Kegiatan yang seabreg kadang membuat kelimpungan. Bagaimana tidak? Harus mengerjakan ini dan itu, bahkan tidak tahu mana yang harus diprioritaskan. Apakah kamu relate dengan kondisi demikian, DoCheckers? MinCheck yakin pasti kamu punya segudang kegiatan yang perlu kamu lakukan. Mulai dari yang kurang penting hingga yang memiliki urgensi cukup tinggi. Di tengah huru hara seperti demikian, kamu perlu yang namanya to do list. Yup, kamu perlu tahu cara membuat to do list harian.
Pertanyaannya, kenapa to do list?
Mungkin kerap kali kamu menghadapi kesulitan dalam mengatur kegiatanmu yang tak terbatas. To do list membantumu mengatur setiap kegiatan yang akan kamu lakukan setiap harinya. Banyak orang yang menyepelekan sebuah to do list. Padahal pada kenyataannya, the power of to do list itu sangatlah luar biasa untuk menunjang produktivitasmu.
Ada banyak sekali manfaat membuat to do list. Kamu bisa mengatur semua aktivitasmu sehingga tidak ada kegiatan yang terlewat. Selain itu, to do list membantumu mengurutkan kegiatan berdasarkan skala prioritas. Apalagi, manusia tidak pernah luput dari yang namanya lupa, kamu butuh reminder yang bisa mengingatkan kegiatanmu agar tidak terlupa. Berikut ini adalah manfaat dari membuat to do list yang perlu kamu tahu.
Perlu kamu ketahui kalau salah satu manfaat membuat to do list dapat meningkatkan produktivitas. Melalui sebuah to do list, kamu bisa merinci setiap kegiatan yang akan kamu lakukan dalam satu hari. Selain itu, to do list membantumu “taat” pada deadline.
Hayoooo.. siapa yang sering kelupaan kalau ada tugas yang harus dikerjakan?
Mungkin kini saatnya kamu beralih pada to do list. Apalagi kalau kamu memiliki segudang kegiatan yang berulang.
Baca juga: Fungsi Deadline dalam Kehidupan Sehari-hari
Kamu jadi tahu mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Kamu bisa memilih kegiatan yang memiliki urgensi yang tinggi sehingga bisa kamu kerjakan lebih dahulu daripada kegiatan yang lain. Percaya atau tidak, kebiasaan menentukan skala prioritas dan membuat to do list membantumu menjadi pribadi yang disiplin.
Memang ya, kedisiplinan adalah hal yang perlu kamu terapkan kalau kamu ingin pekerjaanmu cepat selesai.
Ketika kamu sudah disiplin, kamu akan mampu melakukan manajemen waktu yang baik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kamu bisa mengatur setiap aktivitasmu dengan rinci sehingga tidak ada jadwal yang bertabrakan. Manajemen waktu adalah hal yang krusial, terutama bagi kamu yang memiliki aktivitas yang super padat. Salah sedikit, kegiatanmu bisa jadi berantakan, lho.
Baca juga: Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja Biar Nggak Gampang Stress
Saat kamu mulai lengah, to do list bisa menjadi pengingat agar kamu bisa terus termotivasi. Memang mood manusia itu tidak selalu stagnan, maka kamu perlu mengingat kembali hal-hal yang membuat kamu termotivasi.
Sebenarnya, apa sih yang membuat seseorang tetap termotivasi?
Jawabannya adalah tujuan atau goals yang jelas. Yup, ketika kamu sudah tahu tujuanmu, kamu akan mengingat kembali tujuan yang hendak kamu capai. Oleh karena itu, jangan malas untuk membuat to do list ya, DoCheckers!
MinCheck yakin kalau setiap orang pasti ingin hidupnya berkembang. Lalu, gimana caranya untuk tahu apakah diri kamu berkembang atau justru stuck di tempat? Jawabannya adalah dengan membuat to do list harian.
Kamu jadi tahu sejauh mana diri kamu sudah melangkah, mengingat kembali pencapaian yang sudah kamu raih, dan mengevaluasi hal-hal yang belum terlaksana dengan baik.
Namun rasanya membuat to do list akan menyenangkan apabila dilakukan bersama dengan teman-teman. Yup, berbagi to do list yang akan kamu lakukan kepada orang sekitar membuatmu lebih bersemangat, lho.
