untuk melakukannya karena kecintaan kamu pada mengajar.

2. Pelarian dan Pekerjaan

Passion dijadikan pekerjaan, mengapa tidak?
Passion dijadikan pekerjaan, mengapa tidak? (Foto Vojtech Okenka via Pexels)

Hobi dilakukan dengan santai dan dilakukan sebagai ‘pelarian’ untuk bersenang-senang. Berbeda dengan passion yang bisa dijadikan pekerjaan. Pekerjaan dan hobi tentu memiliki pressure yang berbeda, meski keduanya dilakukan atas dasar kesenangan.

Pekerjaan memiliki pressure yang lebih berat dari hobi karena mengharuskan kamu bertanggung jawab terhadap yang kamu kerjakan. Berbeda dengan hobi, kamu gak perlu penilaian orang lain mengenai hobi yang kamu suka.

3. Pengeluaran dan Penghasilan

Hobi bisa membuatmu mengeluarkan banyak uang.
Hobi bisa membuatmu mengeluarkan uang. (Foto Kuncheek via Pexels)

Dilansir dari Talenta.co, biasanya hobi memerlukan uang untuk melakukannya. Sebagai contoh, kamu hobi mengoleksi kamera jadul atau barang antik. Tentu, kamu harus mengeluarkan uang untuk melakukan hobi tersebut. Contoh lain, kamu hobi menggambar, kamu perlu menyiapkan dana untuk melakukan hobi menggambarmu.

Berbeda dengan hobi, passion biasanya dapat menghasilkan uang kalau kamu lakoni dengan sungguh-sungguh. Sebagai contoh, ketika kamu memiliki passion yang tinggi terhadap menulis, kamu akan mendalami hal passionmu dan bisa dijadikan sumber penghasilan.

Baca Juga: 5+ Ide Passive Income untuk Penghasilan Tambahan

4. Hobi Bisa Banyak, Passion Hanya Satu

Berapa banyak hobi yang kamu punya?
Berapa banyak hobi yang kamu punya? (Foto Porapak Apichodiloc via Pexels)

Biasanya seseorang memiliki hobi yang banyak. Sebagai contoh, hobi mendengarkan musik, bermain game, bermain bola. Untuk menentukan hobi tidak memerlukan effort yang terlalu besar. Kamu bisa lebih mudah menemukan hal yang kamu suka ketimbang passion dalam hidup.

Kamu harus memikirkan matang-matang passion yang kamu punya. Bahkan untuk menentukan satu passion pun pasti terasa sulit. Tapi it’s okay! karena itulah yang dinamakan berproses dalam hidup. Tetap semangat cari passionmu, ya!

5. Value untuk Kehidupan

Passion dan hobi memiliki value yang berbeda.
Passion dan hobi memiliki value yang berbeda. (Foto Pixabay via Pexels)

Perbedaan passion dan hobi selanjutnya terletak pada valuenya untuk kehidupanmu sehari-hari. Dilansir dari Glints, kamu cenderung tidak begitu mementingkan value dari hobi yang kamu lakukan. Semuanya kamu lakukan atas dasar kesenangan.

Namun passion memiliki value yang besar untuk kehidupanmu. Kamu gak akan sembarangan melakukan hal yang tidak sesuai dengan passionmu. Tentu kamu akan berpikir kira-kira passion apa yang kamu punya? Apakah passion tersebut sesuai dengan tujuan hidupmu? Nah, gak gampang, kan?

Namun seiring berjalannya waktu, kamu bisa eksplor sesuatu yang menjadi passionmu. Caranya dengan terus produktif dan gak takut mencoba. Selain itu, kamu bisa ikutan berbagai course atau webinar untuk menambah pengetahuanmu. Barangkali mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat dapat membuka peluang untuk menemukan passionmu.

Baca Juga: Hobi Sesuai Tipe Kepribadian Manusia, Kamu yang Mana?

Nah, sekarang kamu sudah tahu bedanya passion dan hobi. Keduanya bermanfaat bagi perkembangan dirimu apabila kamu menekuninya dengan baik. Kamu bisa membuat list hobi yang kamu suka, siapa tahu kan bisa menghasilkan cuan? Terus, kamu juga bisa bikin goals untuk cari passionmu di aplikasi DoCheck. Pakai aplikasi DoCheck untuk intip passion orang lain, yuk! Siapa tahu kamu jadi terinspirasi, kan? Aplikasinya bisa didownload secara gratis di Play Store dan App Store.


Scroll to Top