Productivity

Arti Progres dan Manfaatnya Untuk Produktivitas


Kalau lagi buat to-do list, pasti kamu mau yang keliatan simpel, rapi, dan teratur kan? Nah, di setiap to-do list juga perlu ditambahkan sebuah tracking progress. Bukan tanpa alasan, tracking progress bisa membantu kamu memantau progres tugas/pekerjaan, sehingga memotivasi kamu dalam mengerjakan sesuatu. Berbicara tentang progres, mari jabarkan dulu arti progres.

Arti Progres

Dikutip dari Cambridge Dictionary, arti progres adalah gerakan/keadaan yang lebih maju. Tentu saja perubahan keadaan ini harus menjadi lebih positif untuk mencapai goal tertentu.

Menurut H.L. Mencken, sebuah perubahan bukanlah progres, tapi sebuah progres adalah sebuah perubahan. Alasannya, karena perubahan bisa mengarah ke hal positif maupun negatif, sedangkan progres merupakan perubahan keadaan yang lebih maju.

Lalu, sebuah progres yang dibuat dengan visualisasi (misalnya perpaduan warna dan gambar), akan lebih cepat diproses oleh otak dibandingkan teks. Alasannya, karena visual lebih menarik perhatian, meningkatkan emosi, dan mempengaruhi sikap. Selain gambar, visual juga bisa menampilkan tracking progress pengukuran dari 0-100%. Misalnya, kalau ada tugas yang selesai, tracking progress akan bertambah sedikit demi sedikit.

kanban board
Kanban Board (Sumber gambar: digite.com)

Ada salah satu metode produktivitas yang berhubungan dengan visual, yaitu metode Kanban. Metode ini bisa menggunakan beberapa notes yang berisi alur pekerjaan (misalnya: proses to-do, in-progress, hingga done). Beberapa manfaat metode ini, antara lain progres bisa dilihat oleh siapapun di dalam tim, meningkatkan efisiensi karena akan tahu proses mana yang kurang efisien agar menghilangkan setiap hambatan, dan meningkatkan kolaborasi.

Tracking progress jadi salah satu bentuk visualisasi yang digunakan untuk menampilkan suatu progres, terlebih dalam suatu fitur aplikasi. Nah, apa saja sih manfaatnya tracking progress ini?

Baca Juga: Metode Kanban: Manajemen Pekerjaan dengan Sistem Visual

Manfaat Tracking Progress

  1. Kamu punya gambaran yang jelas tentang sejauh mana progres dari tugas/pekerjaan untuk selesai.
  2. Meningkatkan produktivitas individu maupun tim, karena dengan adanya fitur progres, kamu jadi punya target. Misalnya, dalam waktu 1-2 bulan, progres tugas harus sudah melebihi 50%.
  3. Ada kepuasan tersendiri kalau melihat progres tugas bertambah, artinya kamu semakin dekat menuju goal/tujuan besar.
  4. Kamu bisa mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Agar dikemudian hari, saat menentukan deadline bisa sesuai dengan kemampuan kamu.
  5. Kalau kamu ada di suatu tim, tracking progress akan memudahkan pemantauan progres oleh team lead.

Untuk memudahkan kamu memantau progres tugas/pekerjaan, Aplikasi DoCheck punya, loh fiturnya. Penasaran kan, bagaimana cara menggunakannya? Simak berikut ini, ya.

Fitur Progres di Aplikasi DoCheck

Sebelum bisa melihat progres tugas, pastikan kamu sudah membuat goals dan task dulu di Aplikasi DoCheck. Buat yang bingung gimana buat goals, kamu bisa lihat panduan membuat goals di sini dan panduan membuat task di sini. Nah, kalau kamu udah buat goals dan task, maka dari setiap pekerjaan/tugas yang sudah dikerjaan akan mempengaruhi tracking progress. Sebagai contoh, misalnya kamu membuat goal “Jadi Web Developer”, dengan 7 tasks beserta deadline waktunya, seperti ini:

fitur progres aplikasi docheck
Buat Goal di Aplikasi DoCheck

Baca Juga: Aplikasi DoCheck: Makin Produktif dengan Fitur Task

Karena setiap task punya deadline waktunya, maka usahakan untuk mengerjakannya tepat waktu. Aplikasi DoCheck akan memberikan reminder, jika ada tugas yang mendekati tenggat waktu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan terlewat. Kalau ada task yang sudah kamu selesaikan baik sebelum atau terlewat dari tenggat waktu, kamu perlu memberikan checklist pada task yang sudah selesai. Ini akan menandakan bahwa satu bagian sudah selesai.

Misalnya, ada 2 task yang sudah selesai, maka pada bagian fitur progres juga akan terlihat bahwa sebanyak 29% dari keseluruhan tugas kamu sudah selesai.

fitur progres aplikasi docheck
Fitur Progres di Aplikasi DoCheck

Selain itu, goals bisa diisi sesuai dengan kegiatan kamu sendiri ataupun men-download dari rekomendasi goals yang sudah dibuat oleh DoCheck. Rekomendasi goals ini bisa digunakan sebagai referensi dan memudahkan kamu untuk langsung menggunakan goals yang ada. Kamu bisa menemukan berbagai rekomendasi goals, seperti to-do list menjadi fashion designer, skincare routine (pagi-malam), rekaman album, belajar gitar, jadi sutradara, menulis script, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Goals Recommendation: Bisa Bantu Capai Life Goals!

Fitur Rekomendasi Goals di Aplikasi DoCheck
Fitur Rekomendasi Goals di Aplikasi DoCheck

Itu dia penjelasan tentang arti progres, manfaat memantau progres, dan fitur progres di Aplikasi DoCheck yang pastinya bermanfaat untuk to-do list tugas dan pekerjaan kamu. Yuk, tunggu apa lagi, segera download dan gunakan Aplikasi to-do list DoCheck, selain mudah penggunaannya juga anti ribet. Kamu bisa download aplikasinya di Play Store ataupun di App Store.


Scroll to Top