Untuk kolaborasi bersama teman atau orang terdekat, kamu bisa menggunakan social to-do list app untuk membuat goals dan berbagi goals bersama teman. Banyak sekali hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan dengan mengggunakan social to-do list app DoCheck.
Gak cuma berbagi goals, kamu pun bisa sharing pendapat kamu melalui kolom komentar. Tentunya, hal ini sangat menyenangkan untuk dilakukan karena kamu bisa berdiskusi dengan teman-teman. Selain itu, kamu bisa memberi apresiasi pada goals menarik dengan menggunakan fitur up vote goals.
Banyak banget ya fitur unggulan dari DoCheck? Lalu, gimana sih caranya membuat to do list yang menarik di aplikasi DoCheck?
Tenang! MinCheck akan sharing caranya pada kamu. Yuk simak di bawah ini!
Seiring berkembangnya zaman, kamu perlu teknologi yang mumpuni untuk meningkatkan produktivitasmu. Kalau kamu terbiasa menuliskan to do list di buku catatan, kini kamu bisa membuatnya dengan sederhana di sebuah to-do list app. Cara membuat to do list di hp ternyata tidak ribet dan bisa dibilang sangat simpel lho, DoCheckers. Berikut ini step yang bisa kamu lakukan antara lain.
Pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi DoCheck di Play Store atau App Store. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil agar proses pengunduhan dapat berjalan lancar. Setelah berhasil diunduh, kamu akan diarahkan pada halaman masuk atau daftar.
Setelah masuk ke halaman di atas, selanjutnya kamu perlu klik Daftar.
Isilah data diri kamu dengan benar dan lengkap seperti nama lengkap, username, e-mail, dan lain-lain. Pastikan kamu mengisi alamat e-mail yang aktif ya, DoCheckers!
Apabila kamu sudah mengisi data diri dengan benar dan lengkap, selanjutnya centang kalau kamu sudah menyetujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
Setelah kamu selesai daftar, kamu akan diberi dua opsi. Pertama, kamu bisa bikin goals kamu sendiri. Nah, kalau kamu masih bingung, DoCheck punya beragam rekomendasi goals inspiratif.
Buat goal baru dan tulis judul goal tersebut di social to-do list app DoCheck. Hal ini memudahkan kamu mencari goal yang sudah kamu buat.
Klik tambahkan task untuk menambah tasks di goal yang sudah kamu buat. Tasks adalah sekumpulan to do list yang akan kamu kerjakan. Kamu pun bisa menggunakan fitur seperti repeat task untuk mengulang task yang sudah kamu buat.
Selain itu, kamu pun bisa menentukan tenggat waktu atau deadline agar task yang kamu buat tidak terlewat. Gak cuma itu, kamu bisa mengundang temanmu untuk bergabung menjalankan “misi” di goal yang kamu buat. Mantap ya, DoCheckers?
Agar kamu bisa produktif bareng teman, kamu bisa share goal yang kamu punya di social to-do list app DoCheck. Tentunya, kolaborasi semakin menyenangkan dan simpel.
Jangan lupa untuk ubah pengaturan menjadi publik sehingga kamu bisa share goal kepada orang lain.
Mudah, simpel, dan sangat bermanfaat ya, DoCheckers? Kamu bisa aplikasikan step by step yang MinCheck share di atas, ya. Kamu juga bisa beragam contoh to do list yang menarik dari berbagai KOL inspiratif di aplikasi DoCheck.
Tentunya, rekomendasi goals tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Terutama bagi generasi muda yang ingin mengembangkan diri mereka. Oleh karena itu, yuk mari sama-sama produktif bersama DoCheck dan raih impianmu, sekecil apa pun itu.
Baca juga: Goals Recommendation: Bisa Bantu Capai Life Goals!
Nah, itulah berbagai manfaat dari membuat to do list. Di balik manfaatnya yang sangat beragam, kamu pun bisa dengan mudah membuatnya, seperti cara membuat to do list. Cukup unduh social to-do list app DoCheck dan kamu bisa eksplor apa pun yang kamu suka.
Kolaborasi dengan teman pun menjadi lebih mudah, kamu bisa tetap terkoneksi dengan teman meski berjauhan. Berdiskusi mengenai apa pun, termasuk hal-hal yang kamu suka. Yuk lakukan semuanya bersama teman!
Jangan lupa untuk download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store. MinCheck tunggu goal inspiratif dari kamu, ya!